Menikmati Nasi Bryani di Assalam Bryani House Ampel

Nasi Bryani adalah kuliner khas India yang kemudian juga populer di Timur Tengah, Malaysia dan juga Indonesia. Untuk membuat nasi bryani (atau biasa ditulis briyani) yang otentik, diperlukan beras basmati. Beras dengan bulir panjang yang berasal dari India.

Kemarin saya berkesempatan mencicipi nasi bryani yang sangat lezat di Assalam Bryani House di Kawasan Wisata Religi Ampel, Surabaya. Tepatnya berada di Hotel Mesir, Jl.KH Mas Mansyur 165, tidak jauh dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

Assalam Bryani House yang ada di daerah Ampel ini adalah cabang ke-3 di Surabaya setelah Assalam Bistro & Cafe di Papaya Margorejo dan Assalam Bistro & Cafe di Pucang.

Untuk mendapatkan rasa nasi bryani yang otentik, Assalam Bryani House Ampel mendatangkan seorang chef khusus dari Malaysia. Chef Dhien, begitu namanya, adalah seorang chef senior yang sudah sangat berpengalaman mengolah masakan India. Kemarin saya juga mendapatkan kesempatan untuk mengintip proses pembuata nasi bryani oleh Chef Dhien.

Nasi Bryani Lamb Shank Favorit Saya

Dari berbagai menu yang disajikan, saya langsung tertarik pada menu bernama bryani lamb shank. Ini adalah nasi bryani yang disajikan dengan lauk paha kambing muda yang dimasak sejenis gulai kering tanpa kuah. Penampilannya sungguh menggoda selera.

nasi briyani lezat ampel

Sebelum menyantap nasinya, saya makan dulu lamb shank-nya yang masih kemedhul keluar asap. Wow, benar-benar empuk dan rasa bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Mantab banget!

Kemudian saya mulai makan nasinya. Ternyata juga sangat nikmat. Bumbu dari nasi bryani-nya meresap hingga ke dalam. Apalagi jika dimakan bersama acar dan daging kambing mudanya. Sungguh sebuah kelezatan yang tak mampu dilukiskan dengan kata-kata.

Sambil menulis ini, saya jadi kemecer lagi ingin menikmati bryani lamb shank lagi!

Untuk sebuah kenikmatan yang paripurna ini, saya cukup merogoh kocek 80 ribu rupiah. Sangat sepadan dengan kenikmatan yang saya dapatkan. Porsinya juga jumbo. Puas!

Selain nasi bryani lamb shank, Assalam Bryani House juga menyajikan menu lain khas India dan Malaysia. Seperti nasi lemak yang sangat gurih nan lezat, juga canai dengan berbagai toping, kemudian murtabak dan juga roti tisue. Untuk minumnya, andalan saya adalah susu onta yang dijus dengan buah kurma.

Assalam Bryani House di Hotel Mesir
Jl. KH. Mas Mansyur 165 Surabaya
Buka Pukul 10.00 s.d 22.00
Minggu libur
Google Maps -> https://goo.gl/maps/J2iPDh3Y9tF2

3 Comments

  1. Eddy Fahmi 25/10/2017
  2. Muhammad Hatim 25/10/2017
  3. Nurulrahma 31/10/2017

Leave a Reply