KAPT Jawa Timur Deklarasi Dukungan Untuk Jokowi – Amin

Komunitas Alumni Perguruan Tinggi – KAPT Jawa Timur mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H.  Ma’ruf Amin, Sabtu 13 Oktober 2018, di Surabaya.

Deklarasi tersebut dilakukan bersama-sama perwakilan puluhan kelompok relawan pendukung Jokowi – Amin di Jawa Timur, seperti Bara JP, Seknas Jokowi, ProJo, Almisbat, Kornas, JNIB, ReJo, Syarekat 98, Forkom Relawan Jokowi, JoWo, Relawan JM, Grasi Jatim, Repdem, Jaman, Jaman Santri, ASFN, ARJ, Mapan, Jarpek, PAB, Foreder, Relawan Digital Jokowi Amin (RDJA), dan lain sebagainya.

deklarasi rumah bersama pelayan rakyat kapt jawa timur

Ermawan Wibisono Ketua KAPT Jawa Timur memimpin deklarasi dengan membacakan naskah kemudian diikuti oleh para deklarator yang terdiri dari perwakilan seluruh kelompok relawan yang hadir. Naskah deklarasi terdiri dari 3 poin penting tentang kondisi yang melatarbelakangi dukungan tersebut, diikuti dengan langkah yang akan dilakukan untuk memenangkan Jokowi – Amin.

Anton Prijanto, sesepuh aktivis Surabaya, dalam sambutan singkatnya mengatakan sangat bangga melihat para alumni perguruan tinggi dari berbagai kampus membuat gerakan nyata dalam mendukung Jokowi – Amin di Pilpres 2019 mendatang.

deklarasi kapt jawa timur dukung jokowi

Bambang Joedopramono alias Cak Gembos Sekjen KAPT Pusat dalam orasinya menceritakan awal mula terbentuknya KAPT dimana para mantan aktivis mahasiswa merasa terpanggil untuk turut menyelamatkan Indonesia. Maka terbentuklah komunitas-komunitas alumni perguruan tinggi di berbagai kota yang pada Pilpres 2014 lalu memberikan dukungan kepada Jokowi – JK.

Di Surabaya sendiri saat itu berdiri Komunitas Arek Alumni – KAA ITS. Sementara itu di Jakarta para aktivis menerbitkan tabloid Pelayan Rakyat yang didistribusikan ke pesantren-pesantren untuk melawan kampanye negatif dari tabloid Obor Rakyat. Dari berbagai komunitas alumni perguruan tinggi tersebut kemudian terbentuklah KAPT.

bambang joedopramono anton prijatno

Sedangkan nama tabloid tersebut kemudian dipakai untuk nama sekretariat bersama jaringan relawan di Jawa Timur, yaitu Rumah Bersama Pelayan Rakyat yang hari ini diresmikan setelah acara deklarasi bersama. Ermawan mempersilakan para relawan untuk menggunakan Rumah Bersama Pelayan Rakyat untuk melakukan berbagai koordinasi acara-acara yang bersifat kolaboratif dan kreatif untuk memenangkan Jokowi – Amin di Jawa Timur.

Acara deklarasi dikejutkan dengan kehadiran Muhammad Cheng Ho Djadi Galajapo, komedian yang juga seorang kyai. Beliau lantas didaulat oleh Vivid Sambas yang bertindak sebagai pembawa acara, untuk naik ke panggung. Secara spontan Djadi Galajapo menantang hadirin untuk memberinya sebuah kata, untuk kemudian diolahnya menjadi sebuah kalimat penuh makna.

djadi galajapo deklarasi jokowi maruf amin

Cak Gembos kemudian memberikan kalimat MERAKYAT. Djadi Galajapo kemudian menerangkan bahwa MERAKYAT terdiri dari 8 huruf. 8 adalah angka yang hoki karena penulisannya tiada terputus, sebagaimana kepemimpinan Jokowi yang tiada terputus, terus menyambung dari periode pertama hingga periode berikutnya demi kejayaan Indonesia! Hadirin bertepuk tangan kagum atas lawakan spontan yang cerdas dan penuh makna tersebut.

Gianto Wijaya Ketua DPD Bara JP Jawa Timur dalam sambutannya mewakili kelompok relawan yang hadir mengusulkan sebuah yel yel. Ketika disebutkan JOKOWI maka dijawab Satu Kali Lagi. Seluruh tamu undangan yang diperkirakan mencapai 400 orang langsung mempraktekkan yel yel tersebut dengan kompak dan riang gembira!

Leave a Reply