Tips Supaya Blog Dikunjungi Banyak Pembaca

Bagaimana supaya blog dikunjungi banyak pembaca? Buat seorang blogger, pertanyaan tersebut sering terngiang di dalam pikiran. Sudah nulis panjang lebar menghabiskan waktu berjam-jam, ternyata yang baca hanya beberapa orang. Yang komentar malah gak ada.

Apa iya tulisan di blog itu hanya buat catatan pribadi saja dan tidak perlu dibaca orang lain? Lebih senang mana, blognya sepi, atau setidaknya ada pengunjungnya seperti terlihat di grafik statistik salah satu blog yang saya kelola ini?

pengunung website dionellanet

Memang ada yang bikin blog hanya buat catatan pribadi. Tapi alangkah lebih bermanfaat jika catatan pribadi itu juga memberikan dampak positif ke orang sekitar. Misalnya catatan pribadi tentang bagaimana mengasuh anak balita, bagaimana mengatasi kemelut rumah tangga, bagaimana keluar dari jeratan hutang. Tentu akan sangat bermanfaat bagi orang lain yang juga sedang menghadapi masalah yang sama.

Selain memberikan manfaat kepada pembaca, jika blog dikunjungi banyak orang maka teman-teman bisa mendapatkan manfaat dari periklanan. Blognya bisa dipasangi adsense atau banner-banner afiliasi yang bisa menjadi sumber income buat teman-teman blogger semuanya. Menarik kan?!

Nah di postingan kali ini saya mau berbagi tips supaya blog dikunjugi banyak pembaca. Ini semua saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saja menulis blog sejak tahun 2007 hingga sekarang, yang mana itu sudah lebih dari 10 tahun.

Tips #1. Konsisten

Buat sebagian blogger, menulis setiap hari satu artikel mungkin terasa biasa saja. Tapi bagi banyak blogger yang lain, menulis seminggu sekali saja mungkin sudah terasa berat. Bahkan ada yang sampai berbulan-bulan tidak menulis di blognya karena kehabisan ide, atau alasan-alasan yang lain.

Nah menurut pengalaman saya, konsisten adalah kunci utama supaya blog dibaca banyak orang.

Konsisten yang saya maksud di sini adalah konsisten dalam hal jadwal menulis ya. Misalnya menulis sehari sekali, seminggu sekali, atau paling malas ya sebulan sekali. Jika perlu tetapkan jadwal terbit artikelnya misalkan setiap Minggu jam 8 pagi selalu ada artikel baru.

Nah dengan membuat jadwal terbit artikel baru yang konsisten seperti itu, nanti bakal ada pembaca yang selalu berkunjung pada jadwal yang sudah ditetapkan. Akan mulai ada pembaca setia yang selalu merindukan tulisan kawan-kawan blogger semua.

Tips #2. Punya Tema

Teman-teman blogger bisa menetapkan tema khusus untuk blognya. Misalnya hanya akan membahas mengenai parenting saja, atau mengenai kecantikan saja, atau kesehatan kewanitaan saja, atau tentang suatu tema yang teman-teman sangat kuasai.

Dengan menetapkan tema khusus, maka pembaca akan menyadari kekuatan dari blog tersebut. Kalau butuh informasi mengenai suatu tema yang spesifik, blog milik kawan-kawan bisa jadi rujukan utama.

Dengan mempunyai tema yang spesifik, juga akan menguntungkan blog teman-teman di mata mesin pencari utama kita yaitu Google. Seperti kita tahu Google akan mengindeks semua halaman website yang ada di internet. Kemudian dia membuat klasifikasi, artikel ini tema-nya tentang apa, dan seberapa kuat membahas tema itu. Ketika ada orang yang mencari suatu informasi mengenai tema itu di Google, maka blog kawan-kawan yang temanya cocok bisa ditampilkan di halaman pertama.

Kalau blog sudah masuk ke halaman pertama Google, bisa dijamin pengunjungnya tidak akan pernah sepi deh!

Tips #3. Interaksi

Interaksi dengan pembaca sangatlah penting. Selalu tutup artikel teman-teman dengan pancingan berdiskusi melalui kolom komentar. Lalu usahakan teman-teman segera membalas setiap komentar yang masuk.

Baik komentar itu berupa pertanyaan, pujian, cacian, maupun sekedar say hi. Semua perlu direspon. Ketika direspon, maka sang komentator akan mendapatkan notifikasi bahwa komentarnya dibalas, dan dia akan kembali berkunjung ke blog teman-teman untuk kembali membalasnya.

Artinya akan ada kunjungan berulang dan itu tentu saja sangat menguntungkan teman-teman blogger.

Oia, interaksi yang lebih intens kadang bisa berupa pembagian hadiah atau giveaway. Bisa juga interaksi langsung berupa kopdar dengan pembaca. Wah pasti seru banget jika interaksinya dengan pembaca bisa lebih dekat seperti itu.

Tips #4. Akses Cepat

Tips terakhir ini tidak bisa diremehkan. Tidak ada gunanya teman-teman menulis artikel panjang yang sangat detail membahas sutu tema, jika blog teman-teman susah diakses oleh pembaca. Bisa-bisa pembaca akan menutup blog tersebut sebelum selesai loading karena kelamaan menunggunya.

Seperti kita tahu, sekarang ini jamannya serba cepat. Waktu yang dimiliki pembaca blog kita sangatlah terbatas. Maka dia ingin ketika membuka sebuah blog, maka blog itu segera loading dengan sempurna dan bisa segera dibaca.

Kecepatan akses sebuah blog ditetukan oleh 2 hal. Pertama adalah koneksi internet yang digunakan oleh pengunjung. Ini tidak bisa dikontrol oleh pemilik blog. Kedua, yang bisa dikontrol oleh pemilik blog, adalah kecepatan dan kelancaran dari sisi server tempat blog tersebut dihosting.

Nah supaya aksesnya cepat, blog haruslah ditaruh di server hosting yang memiliki uptime mendekati 100% dan lokasinya paling dekat dengan pengunjung. Beberapa kawan blogger memilih untuk memakai blogspot dengan custom domain. Bagus juga sih karena gratis. Tapi teman-teman tidak punya kontrol 100% terhadap blognya.

Saran saya, lebih baik berlangganan domain dan hosting sendiri. Sekarang sudah banyak kok penyedia hosting di Indonesia yang harganya terjangkau. Salah satunya hostinger ini. Pilihan harganya sangat terjangkau untuk kalangan blogger, dan saya lihat uptimenya sangat bagus yaitu 99.0% dan telah dibuktikan oleh puluhan juta pelanggan. Buat yang mau coba dulu juga disediakan free trial pula! Wah pasti asik.

Nah itu tadi ya teman-teman, 4 tips dari saya tentang bagaimana supaya blog dikunjungi banyak pembaca. Ternyata tidak hanya faktor tulisan saja ya yang membuat pengunjung banyak, tapi kecepatan akses yang didukung oleh server hosting yang berkualitas, juga turut andil di sini.

Semoga setelah ini teman-teman blogger bisa menerapkan tips ini dan sukses mendapatkan banyak pembaca!

 

4 Comments

  1. Utomo Parwito 24/07/2018
  2. cv.raja kulit 21/09/2018
  3. Jauhari 24/09/2018
  4. Aan 18/10/2018

Leave a Reply