Mangan Ora Mangan Pokok’e Kopdar

Kalau tema Kopdar Blogger 2016 lalu Sepi Ing Pamrih Rame Ing Blogging, Kopdar Blogger 2017 kali ini mengambil tema Mangan Ora Mangan Pokok’e Kopdar. Yang artinya kurang lebih: Makan Tidak Makan Yang Penting Kopdar.

Kopdar blogger kali ini digelar di Rumah Blogger Indonesia, Solo, pada tanggal 23 November 2017 mulai pukul 18.00 sampai selesai. Jadi postingan ini sebenarnya sudah #latepost banget. Hehe..

Mengapa kok di Solo lagi? Semata-mata bukan karena kopdar blogger kali ini juga masih digelar oleh Pakde Blontank dan tim dari Rumah Blogger Indonesia, melainkan juga dibarengkan dengan Festival Media AJI 2017 yang juga digelar di Solo.

Saya berangkat dari Surabaya bersama Dhadhang pada hari Kamis pagi dengan KA Argo Wilis. Tiba di Stasiun Solo Balapan sekitar pukul 10.30 dan langsung menyantap sate kambing di sebuah warung tak jauh dari stasiun.

Rencananya setelah makan kami akan jalan kaki ke Grha Solo Raya, tempat berlangsungnya Festival Media AJI karena beberapa kawan yang datang duluan sudah menunggu di sana. Namun Pakde Blontank mengarahkan saya untuk langsung ke Pesantren Al Muayyad karena sebentar lagi Chief Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika akan meluncur ke sana.

menkominfo rudiantara pesantren al muayyad

pesantren al muayyad menkominfo rudiantara

rudiantara menkominfo budiono sukses

blontank poer budiono sukses al muayyad solo

blogger pesantren al muayyad

Lepas ‘menemani’ Chief RA di Pesantren Al Muayyad, kami meluncur ke Grhara Solo Raya untuk berdiskusi dengan sesama blogger yang memiliki beragam background. Ada spammer, ada hacker, dan sebagainya.

Diskusi berlangsung gayeng karena ada Mas Henry dari XL sehingga kami bisa puas diskusi tentang registrasi SIM pra bayar yang sedang gencar dilakukan pemerintah.

festival media aji

Dari Grha Solo Raya, kami menuju ke Fave Hotel untuk check in. Fasilitas penginapan di Fave Hotel ini disediakan oleh panitia Kopdar Blogger. Gratis!

Pukul 18.00 kami berjalan dari Fave Hotel menuju Rumah Blogger Indonesia. Kebetulan jaraknya hanya 800-an meter. Meski cuaca sedikit gerimis, kami nekat aja berjalan sambil olahraga.

fave hotel solo budiono

Sesampai di RBI, kami langsung membaur dengan blogger lain yang datang lebih dulu. Suasana tambah seru karena panitia telah menyediakan bakar-bakaran alias barbeque party. Yang dibakar ada daging sapi dan aneka seafood. Seru banget!

Suasana kopdar berlangsung gayeng dan guyub rukun. Di sana saya bertemu dengan blogger-blogger jaman old yang sudah lama tidak saling berinteraksi. Saya perhatikan tidak banyak yang asik dengan gadget masing-masing. Hampir semua asik ngobrol dengan sesama blogger sambil menikmati hidangan, dan sesekali berfoto ria untuk dokumentasi.

arfi bambani henry blontank kopdar blogger solo

arfi bambani kopdar blogger

Ada sedikit sesi diskusi dengan nara sumber Mas Henry dari XL dan Mas Arfi Bambani dari AJI dan dipandu Pakde Blontank sang tuan rumah. Diskusi membahas bagaimana perlindungan hukum bagi blogger yang tersangkut kasus karena tulisannya.

bbq party

kopdar blogger pardi

blogger plat m kopdar solo

kopdar blogger bbq

kopdar blogger bbq ayu

kucing kopdar blogger

kopdar blogger solo 2017

kopi aming pontianak kopdar blogger solo

kopdar blogger solo 2017 mangan ora mangan

kopdar blogger solo frenavit wahyu alam

kopdar blogger solo ponorogo cah kene

kopdar blogger solo sangkil gandi

kopdar blogger budiono sangkil kucluk

Sesi diskusi berlangsung tidak lebih dari 1 jam. Kemudian kami dihibur dengan live music bergenre keroncong. Aduh, mbak penyanyinya cantik dan anggun banget. Suaranya juga merdu. Kami benar-benar terhibur.

Tak lupa Kang Joko Baloeng, penyandang disabilitas yang jago melukis dengan software Ms Word, juga tampil menyanyikan beberapa lagu diiringi dengan musik akustik klontengan. Seru!

kopdar blogger solo 2017 biola

kopdar blogger solo 2017 keroncong

Pukul 23.30 yang sudah capek mulai meninggalkan lokasi dan kembali ke hotel. Yang masih bugar melanjutkan ngobrol. Saya tentu saja termasuk yang kembali ke hotel karena sudah ngantuk plus kekenyangan luar biasa!

Bincang Vlog di Festival Media AJI

Keesokan harinya, Jumat 24 November 2017 saya mengisi salah satu sesi di Festival Media AJI. Kebetulan sesi yang saya bawakan merupakan tema yang sudah seperti sego jangan, keseharian, yaitu vlogging.

bincang vlog budiono festival media aji

Rupanya Pakde Blontank sudah menjadwalkan sesi tersebut bersama panitia Festival Media AJI. Saya yang sebenarnya baru kemarin sore punya channel YouTube, bersedia mengisi sesi itu karena 2 hal: pertama ingin sharing soal bagaimana saya menjalankan channel youtube saya, dan yang kedua ingin menceritakan pengalaman ketika menghadiri Google Local Guides Summit 2017 Oktober lalu di San Francisco.

bincang vlog budiono sukses

bincang vlog budiono festival media

Sesi diskusi berlangsung cukup seru. Waktu yang disediakan hanya 1 jam. Namun pertanyaan yang datang dari peserta yang tidak begitu banyak itu, hanya sekitar 30 orang, ternyata sangat banyak dan beragam. Kebanyakan peserta adalah para jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.

Diskusi dimulai pukul 09.30 dan diakhiri pukul 10.30 karena itulah jatah waktunya. Lagi pula pembicara berikutnya, Pimred Solo TV dan para peserta yang akan mengikuti sesinya sudah menunggu di depan ruangan.

Food Crawl di Rica-Rica Pak Manto

Usai mengisi sesi di Festival Media AJI, saya dan Dhadhang berjalan kaki menuju Masjid Ageng Solo yang lokasinya gak jauh dari Grha Solo Raya untuk jumatan.

masjid ageng solo

budiono masjid ageng solo

Usai jumatan, kami kembali lagi ke Grha Solo Raya dan membuat janji dengan beberapa blogger untuk makan bersama alias food crawl di Sate Kambing Pak Manto.

tengkleng rica pak manto solo

tengkleng rica pak manto kambing solo

Kami menghabiskan 6 porsi rica-rica kambing, 2 tusuk sate buntel dan 1 porsi sate kambing biasa. Puas! Simak video selengkapnya di bawah ini, dulur!

Kena Longsor, KA Argo Wilis Terlambat 8 jam!

Sehabis dari Sate Kambing Pak Manto, saya bersama Dhadhang, Slamet dan Kang Gery meluncur ke Stasiun Solo Balapan untuk kembali ke daerah masing-masing. Kami tiba di stasiun sekitar pukul 15.00. KA Argo Wilis yang akan saya tumpangi akan tiba pukul 16.50.

Setelah menunggu 1 jam lebih, mendekati pukul 16.30, tiba-tiba terdengar pengumuman bahwa KA Argo Wilis akan terlambat datang sekitar 8 jam. Penumpang dipersilakan refund atau pindah KA lain.

antri refund di stasiun solo balapan argo wilis terlambat kena longsor

refund tiket KA argo wilis

Lho kok mendadak pengumumannya?

Walhasil setelah antri sekian menit, saya mendapati kenyataan pahit bahwa semua KA menuju Surabaya sore itu sudah penuh. Kalau mau, bisa naik BIMA atau MUTIARA SELATAN tapi itupun masih besok dini harinya. Sama saja seperti menunggu KA Argo Wilis.

Maka akhirnya saya dan Dhadhang memutuskan untuk refund penuh dan kemudian berjalan menyusuri Sky Bridge yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Bus Tirtonadi. Panjang sky bridge saya perkirakan sekitar 400 meter.

sky bridge solo balapan tirtonadi

stasiun solo balapan rel sepur

Tiba di Terminal Tirtotadi saya sholat Ashar dulu di masjid terminal yang sangat bagus dan bersih, lalu naik bus EKA jurusan Surabaya.

Simak perjalanan saya dengan bus eka dalam video di bawah ini.

Sampai Jumpa di Kopdar Berikutnya!

Saya berharap, tahun depan masih ada lagi kopdar blogger seperti ini. Kopdar blogger yang sangat cair dan bisa menjaga silaturahmi blogger-blogger dari seluruh Indonesia.

Semoga Pakde Blontank mendapatkan berkah kesehatan dan rejeki yang luas supaya tetap bisa menggelar kopdar-kopdar seperti ini berikutnya. Semoga kawan-kawan blogger masih terus semangat dalam menjalin paseduluran, saling bergandengan tangan, menjadi bagian dari penebar konten positif di ranah maya Indonesia!

One Response

  1. ALAM 17/12/2017

Leave a Reply