Toko Buku Online Atau Konvensional, Pilih Mana?

Banyak hobi yang dimiliki oleh manusia dan satu diantaranya adalah dengan membaca. Buku yang dibaca tersebut bermacam-macam dan memiliki tingkat kekritisan bahasa atau informasi yang berbeda, ada yang mudah diserap dan ada yang butuh pemikiran tinggi. Untuk mendapatkan buku yang diinginkan, maka Anda harus pergi ke toko buku. Namun, masyarakat kini bisa belanja secara online, misalnya beli di toko buku online. Meskipun demikian tak sedikit juga yang tetap memilih toko buku konvensional untuk mencari referensi pembelian buku.

Untuk memilih apakah Anda akan membeli di toko online untuk buku yang Anda inginkan atau membeli di toko buku konvensional, pertimbangkan dahulu waktunya. Maksudnya adalah ketahui dahulu kapan Anda butuh buku tersebut, misalnya jika dibutuhkan sekarang juga, berarti toko konvensional lebih bisa diandalkan. Sementara itu jika Anda membutuhkan buku kurang lebih 2 hari, maka Anda bisa membelinya langsung secara online, misalnya di toko buku online lengkap dan terpercaya Bukalapak

Kedua adalah jenis buku yang Anda butuhkan. Jika Anda hanya membutuhkan buku pelajaran misalnya untuk anak atau keponakan Anda, Anda bisa memilih untuk langsung datang ke toko buku. Sebab, pada umumnya, toko buku konvensional memiliki jenis buku pelajaran yang lebih beragam dibandingkan dengan toko online kecuali jika toko buku secara online tersebut merupakan milik atau dikelola oleh perusahaan yang juga mengelola toko buku konvensional. Namun, tidak sedikit yang akhirnya memilih untuk beli di toko buku online. Hal tersebut disebabkan karena jenis buku yang diinginkan tidak ditemukan di toko buku konvensional tersebut

Ketiga adalah masalah harga. Buku yang dijual di toko buku konvensional umumnya memiliki harga yang bisa lebih tinggi hingga 10-20% dibandingkan dengan online shop yang menjual buku. Karena hal tersebut, Anda bisa melihat terlebih dahulu berapa harga buku yang ada di online shop dan harga buku yang ada di toko buku konvensional. Tidak jarang online shop tersebut memberikan diskon atau potongan harga yang akan membuat belanja online Anda menjadi lebih hemat dan uang Anda bisa dipergunakan untuk hal yang lainnya.

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan membeli di toko buku konvensional, diantaranya adalah:

Kelebihan:

  • Buku yang dijual di toko tersebut jelas keasliannya karena perusahaan atau toko buku apalagi toko buku besar tidak mungkin membeli yang palsu.
  • Bisa melihat sendiri kondisi dan isi dari buku tersebut sebab ada beberapa buku yang dibiarkan terbuka atau sample sehingga konsumen bisa melihat dan membacanya.
  • Bisa langsung dibaca setelah membeli.

Kekurangan:

  • Harga yang diberikan sering lebih mahal dibandingkan yang dijual secara online.
  • Jarang ada PO atau pre order untuk buku tertentu.

Sedangkan kekurangan dan kelebihan dari toko buku online, yaitu:

Kelebihan:

  • Anda tidak perlu capek untuk pergi ke toko buku yang lain jika tidak menemukan buku yang Anda inginkan.
  • Lebih hemat apalagi tidak jarang ada potongan harga yang bisa sampai 20% dari harga normal.
  • Ada buku yang hanya ada di online shop namun tidak ada di toko buku konvensional.
  • Terkadang ada bonus yang bisa diperoleh konsumen jika membeli buku tersebut terutama buku PO.
  • Mudah untuk melakukan PO

Kekurangan:

  • Tidak bisa menilai buku tersebut sendiri, misalnya asli atau palsu.
  • Harus menunggu hingga beberapa hari untuk bisa membaca buku yang sudah dibeli tersebut.

One Response

  1. Anne Lesmana 16/10/2017

Leave a Reply