Cara Mendapatkan Penghasilan Melalui Internet

Ada banyak pertanyaan masuk melalui komentar di YouTube, DM di Instagram maupun email saya. Menanyakan apa sih sebenarnya pekerjaan saya, kok setiap saat selalu mengunggah video sedang kulineran. Seolah-olah pekerjaan saya hanyalah makan dan makan.

Melalui video makan sahur terakhir di bulan Ramadhan kemarin, saya jawab bahwa saya mencari penghasilan melalui internet. Setelah saya jawab seperti itu, masih ada yang bertanya lebih lanjut: bagaimana cara mendapatkan penghasilan melalui internet itu?

Maka saya membuat sebuah video khusus yang menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh teman-teman penonton channel YouTube saya tentang bagaimana mendapatkan penghasilan melalui internet alias bekerja secara online.

Video tersebut bisa dilihat bawah ini ya. Silakan disimak dari awal sampai akhir untuk mendapatkan wawasan yang lengkap. Siapa tahu setelah itu terinspirasi untuk melakukan hal yang sama 🙂

Kalau setelah nonton video ini masih belum mendapatkan gambaran, silakan teman-teman menuliskan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ya supaya bisa saya jelaskan lebih lanjut.

Cara Mendapatkan Penghasilan Melalui Internet

Secara singkat, di dalam video tersebut saya menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan melalui internet, yaitu:

  1. Menjadi content creator. Misalnya dengan menjadi blogger, youtuber, maupun selebgram. Intinya kita membuat konten kemudian mengunggahnya secara rutin melalui platform yang kita sukai. Ketika konten kita sudah terkenal dan kita punya reputasi yang bagus, nanti kita bisa mendapatkan uang dari berbagai peluang yang ada.
  2. Menjadi developer android apps. Bikin aplikasi android yang berguna bagi orang banyak lalu menerbitkannya di Google Play juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mencari uang melalui internet. Apalagi sekarang jumlah pengguna HP android itu jumlahnya banyak banget. Semakin banyak yang mengunduh dan memakai apps itu secara rutin, semakin besar peluang income yang bisa didapatkan.
  3. Jualan online. Meningkatnya jumlah pengguna internet turut mempengaruhi kebiasaan orang dalam berbelanja. Kini orang lebih suka berbelanja secara online dibanding jika harus pergi ke toko atau mall. Lebih hemat waktu karena bisa dilakukan dari mana saja dan bisa membandingkan banyak barang sekaligus beserta harganya.

Mengapa Jualan Online?

Dibanding cara pertama dan kedua untuk mendapatkan penghasilan melalui internet di atas, saya lebih merekomendasikan jualan online kepada teman-teman yang baru pertama kali ingin memulai mencari penghasilan melalui internet.

Mengapa jualan online? Karena ini adalah cara yang paling mudah dan paling cepat menghasilkan!

Kalau mau menjadi content creator maka butuh waktu yang lama untuk membangun reputasi sebelum akhirnya mulai mendapatkan penghasilan. Sementara itu kalau mau menjadi developer aplikasi android, dibutuhkan skill coding yang tinggi, dan itu belajarnya susah, kadang memerlukan waktu yang lama untuk ikut kursus developer android, ataupun kuliah informatika.

Sedangkan dengan berjualan secara online, ketika barang kita laku, maka seketika itu juga terjadi perputaran omset dan bisa langsung mendapatkan keuntungan.

Bagaimana Cara Jualan Online?

Pertama siapkan dulu barang apa yang mau dijual. Kemudian tentukan cara transaksinya seperti apa, cara pembayarannya bagaimana dan pengirimannya melalui apa.

Yang tak kalah penting adalah nanti berjualannya di mana. Melalui platform apa. Karena ada banyak pilihan cara untuk berjualan secara online, dan itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Setidaknya ada beberapa tempat untuk berjualan secara online:

  1. Bikin website e-commerce sendiri. Ini butuh biaya dan waktu yang tidak sedikit mulai dari pengembangkan platform-nya hingga siap digunakan untuk bertransaksi. Belum lagi setelah jalan masih harus mengantisipasi dari serangan hacker yang usil.
  2. Jualan melalui media social. Bisa melalui facebook, twitter ataupun instagram. Cara ini terkadang efektif, namun tidak untuk jangka waktu yang lama.
  3. Jualan melalui iklan baris online. Dulu saya memulai bisnis online pertama saya melalui cara ini. Namun menurut saya sekarang sudah tidak efektif dan efisien lagi.
  4. Jualan melalui marketplace. Nah ini yang paling saya rekomendasikan!

Dari keempat tempat untuk berjualan online di atas, saya paling merekomendasikan marketplace sebagai tempat untuk berjualan online.

Marketplace adalah semacam mall tapi adanya di internet. Di dalam ‘mall’ ini ada banyak penjual yang barang datangannya siap dibeli oleh pengunjung mall.

Apalagi sekarang sudah ada martketplace besar yang sangat populer dan mendapatkan visitor lebih dari 150 juta setiap bulan. Marketplace ini telah melahirkan banyak sekali pengusaha online yang sukses.

Marketplace yang saya maksud adalah TOKOPEDIA.

Kelebihan Tokopedia

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, Tokopedia memiliki banyak kelebihan. Diantaranya:

  • Aman dan Terpercaya. Aman karena Tokopedia menggunakan rekening bersama sehingga pembeli dan penjual sama-sama aman tidak takut terjadi penipuan. Uang yang ditransfer oleh pembeli baru akan diteruskan ke penjual ketika barangnya sudah sampai. Sebaliknya, penjual tidak perlu mengirimkan barangnya manakala pembeli belum mengirimkan uangnya ke rekening bersama Tokopedia. Terpercaya karena semua ulasan produk yang ada di Tokopedia adalah ulasan yang berasal dari pembeli. Bukan ulasan abal-abal.
  • Gratis dan Bebas Komisi. Tidak ada biaya pendaftaran dan biaya bulanan bagi siapa saja yang membuka toko di Tokopedia. Begitu mendaftar, pemilik toko bisa langsung mengisi tokonya dengan barang dagangan yang menarik. Setelah barangnya laku, Tokopedia akan meneruskan 100% uang penjualan tersebut ke penjual, tidak dipotong komisi apapun!
  • Cara Pembayaran Mudan dan Verifikasi Otomatis. Pembeli bisa membayar melalui transfer bank, transfer via ATM, bayar via minimarket, bayar pakai kartu kredit, bahkan bisa cicilan nol persen melalui kartu kredit dan tanpa kartu kredit. Verifikasi pembayaran juta terjadi secara otomatis oleh sistem pengecekan pembayaran Tokopedia sehingga pembeli tidak perlu repot-repot melakukan konfirmasi kepada penjual bahwa dia sudah membayar.
  • Cek Ongkir Otomatis dan Banyak Layanan Pengiriman. Salah satu kendala dalam jualan online adalah pengecekan ongkir. Untungnya di Tokopedia sudah bisa mengecek ongkir secara otomatis berdasarkan layanan pengiriman yang dipilih oleh pembeli. Ada kantor pos, JNE, JNT, Tiki, Wahana, Si Cepat dan banyak lagi. Juga ada pengiriman instant melalui Go-Send dan Grab untuk pengiriman dalam kota yang sama.
  • Shopping Cart yang Simpel. Buat yang suka belanja online, tentu malas jika hanya untuk membeli saja harus berhadapan dengan shopping cart yang ribet. Tidak demikian halnya di Tokopedia, karena di Tokopedia shopping cart-nya simpel sehingga transaksi bisa berjalan dengan cepat, mudah dan aman!

Cara Buka Toko di Tokopedia

Oke, sepertinya menarik banget ya?! Saya pengen dong jualan onlie di Tokopedia. Nah sekarang bagaimana cara buka toko di Tokopedia?

Oke, langsung saja kamu ikuti step by step cara buka toko di Tokopedia ini -> https://www.tokopedia.com/panduan/jual/

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai bagaimana jualan online di Tokopedia, silakan kunjungi Seller Center Tokopedia ini -> https://seller.tokopedia.com/

Nah sekarang sudah jelas kan, bagaimana cara mendapatkan uang melalui internet, khususnya dengan cara jualan online melalui Tokopedia. Silakan dicoba sekarang juga! Yang penting mulai aja dulu teman-teman. Dan jika teman-teman mengalami kendala, silakan langsung ditanyakan di sini ya supaya kita bisa berdiskusi lebih jauh lagi.

Jika postingan ini bermanfaat, silakan dishare ke teman-teman yang lain ya!

Salam sukses,

Budiono

7 Comments

  1. Heni Prasetyorini 04/07/2018
    • budiono 04/07/2018
  2. Dian 04/07/2018
    • budiono 04/07/2018
  3. Eddy Fahmi 04/07/2018
  4. Alvie Al-Bantani 14/07/2018

Leave a Reply