Ini 5 Perubahan Cara Hidup Manusia Karena Internet

Internet telah merubah cara hidup manusia sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial. Perubahan cara hidup tersebut ada yang positif, ada pula yang negatif dengan porsi masing-masing. Ada yang lebih banyak positifnya, ada yang lebih banyak negatifnya. Tergantung bagaimana manusia memanfaatkannya.

Di sini saya telah merangkum 9 perubahan cara hidup manusia sejak hadirnya internet. Kalau kamu membaca artikel ini, kamu termasuk dalam komunitas pengguna internet yang mungkin sudah mengalami kesembilan perubahan berikut ini:

#1. Membaca Berita

Sebelum hadirnya internet, orang membaca berita melalui surat kabar yang terbit setiap pagi. Apa yang dibaca pagi itu, adalah kejadian kemarinnya, atau kemarinnya lagi. Butuh proses panjang mulai dari terjadinya sebuah kejadian, diliput oleh wartawan dari surat kabar itu, disusun dalam layout surat kabar, dicetak, didistribusikan hingga sampai ke tangan pembaca.

membaca koran

Sejak hadirnya internet, orang tidak perlu menunggu besok untuk mengetahui kejadian di belahan dunia yang lain. Dalam hitungan menit, bahkan detik, sebuah kejadian dapat segera diketahui karena kecepatan media online yang terus mengunggah berita baru melalui portal berita yang dapat diakses menggunakan internet.

Beritapun tidak hanya sekedar teks. Kini makin marak berita online yang menayangkan kejadian melalui streaming video secara langsung dari lokasi kejadian. Itu semua bisa terjadi berkat adanya teknologi internet yang makin cepat dan makin murah.

#2. Surat Menyurat

Sebelum hadirnya internet, untuk berkirim surat orang harus menulis di lembaran kertas, lalu mengirimkannya melalui Kantor Pos. Surat tersebut kemudian dikirimkan oleh petugas dari Kantor Pos hingga sampai ke alamat tujuan. Untuk sampai, kadang butuh waktu seminggu lebih jika jaraknya jauh. Untuk berkirim surat ke luar negeri, bisa menempuh waktu lebih lama lagi. Ongkos pengiriman surat biasanya dirupakan berupa perangko tempel dengan aneka gambar. Kemudian muncul hobi yang namanya filateli, yaitu hobi mengoleksi benda pos, termasuk perangko.

perangko

Sejak hadirnya internet, orang mulai mengenal surat elektronik atau email. Untuk berkirim surat, kini semakin praktis dan bisa dilakukan kapan saja melalui email. Hanya bermodalkan koneksi internet, tidak perlu lagi beli perangko, tidak perlu lagi menunggu seminggu lebih. Begitu dikirim, dalam hitungan sepersekian detik surat elektronik tersebut sudah sampai ke alamat tujuan.

Bahkan dalam sekali kirim, seseorang bisa mengirimkan email kepada banyak penerima sekaligus tanpa perlu membuat satu per satu. Bahkan dulu sempat ngetrend yang namanya mailing list, diskusi melalui email. Namun kini keberadaan mailing list sudah mulai ditinggalkan, berubah menjadi diskusi melalui platform obrolan online yang lebih mudah.

#3. Ngobrol

Ngobrol adalah aktifitas yang menyenangkan. Siapa saja suka ngobrol. Saling berbagi cerita, mulai yang ringan, hingga diskusi yang serius. Jaman dulu, sebelum hadirnya internet, untuk dapat ngobrol, seseorang harus bertemu secara langsung. Atau yang paling canggih, bisa ngobrol melalui telepon. Itupun biayanya mahal.

whatsapp

Sejak hadirnya internet, ngobrol bisa dilakukan melalui aplikasi yang berjalan di atas protokol internet. Mungkin ada yang masih ingat mIRC dan Yahoo Messenger, kemudian Blackberry Messenger? Itu adalah platform obrolan online yang sempat ngetrend pada masanya. Kini, obrolan online lebih banyak terjadi melalui WhatsApp yang dapat berjalan di smartphone android dan iOS. Ada juga beberapa aplikasi obrolan online yang lain, yang telah turut merubah perilaku manusia dalam mengobrol.

Bahkan yang awalnya obrolan via internet ini hanya obrolan teks saja, kini seiring bertambahnya kecepatan internet, obrolan juga bisa dilakukan melalui voice call dan video call.

#4. Belanja

Meskipun hingga sekarang berbelanja secara langsung dengan mendatangi pasar atau pusat perbelanjaan juga masih cukup digemari, namun telah terjadi pergeseran cara berbelanja yang cukup ngetrend sejak hadirnya internet. Untuk keperluan tertentu, orang makin suka berbelanja secara online melalui internet.

Pada awal hadirnya internet, setiap perusahaan membuat saluran online sendiri untuk penjualan produknya. Namun kini beragam marketplace telah hadir. Marketplace adalah tempat dimana sebah platform berbasis internet mempertemukan banyak pembeli dan banyak penjual sekaligus. Seperti layaknya di sebuah pasar yang memiliki banyak lapak milik pedagang-pedagang, dan pembeli bebas memilih mau beli di lapak yang mana setelah puas membanding-bandingkan berbagai faktor.

belanja tas

Saya sendiri termasuk orang yang sangat suka berbelanja secara online melalui marketplace, khususnya Tokopedia. Hampir setiap hari saya selalu membuka-buka tokopedia untuk berburu berbagai keperluan. Saya sangat terbantu dengan fitur pencarian berdasarkan kata kunci yang dapat difilter berdasarkan lokasi asal barang akan dikirim, lalu bisa diurutkan lagi berdasar harga paling murah atau paling mahal.

Saya sih seringnya berbelanja produk-produk elektronik. Yang terakhir saya beli adalah charger 2A merk Xiaomi. Namun tak jarang saya membantu istri saya untuk mencari informasi produk yang dia butuhkan. Misalnya tentang harga tas anak model terbaru ketika kemarin anak pertama kami akan masuk TK. Model tas di Tokopedia lucu-lucu dan harganya terjangkau. Buat yang ingin beli tas ransel wanita online, di Tokopedia juga ada banyak pilihan. Bisa dikatakan Tokopedia ini marketplace yang sangat sangat lengkap!

#5. Bersosialisasi

Nah ini yang juga mengalami perubahan yang sangat signifikan sejak hadirnya internet, yaitu cara bersosialisasi yang juga turut berubah. Jika dulu untuk bersosialisasi maka seseorang harus hadir di suatu tempat, maka sekarang sosialisasi lebih banyak dilakukan dengan bantuan social media online, seperti facebook, twitter dan instagram.

Dengan media sosial online, bersosialisasi bisa lebih lancar. Banyak yang awalnya terpisah dengan teman sekolah, kemudian bertemu kembali melalui facebook. Namun bersosialisasi melalui sosial media kadang harus dibatasi karena seringkali saking asiknya orang saling berbalas komentar melalui medsos, hingga akhirnya malah mengabaikan orang yang sedang duduk bersamanya. Ada istilah, menjauhkan dekat, mendekatkan yang jauh.

facebook

Maka dengan berbagai kelebihan internet yang telah merubah cara hidup manusia tadi, kita juga harus menggunakannya dengan bijak.

Sebenarnya masih ada beberapa cara hidup manusia yang berubah sejak adanya internet. Misalnya cara berpolitik yang sekarang cenderung terbuka dalam menggalang opini dan dukungan untuk suatu pergerakan, cara dalam belajar yang sangat mengandalkan Google dan cara dalam mencari alamat yang sangat terbantu oleh Google Maps. Namun karena artikel ini sudah terlalu panjang, mungkin bisa saya sambung di tulisan selanjutnya.

Kamu juga boleh berpendapat, menyampaikan gagasanmu tentang apa yang telah berubah sejak adanya internet. Silakan tinggalkan melalui komentar di bawah ini 😉

6 Comments

  1. Dianisa 13/07/2017
    • budiono 16/07/2017
  2. Titi Alfa Khairia 14/07/2017
  3. Bams Rahardjo 27/07/2017
    • budiono 31/07/2017

Leave a Reply