Fakta-fakta dan Aneka Maskot Asian Games 2018

Asian Games 2018 sudah hampir tiba, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan. Persiapan ini juga dimulai oleh tuan rumah yaitu Indonesia dengan membangun dan memperbaiki beberapa fasilitas dan infrastruktur pendukung Asian Games. Begitu juga dengan persiapan logo untuk menyambut Asian Games. Logo ini nantinya menjadi cikal bakal bahan untuk jual merchandise Asian Games 2018.

maskot asian games 2018 indonesia

Merchandise Asian Games dengan beberapa kebutuhan seperti baju dan aksesoris, pajangan dan gantungan kunci dan masih banyak lagi sudah terdapat di situs belanja online terpercaya. Namun perlu diketahui fakta dibalik kesuksesan Asian Games I-XVII yang mewarnai setiap gelaran diantaranya:

  • Asian Games VII, keikutsertaan terakhir Israel di Asian Games pada tahun 1974.
  • Asian Games VI, Thailand menjadi tuan rumah dengan pendanaan Korea Selatan yang batal menjadi tuan rumah Asian Games karena adanya krisis dengan Korea Utara. Pertama kalinya pertandingan Asian Games disiarkan ke seluruh dunia via televisi pada tahun 1970.
  • Asian Games IV, demi hormati negara-negara Arab dan RRC, Indonesia tak undang Israel dan Taiwan. Akibatnya, Indonesia dikeluarkan dari keanggotaan Komite Olimpiade Internasional tahun 1962.
  • Asian Games VIII, Singapura mundur jadi tuan rumah karena masalah finansial. Pakistan yang ditunjuk jadi tuan rumah pengganti juga undur karena konflik dengan Bangladesh dan India, Thailand kembali menjadi tuan rumah pada tahun 1978.

Selanjutnya Asian Games IX, Asian Games pertama yang digelar di bawah Dewan Olimpiade Asia sebagai pengganti Federasi Asian Games dan disiarkan langsung lewat televisi berwarna. Asian Games XI, setelah absen 4 kali Taiwan berkompetisi kembali pada Asian Games 1990 dengan nama China Taipei. Asian Games XII, pertama kalinya diikuti oleh negara-negara pecahan Uni Soviet, Irak absen karena Perang Teluk dan Korea Utara tidak berpartisipasi. Asian Games XIII, untuk keempat kalinya Thailand menjadi tuan rumah Asian Games 1998.

Beberapa yang jual merchandise Asian Games 2018 tentunya akan menemukan tiga maskot dengan beberapa fakta diantaranya:

  • Bhin Bhin merupakan burung cenderawasih berompi Asmat dari Papua yang cerdik dan strategis. Burung ini juga dijuluki sebagai burung surga yang sangat lucu dan sudah mulai terancam punah.
  • Atung merupakan seekor rusa bawean yang sangat atletis. Memiliki dresscode yang unik dengan kain sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Atung dipilih oleh INASGOC sebagai representasi kecepatan sesuai dengan keahlian rusa bawean, rusa ini di temukan di Pulau Bawean, Jawa Timur.
  • Kaka merupakan badak bercula satu yang ditemukan di Ujung Kulon, Jawa Barat. Telah diberi status terancam oleh IUCN, membuat badak bercula satu ini menjadi gambaran paling tepat untuk kekuatan dengan pakaian tradisional bermotif bunga khas Palembang.

Merchandise Bhin Bhin, Atung dan juga Kaka sudah terdapat pada situs belanja online dengan beberapa perbedaan harga. Masing-masing merchandise di pisah dalam beberapa kategori seperti kecepatan, strategi dan kekuatan. Hal ini membuat para pembeli merchandise dapat memilih sesuai ketiga karakter ini yang diambil dari lambang burung garuda Bhineka Tunggal Ika.

Bhineka Tunggal Ika merupakan jargon khas Indonesia yang membuat ketiga maskot ini mencerminkan keragaman suku dan budaya. Awalnya logo Asian Games 2018 mendapat kritikan keras karena kurangnya kreatifitas dalam mendesainnya. Kemudian mengadakan sayembara ulang terhadap logo dan membuat antusias masyarakat menjadi sangat banyak dan membuat logo ini terpilih paling baik yang digunakan saat mencetak barang jual merchandise Asian Games 2018.

Leave a Reply