Cara Mencegah Serangan Jantung

Mencegah Serangan Jantung. Serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia dan di banyak negara di dunia. Begitu terkena serangan jantung, diperlukan penanganan yang sangat cepat untuk menyelamatkan jiwa pasien. Terlambat sedikit saja, maka nyawa pasien bisa tidak tertolong.

Biasanya serangan jantung dianggap terjadi secara tiba-tiba. Awalnya sehat-sehat saja, tidak ada gejala nyeri atau sesak nafas, tiba-tiba terkena serangan jantung. Namun, menurut dokter Vito A Damay spesialis jantung yang berbicara di acara Gerakan Jantung Sehat di Dyandra Convention Center kapan hari, ternyata tidak ada serangan jantung yang terjadi secara mendadak.

gerakan jantung sehat surabaya

Serangan jantung kebanyakan diawali oleh gaya hidup yang kurang sehat selama bertahun-tahun, yang menyebabkan penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Penumpukan kolesterol tersebut kemudian membentuk plak. Adanya plak membuat pembuluh darah makin menyembil dan menyebabkan terganggunya aliran darah.

Ketika pembuluh darah menyempit, sedangkan jantung harus terus memompa darah ke seluruh jaringan tubuh, maka jantung dipaksa bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah supaya sampai tujuan. Jantung yang terus menerus dipaksa bekerja lebih keras maka lambat laun akan mengalami penurunan kemampuan.

Selain menyebabkan terjadinya serangan jantung, penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah tadi juga dapat menyebabkan stroke. Yaitu ketika timbunan kolesterol yang telah menjadi plak tadi terjadi di pembuluh darah yang ada di otak. Ketika plak makin tebal, kemudian menyumbat aliran darah, sedangkan jantung terus berusaha memompa, maka pembuluh darah di otak bisa pecah kemudian merembes ke sel-sel otak.

Saat itulah stroke terjadi. Ketika terkena serangan stroke, banyak pasien yang kemudian mengalami kelumpuhan anggota tubuh sebelah. Ada yang kemudian bisa disembuhkan dengan berbagai penanganan yang tepat dan membutuhkan biaya mahal, ada juga yang kemudian terus lumpuh hingga ajal menjemput.

Cara Mencegah Serangan Jantung

Pada kesempatan tersebut, dr. Vito A Damay juga berbagi tips bagaimana cara mencegah serangan jantung. Saya mencatat beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian saya sendiri, dan saya tuliskan di sini untuk menjadi bahan bacaan bagi siapa saja yang ingin mencegah serangan jantung sejak dini.

#1. Jangan malas gerak!

Kebiasan orang jaman sekarang adalah berlama-lama duduk sambil bermain HP maupun bekerja di depan komputer. Bahkan sampai sehari penuh. Maka akibatnya orang menjadi kurang gerak. Ketika malas bergerak, maka asupan makanan yang kita konsumsi akan lebih banyak tertimbun menjadi lemak. Ujung-ujungnya adalah obesitas. Dan obesitas meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

#2. Pola makan seimbang

Mengonsumsi makanan berlemak dan bersantan memang lezat. Tapi jika terlalu banyak, hasilnya juga kurang baik untuk tubuh. Maka jalankan pola makan seimbang dengan mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan yang rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol supaya tubuh menjadi lebih sehat. Ketika tubuh lebih sehat, maka risiko terkena serangan jantung juga makin kecil.

#3. Olahraga!

Nah ini juga penting. Tidak perlu olahraga yang berat seperti sepakbola atau jogging berjam-jam. Cukup dengan jalan kaki beberapa kilometer namun rutin dilakukan tiap hari, maka sudah dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Indonesia TANGKAL Kolesterol

Nah Gerakan Jantung Sehat yang saya ikuti Minggu 6 Agustus 2017 di Dyandra Convention Center merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Nutrive Benecol yang memiliki kepedulian dari tahun ke tahun untuk menggugah kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya memiliki jantung yang sehat.

Kegiatan tersebut digelar di 5 kota besar di Indonesia termasuk Surabaya mulai Juli hingga Oktober. Selain di Surabaya, acara sejenis juga digelar di Makassar, Bandung dan Jakarta.

mencegah serangan jantung

Nutrive Benecol sendiri adalah salah satu produk dari Kalbe Nutritionals yang dengan kandungan Plan Stanol Ester – nya telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol 7% hingga 10% hanya dalam waktu 2 minggu. Nutrive Benecol ada yang berbentuk cairan dalam botol sekali minum dengan berbagai pilihan rasa. Ada blackcurrant, strawberry, orange dan lychee. Selain berbentuk cairan dalam botol siap minum, Nutrive Benecol juga ada yang berbentuk cereal siap seduh yang terdiri dari 2 rasa, vanilla veggie mix dan chocholate.

Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk memeriksakan kadar kolesterol. Tentu saja saya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Kapan lagi bisa cek kadar kolesterol secara gratis. Hehehe.

Namun hasilnya sebagaimana gambar di atas ini, ternyata kurang menggembirakan. Angka normalnya antara 100 hingga 200. Namun hasil pengecekan kolesterol saya menunjukkan angka 215 mg/dL. Meskipun baru lebih sedikit dari ambang normal, namun saya harus waspada mulai sekarang. Harus mulai merubah gaya hidup menjadi lebih sehat supaya jantung saya juga selalu sehat.

Maka saya sangat setuju dengan gerakan Indonesia TANGKAL Kolesterol yang digagas oleh Nutrive Benecol bekerjasama dengan Kementerial Kesehatan Republik Indonesia dan Klik Dokter ini. Saya mendapatkan banyak pengetahuan baru, termasuk bagaimana mencegah serangan jantung dengan rumus TANGKAL.

  • Teratur periksa kolesterol
  • Awasi asupan dan pola makan
  • Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
  • Giat berolahraga dengan gerakan B-Fit 2.0
  • Kendalikan berat badan dan hindari stress
  • Awasi tekanan darah
  • Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2 kali sehari

Sebagai penutup, di bawah ini saya tampilkan video Senam B-Fit 2.0 yang sangat mudah namun jika rutin dilakukan maka dapat menurunkan risiko serangan jantung.

5 Comments

  1. Nurulrahma 10/08/2017
  2. Yulia Octaviana Wibisono 14/08/2017
  3. mbak avy 14/08/2017
  4. Bagus 16/08/2017

Leave a Reply