7 Tips Merawat Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Harga mesin cuci LG 1 tabung memang lebih mahal jika dibandingkan dengan yang 2 tabung. Tapi hal ini sebanding dengan kinerjanya yang tidak lagi membutuhkan bantuan manusia. Semuanya proses pencucian sampai akhir dilakukan secara otomatis. Anda tinggal menunggu sambil duduk manis.

Apalagi untuk jenis mesin cuci 1 tabung front loading atau bukaan atas. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Dengan harganya yang mahal tersebut, Anda perlu menjaganya dengan hati-hati.

mesin cuci front loading

Merawat Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Berikut tips merawat mesin cuci 1 tabung front loading agar tetap awet dan tahan lama:

Jangan over capacity

Sama seperti jenis mesin cuci lainnya, Anda juga tidak diperbolehkan memasukkan baju melebihi kapasitas mesin cuci. Kalau mesin cuci Anda berkapasitas 10 kg, maka jangan masukkan beban lebih dari 10 kg. Kalau kurang, malah tidak apa-apa. Pokoknya jangan sampai melebihi kapasitas karena akan memperberat kinerja mesin.

Periksa saku setiap pakaian yang akan dicuci

Sebelum pakaian dimasukkan ke dalam mesin cuci, sebaiknya Anda cek dulu saku yang ada di pakaian. Siapa tahu masih terselip koin, atau benda-benda lain yang bisa berdampak buruk bagi mesin cuci. Keluarkan semua benda yang ada di saku, setelah itu baru boleh masukkan ke dalam mesin cuci.

Pisahkan beberapa jenis pakaian

Untuk pakaian dalam, kaos kaki, dan sejenisnya, pisahkan terlebih dahulu kemudian masukkan dalam wadah khusus untuk mencuci. Jenis pakaian tersebut bisa berubah bentuk atau juga bisa tersangkut di pakaian yang lain. Hal ini sebenarnya tidak merusak mesin cuci, tapi lebih ke merusak pakaian Anda sendiri.

Gunakan deterjen khusus

Untuk mesin cuci 1 tabung front loading, Anda perlu menggunakan deterjen khusus yang busanya sedikit. Pilihlah deterjen yang memang dirancang khusus untuk pemakaian mesin cuci front loading. Jika Anda masih menggunakan deterjen biasa dengan busa yang melimpah, busa yang dihasilkan dari proses mencuci akan meluap dan tumpah ke luar ketika pintu mesin cuci dibuka.

Hal ini berpotensi membuat mesin cuci rusak. Kalau mesin cuci Anda rusak, akan sangat sayang sekali mengingat harga mesin cuci LG 1 tabung yang relatif mahal.

Bagian control panel mesin cuci jangan sampe kena air

Meskipun tugas utama mesin cuci berhubungan langsung dengan air, bukan berarti Anda bisa mengguyur seluruh body mesin cuci dengan air. Ada bagian yang bisa berakibat fatal jika terkena air dan akan membuat mesin rusak, yaitu bagian control panel yang berisi tombol-tombol pengaturan.

Bagian tersebut harus terbebas dari air. Kalau sampai terkena air, bisa menimbulkan hubungan pendek arus listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Jaga suhu dan kelembaban mesin cuci

Tips selanjutnya adalah Anda perlu menjaga suhu dan kelembaban di bagian dalam mesin cuci. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah tumbuhnya kuman dan jamur. Caranya dengan membuka pintu mesin cuci dan biarkan bagian dalamnya kering dengan sendirinya.

Bersihkan mesin cuci secara rutin

Yang terakhir, Anda perlu membersihkan mesin cuci secara rutin. Lakukan pembersihan menyeluruh minimal 1 bulan sekali. Dalam proses pembersihan, Anda juga bisa sekalian mengecek kerusakan yang mungkin ada pada mesin cuci.

Demikian tujuh tips merawat mesin cuci 1 tabung front loading. Harga mesin cuci jenis ini tidaklah murah. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, jenis front loading memiliki harga yang lebih mahal. Untuk itulah, Anda harus merawat dan menjaganya dengan baik. Bagi Anda yang ingin memiliki mesin cuci 1 tabung front loading, Anda bisa membelinya melalui Bukalapak. Anda bisa mendapatkan info harga mesin cuci LG 1 tabung beserta spesifikasinya. Kalau mau cari merk yang lain juga ada. Apapun jenis dan merk mesin cuci yang ingin Anda beli, Anda bisa membelinya di Bukalapak. Belanja anti ribet, banyak promo, dan dijamin aman.

Leave a Reply