Tips Diet Sehat ala Sunpride – Eat The Rainbow

Kamis 15 Juni 2017 kemarin saya menghadiri undangan dari Sunpride untuk berbuka puasa bersama di Hotel Novotel Surabaya. Tentu saja saya sangat senang, karena saya sudah lama menggemari buah-buahan dari Sunpride, terutama nanas honi dan pisang cavendish.

diet sehat ala sunpride

Beberapa koleksi buah Sunpride (Pic: IG @deteksi)

Selain kedua jenis buah favorit saya tadi, ternyata Sunpride memiliki jenis buah yang lain. Sangat banyak ragamnya. Diantaranya rock melon, golden melon, apel pink lady, jambu kristal, jeruk baby, pisang mas, pepaya california, buah naga, buah kiwi, pear, apel fuji, dan banyak lagi!

Dalam kesempatan buka bersama kemarin, Sunpride memperkenalkan pisang cavendish highland yang memiliki karakter lebih pulen dibanding pisang cavendish dari dataran rendah.

Dengan banyaknya ragam buah dari Sunpride, jika dikonsumsi secara teratur dapat menjadi menu diet yang lengkap.

Eat The Rainbow

Menurut pakar nutrisi Jansen Ongko yang memberikan pencerahan sore itu tentang tips diet sehat, kita perlu mengonsumsi 3 sampai 5 jenis buah dan sayur yang berbeda warnanya.

Itulah yang dimaksud eat the rainbow diet. Makan pelangi warna buah dan sayuran setiap hari dengan porsi yang seimbang.

buka bersama sunpride surabaya

Jansen Ongko, nomor 2 dari kanan, bersama peserta bukber Sunpride. (Pic: IG @jansen_ongko)

Setiap hari bisa diganti-ganti jenis buah dan sayurnya, asalkan warnanya berbeda. Dengan demikian, kebutuhan tubuh akan berbagai nutrisi dapat dipenuhi.

Kebetulan buah-buahan dari Sunpride memiliki variasi warna yang banyak. Pepaya berwarna merah, nanas dan pisang berwarna kuning, apel dan kiwi berwarna hijau, buah naga berwarna ungu, dan seterusnya.

Seberapa banyak makan buah dan sayuran itu yang sesuai dengan anjuran tips diet sehat ala pakar nutrisi? Tidak ada batasan khusus. Sesuaikan saja dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Beberapa Salah Kaprah

Masih menurut Jansen Ongko, terdapat beberapa salah kaprah di masyarakat dalam menjalankan diet sehat dan terkait buah-buahan. Misalnya:

nanas bikin becek

  • Makan nanas bikin organ kewanitaan menjadi becek dan keputihan. Ini salah besar. Faktanya tidak ada hubungan antara nanas dan beceknya kewanitaan. Nanas justru memiliki kandungan yang dibutuhkan perempuan untuk menigkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan massa otot.
  • Diet yang baik itu hanya makan buah, tidak makan nasi. Salah besar! Di dalam buah juga terdapat karbohidrat dan gula. Sama dengan nasi. Yang perlu diatur adalah jumlahnya, bukan buah saja atau nasi saja.
  • Makan buah setelah makan besar, bikin busuk dan nutrisi rusak. Ini juga salah besar. Semua makanan justru harus dicerna dan dibikin ‘busuk’ supaya dapat diserap oleh tubuh. Aneka enzim membantu proses pembusukan tersebut. Jadi busuk tidak selamanya buruk!
  • Makan buah yang terbaik adalah ketika perut kosong sebelum jam 10 pagi. Salah! Yang benar, makan buah kapan aja ingin makan buah. Gak usah ribut dengan waktunya.
  • Nasi merah jauh lebih baik dengan nasi putih. Ini tidak selalu benar. Kelebihan nasi merah adalah jumlah seratnya yang lebih banyak. Sedangkan nasi putih dimakan bersama sayur, juga sama saja akan banyak mengandung serat.

Bagaimana menghadapi salah kaprah tersebut? Tetap stay cool sambil mencari referensi pembanding. Jangan asal menjawab atau membantah kalau belum tahu ilmunya. Apalagi ikut menyebarkannya ke medsos atau grup-grup WA.

Tentang Sunpride

logo sunprideSunpride adalah merk buah-buahan yang diproduksi dan didistribusikan oleh PT. Sewu Segar Nusantara yang merupakan salah satu unit bisnis dari perusahaan investasi terkemuka Gunung Sewu Kencana.

Mengusung motto “Fresh Everyday”, Sunpride memiliki kebuh buah sendiri di beberapa tempat di Indonesia.¬†Buah-buahan dari Sunpride mendapatkan jaminan kualitas yang tinggi.

Ayu Afiany Sunpride Indonesia

Ibu Ayu Afiany menjelaskan banyak hal tentang Sunpride

Untuk mendapatkan buah-buahan dengan kualitas terbaik, Sunpride melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan melakukan pembungkusan buah sejak masih muda di pohonnya sehingga terhindar dari aneka hama.

Upaya lain adalah dengan pembatasan jumlah buah per pohon. Dengan demikian, setiap buah akan tumbuh dengan optimal dan siap panen pada saat yang bersamaan.

Setelah melalui tahapan kontrol kualitas yang ketat, hasil panen dari kebun buah Sunpride didistribusikan melalui lebih dari 3000 retailer yang tersebar di seluruh Indonesia.

PT. Sewu Segar Nusantara telah memegang sertifikat ISO 9001:2008, sebuah standar internasional yang fokus pada kepuasan pelanggan. Untuk memenuhi standar tersebut, buah-buahan Sunpride diuji di laboratorium Sucofindo.


Nah, selama ini kan saya sudah cinta dengan buah dari Sunpride. Setelah tahu keseriusan Sunpride dalam menyediakan buah-buahan berkualitas dari kebun lokal, saya jadi makin cinta deh!

Apalagi pas pulang dari buka puasa itu, semua peserta yang berjumlah sekitar 30 orang, mendapatkan buah-buahan Sunpride boleh ambil sebisanya. Saya bawa 2 kantong besar! Lumayan, bisa buat 2 minggu. Hehehe…

Buah? ya pasti Sunpride!

Leave a Reply