Destinasi Wisata Jember: Gudeg Pecel Hingga Cigar Factory

Saya baru saja mendapatkan kesempatan yang menyenangkan bersama 15 blogger yang lain dari seluruh Indonesia. Kami diundang oleh Komunitas Blogger Jember Sueger untuk mengikuti Sueger Camp 2018. Tentu saja saya langsung mengiyakan. Pertama karena belum pernah ke Jember, dan kedua menjalin silaturahmi dengan sesama blogger dari berbagai daerah.

blogger jember sueger camp 2018

Rangkaian acara Sueger Camp 2018 dimulai tanggal 31 Agustus 2018 dan berakhir tanggal 2 September 2018. Sesuai namanya, kami memang benar-benar diajak berkemah 1 malam di di Taman Botani Sukorambi. Selain berkemah, kami juga diajak mengenali berbagai destinasi wisata Jember yang semuanya menarik.

Oke simak perjalanan saya mengunjungi berbagai destinasi wisata Jember ini ya

Berangkat dengan KA Probowangi

Saya berangkat ke Jember pada hari Jumat tanggal 31 Agustus 2018 menggunakan KA Probowangi. Ini adalah Kereta Api dengan kelas EKONOMI. Berangkat dari Stasiun Gubeng pukul 04.25 pagi dan tiba di Stasiun Jember pukul 08.35. Di Gubeng saya bertemu dengan beberapa blogger lain yang juga akan mengikuti acara yang sama.

blogger indonesia goes to jember

Selfie di Stasiun Jember

Harga tiket KA Probowangi ini sangat murah. Hanya Rp.29.000;. Ya benar, tidak salah baca. Hanya Dua Puluh Sembilan Ribu Rupiah.

Sama dengan berangkatnya, saya juga pulang dari Jember ke Surabaya naik KA Probowangi, pada hari Minggu tanggal 2 September 2018, berangkat pukul 16.37 dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 21.08. Harga tiketnya sama dengan harga tiket pas berangkat.

Destinasi 1. Sarapan Pecel Gudeg Lumintu Jember

Ini adalah destinasi wisata Jember pertama yang kami kunjungi. Setibanya di Stasiun Jember, kami disambut panitia, kemudian dibawa ke Warung Lumintu yang terkenal dengan nasi pecel dan gudeg yang lezat.

Seperti apa penampakannya dan bagaimana rasanya? Langsung saja tonton video di bawah ini ya?!

Destinasi 2. Menginap di Hotel Lestari Jember

Setelah kenyang sarapan dengan menu fusion gudeg – pecel, kami menuju ke Hotel Lestari Jember, tempat kami akan menginap selama 1 malam. Hotel ini merupakan salah satu hotel tertua di Jember. Lokasinya di daerah Kaliwates.

Bangunan hotelnya terbilang klasik dan asri dengan tanaman sulur yang menggantung menjadi semacam tirai. Membuat suasana hotel menjadi begitu hijau dan sejuk.

hotel lestari jember

Hotel Lestari Jember

wedang cor jember

Wedang Cor Jember @ Hotel Lestari

Hotel Lestari ini terdiri dari 3 lantai. Kamar yang saya tempati berada di lantai 3. Kamarnya cukup luas dengan 2 tempat tidur ukuran yang pas di badan saya.

Kamar mandinya ada air panas dan air biasa. Klosetnya duduk. Disediakan handuk kecil dan sabun gosok ukuran kecil buat sekali mandi. Terdapat sebuah AC yang dapat disetel sendiri suhunya. Sambil tiduran, saya bisa menyaksikan siaran televisi dari TV LCD yang menempel di tembok.

Kalau tidak suka pakai AC, kita bisa membuka jendela yang cukup lebar di bagian atas, supaya angin alami bisa masuk dan keluar dengan lancar.

Menu sarapan di Hotel Lestari ini cukup lezat. Meskipun Hotel Lestari ini tidak begitu besar, namun sarapannya sudah prasmanan dengan berbagai menu tradisional Jember. Saya juga sempat menikmati wedang cor, minuman khas Jember yang terbuat dari tapai ketan.

Kalau menginap di Hotel Lestari ini bisa memesan langsung ke hotelnya, atau pesan secara online melalui Airy Room atau Traveloka

Destinasi 3. Nonton di Cinemaxx Lippo Plaza Jember

Karena acara baru mulai malam hari, maka sehabis Jumatan saya dan beberapa peserta lain nonton film Wiro Sableng 212 di Cinemaxx yang ada di dalam Lippo Plaza Jember. Harga tiketnya Rp.30.000; sama dengan di Surabaya.

Film Wiro Sableng 212 ini keren banget. Jauh beda dengan versi televisinya beberapa puluh tahun lalu. Film action ini dikemas dengan apik dan cinematografi yang matang. Sangat puas menontonnya di Cinemaxx yang studionya cukup besar, dengan tata suara yang bagus dan kursi yang empuk dan masih baru.

cinemaxx lippo plaza jember

Cinemaxx Lippo Plaza Jember

jember dari atas

Jember Dilihat dari Cinemaxx Lippo Plaza

Oia, Lippo Plaza Jember ini memang masih baru. Tempatnya berada dalam 1 kompleks dengan Rumah Sakit Siloam. Namun demikian sudah banyak tenant yang buka di sini, termasuk The Body Shop.

Destinasi 4. Kebun Tembakau TTN

Jember memiliki iklim yang sangat pas untuk perkebunan tembakau. Maka kurang lengkap rasanya jika ke Jember tapi tidak mampir ke kebun tembakau. Maka hari ke-2 di Jember itu seluruh peserta diajak oleh panitia untuk berkunjung ke Kebun Tembakau Tarutama Nusantara atau biasa dikenal dengan TTN.

kebun tembakau TTN Jember

Sudah puluhan tahun kebun tembakau TTN ini menghasilkan tembakau untuk diekspor ke berbagai pabrik cerutu di luar negeri. Spesifikasi tembakau yang dihasilkan oleh TTN adalah tembakau pilihan berkualitas tinggi untuk bungkus luar cerutu. Bungkus luar cerutu ini membutuhkan karakter tembakau yang elastis, halus dan kuat.

petani tembakau TTN Jember

Di kebun tembakau TTN kami dikenalkan dengan jenis-jenis tembakau dan bagaimana perlakuan yang diberikan kepada tembakau-tembakau yang ada sehingga mampu menghasilkan lembaran tembakau berkualitas tinggi.

Kebun tembakau TTN ini ditutup semacam jaring kain dengan tujuan untuk menjaga kelembaban lingkungan dan mencegah masuknya serangga atau hama.

Destinasi 5. Kumbung Pengeringan Tembakau TTN

Tidak jauh dari kebun tembakau TTN, terdapat beberapa kumbung pengeringan tembakau yang juga dikelola oleh TTN. Kumbung adalah sejenis bangunan tinggi semi permanen dengan aliran udara yang melimpah. Fungsi aliran udara ini adalah untuk mengeringkan tembakau hasil panen dari kebun tembakau TTN.

tembakau kering jember

Berbeda dengan pengeringan tembakau di tempat lain yang mengandalkan sinar matahari langsung, pengeringan tembakau di sini memang berlangsung secara pelan mengandalkan hembusan angin. Cara pengeringan seperti ini memang diperlukan untuk menghasilkan tembakau yang memiliki karakter khusus untuk bungkus luar cerutu.

pengeringan tembakau jember

Di Kumbung Pengeringan Tembakau ini, tembakau-tembakau hasil panen tadi direntengi dengan tali dengan penataan saling silang, kemudian dibentangkan diantara 2 bambu, lalu ditarik ke atas disusun dengan jarak tertentu. Setelah memenuhi standar kekeringan tertentu, tembakau diturunkan, dikemas, dan siap dibawa ke Gudang Tembakau TTN.

Yang menarik dari kumbung pengeringan tembakau ini, hampir semua pekerjanya perempuan. Alasannya, karena pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang tinggi  untuk merangkai daun-daun tembakau itu.

Destinasi 6. Gudang Tembakau TTN

Di Gudang Tembakau ini, daun tembakau yang sudah dikeringkan sebelumnya di Kumbung Pengeringan Tembakau akan menjalani proses fermentasi untuk mendapatkan karakter tembakau yang pas untuk cerutu.

gudang tembakau ttn jember

Tidak jauh berbeda dengan Kumbung Pengeringan Tembakau TTN, di Gudang Tembakau TTN, hampir semua pekerja di Gudang Tembakau TTN ini hampir seluruh pekerjanya perempuan. Mereka adalah warga sekitar gudang yang pergi bekerja menaiki sepeda mini.

fermentasi tembakau ttn jember

Proses fermentasi dimulai dengan pemilihan dan pemilahan daun tembakau untuk memastikan kualitasnya memenuhi syarat. Daun yang tidak memenuhi syarat akan dipinggirkan. Rejected. Daun-daun tembakau kering yang memenuhi syarat tersebut kemudian akan ditumpuk dengan ketinggian tertentu untuk menjalani proses fermentasi secara alami.

Selama proses fermentasi, daun tembakau dibolak-balik dalam selang waktu tertentu. Secara keseluruhan, proses fermentasi di Gudang Tembakau ini memakan waktu berbulan-bulan sebelum akhirnya siap diekspor ke berbagai pabrik cerutu di luar negeri, atau dikirim ke Pabrik Cerutu BIN di Jember.

Destinasi 7. Pabrik Cerutu BIN

BIN merupakan singkatan dari Boss Image Nusantara. Ini adalah pabrik cerutu papan atas di Indonesia. Di Pabrik Cerutu BIN ini kita bisa melihat proses pembuatan cerutu. Mulai dari pemilihan bahan baku, kemudian pelintingan daun-daun tembakau menjadi bentuk dasar cerutu, kemudian proses pengepresan, pelapisan luar, pengeringan, pengecekan kualitas, hingga pengemasan.

cerutu boss image nusantara bin jember

Semua pekerja di Pabrik Cerutu BIN ini, yang berhubungan langsung dengan proses produksi cerutu, adalah perempuan. Sedangkan di bagian pengemasan terlihat beberapa laki-laki namun tidak sebanyak perempuan.

pabrik cerutu boss image

pabrik cerutu bin jember

Pabrik Cerutu BIN ini memproduksi berbagai merk dan ukuran cerutu. Mulai yang harganya ratusan ribu, hingga jutaan rupiah. Mulai yang ukurannya kecil menyerupai rokok biasa, hingga yang segenggaman tangan orang dewasa. Bahkan juga ada cerutu raksasa yang dibuat berdasarkan pesanan khusus.

Cerutu hasil produksi Pabrik Cerutu BIN ini dipasarkan ke seluruh Indonesia dan sudah dikenal luas oleh penggemar cerutu sebagai cerutu yang berkualitas. Bahkan kualitasnya berani diadu dengan cerutu produksi Cuba!

Destinasi 8. Toko Cerutu BIN

BIN Cigar Store alias Toko Cerutu BIN ini lokasinya berada dalam satu area dengan Pabrik Cerutu BIN. Di sini pengunjung bisa membeli cerutu hasil produksi Pabrik Cerutu BIN. Ada berbagai merk dan ukuran cerutu yang dijual di Cigar Store ini. Bahkan pengunjung bisa memesan cerutu ukuran dan spesifikasi khusus sesuai keinginannya.

BIN Cigar Store Jember

Toko Cerutu BIN ini memiliki halaman yang sangat luas sehingga kendaraan pengunjung bisa parkir dengan leluasa, termasuk bus juga bisa masuk.

Selain menjual cerutu, Toko Cerutu BIN ini juga menjual aneka oleh-oleh khas Jember lainnya.

Destinasi 9. Museum Tembakau Jember

Museum Tembakau Jember ini berada di dalam kompleks gedung UPT Pusat Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang – Lembaga Tembakau Jember yang berada di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur. Lokasinya di Jalan Kalimantan No.1 Jember.

museum tembakau jember

Di Museum Tembakau Jember ini kita bisa melihat bagaimana awal mula tembakau tersebar hingga menjadi komoditas andalan di Jember. Diceritakan oleh guide yang memandu kami, bahwa iklim di Jember sangat cocok untuk menanam tembakau. Diakui oleh seluruh dunia bahwa tembakau asal Jember mempunyai rasa dan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Bahkan ada pedagang tembakau dari luar daerah yang sengaja membawa tembakau dari luar Jember hanya untuk mendapatkan embun pagi Jember yang diyakini turut membuat karakter tembakau Jember menjadi sangat khas.

Di dalam Museum Tembakau Jember ini terdapat koleksi berbagai jenis tembakau yang ada di Indonesia dan dunia. Termasuk miniatur alat pengolahannya, alat pemotong tembakau, alat pembuat rokok, alat pembuat cerutu, bahkan juga ada koleksi parfum aroma tembakau.


WRITING IN PROCESS. Tulisan ini akan dilengkapi secara bertahap hingga semua 15 destinasi selesai dibahas.


Destinasi 10. Taman Botani Sukorambi Jember

Destinasi 11. Pantai Papuma Jember

Destinasi 12. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember

Destinasi 13. Warung Kembang Jember

Destinasi 14. GOR Jember

Destinasi 15. Masjid Roudhotul Muchlisin Jember

3 Comments

  1. kakdidik13 13/09/2018
  2. Tony Hartanto 01/10/2018

Leave a Reply