Pertama Kali Naik Pesawat, Perhatikan Hal Penting Ini

Tanpa terasa bulan Ramadhan 1438 Hijriyah sudah hampir selesai. Artinya sebentar lagi musim mudik lebaran akan tiba. Salah satu pilihan moda transportasi untuk mudik lebaran adalah dengan pesawat terbang.

Nah bagi yang pertama kali naik pesawat, perhatikan hal-hal berikut ini supaya mudiknya berjalan dengan selamat, aman dan nyaman!

Beli Tiket Pesawat Sejak Jauh Hari

Ketika ingin mudik naik pesawat, sebaiknya sudah memesan tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Mengapa? Karena musim mudik dipastikan jumlah penumpang pesawat akan naik pesat dibanding hari biasa. Jangan sampai tidak kebagian tiket pesawat.

Tiket pesawat bisa dipesan secara online melalui website masing-masing maskapai penerbangan, atau melalui website online travel agent (OTA) yang sering muncul di iklan-iklan itu.

beli tiket pesawat online

Ketika membeli tiket secara online, pembayaran bisa dilakukan melalui beberapa cara, misalnya lewat transfer bank, atau menggunakan kartu kredit.

Setelah melakukan pembayaran, kode booking akan diberikan. Kode booking adalah kode tiket. Kode ini sifatnya rahasia. Jangan diunggah ke media sosial.

Oia, ketika membeli tiket pesawat pastikan semua data yang diberikan adalah data yang benar. Karena naik pesawat itu harus cocok antara nama yang terdaftar di kode booking, dan nama penumpangnya yang akan dibuktikan dengan kartu identitas.

Tidak Membawa Barang Terlarang

Jadi ketika naik pesawat, selain jumlah barang bawaan dibatasi berat maksimalnya, juga dibatasi jenis barangnya. Tidak semua barang boleh dibawa naik pesawat.

Barang-barang yang tidak boleh dibawa naik ke dalam pesawat bisa dilihat di video berikut ini:

Datang ke Bandara Lebih Awal

Nah pada tanggal keberangkatan sesuai yang tercetak di tiket, sebaiknya datang ke bandara lebih awal. Ingat prinsip 3-2-1.

  • 3 –> Datanglah ke bandara 3 jam sebelum jam keberangkatan pesawat. Dengan datang lebih awal, maka nantinya tidak tergesa-gesa dalam melakukan check in dan masuk ke ruang tunggu keberangkatan.
  • 2 –> Segera lakukan check-in  ke counter maskapai penerbangan yang akan digunakan 2 jam sebelum jam keberangkatan pesawat.
  • 1 –> Pastikan 1 jam sebelum keberangkatan pesawat, sudah masuk ke ruang tunggu sesuai gate keberangkatan. Ingat bahwa di bandara itu ada banyak gate / terminal, jangan sampai salah masuk ya. Gate keberangkatan dapat dilihat di boarding pass yang didapatkan setelah melakukan check in tadi.

A post shared by Perhubungan Udara (@djpu151) on

Tidak Bercanda yang Membahayakan

Pernah dengar berita ada penumpang pesawat ditahan karena bercanda tentang bom? Nah, jangan sampai melakukan hal itu. Bercanda tentang bom, meskipun hanya bercanda, itu dapat menimbulkan kepanikan bagi penumpang lain dan kru penerbangan.

A post shared by Perhubungan Udara (@djpu151) on

Orang yang bercanda tentang bom dapat diancam dengan hukuman pidana hingga 1 tahun kurungan. Ini mengacu pada UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Pasal 437, yang berbunyi:

(1) Setiap orang menyampaikan informasi palsu yang
membahayakan keselamatan penerbangan sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 344 huruf e dipidana dengan
pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.

(2) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada
ayat (1) mengakibatkan kecelakaan atau kerugian harta
benda, dipidana dengan pidana penjara paling lama 8
(delapan) tahun.

(3) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada
ayat (1) mengakibatkan matinya orang, dipidana dengan
pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun.

Nah ternyata ancaman hukumannya sangat serius kan? Makanya jangan sampai sekali-kali bercanda yang membahayakan ketika naik pesawat!

Perhatikan Instruksi Keselamatan Penerbangan

Sebelum pesawat mulai terbang, biasanya akan ada petugas atau pramugari yang menjelaskan tentang keselamatan penerbangan. Perhatikan baik-baik setiap instruksi yang diberikan.

Beberapa instruksi yang diberikan misalnya:

  1. bagaimana cara mengencangkan sabuk keselamatan yang harus dipakai selama penerbangan,
  2. di mana letak pintu darurat di dalam pesawat ini, bagaimana cara membukanya, dan bagaimana cara keluar dari pintu darurat tersebut
  3. di mana letak jaket pelampung dan bagaimana menggunakannya
  4. bagaimana jika tekanan udara di dalam pesawat tiba-tiba turun dan harus memakai alat bantu pernafasan
  5. dan informasi tambahan yang lain.

Selain instruksi yang diberikan oleh pramugari, biasanya di dalam pesawat juga sudah ada buku panduan untuk menghadapi kondisi darurat. Baca dan fahami buku tersebut jika ada.

Jangan Lupa Berdoa

Ketika sudah masuk ke dalam pesawat, dan pesawat bersiap untuk lepas landas, sempatkan untuk berdoa, memohon kepada Allah semoga penerbangan berjalan dengan selamat, aman dan nyaman!

Nah supaya mendapatkan informasi yang bermanfaat seputar penerbangan, ayo bergabung menjadi #SobatAviasi dengan mem-follow akun instagram @djpu151 dan like facebook fans page @djpu151  dan jangan lupa kunjungi website selamanya.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Selamat mudik lebaran, salam untuk keluarga di kampung halaman! 🙂

19 Comments

  1. .Rani R Tyas 15/06/2017
    • budiono 17/06/2017
  2. Farhan 15/06/2017
  3. pringadi 15/06/2017
    • budiono 17/06/2017
  4. Nurulrahma 15/06/2017
  5. Ardiba 16/06/2017
    • budiono 17/06/2017
  6. Nusantara Adhiyaksa 16/06/2017
    • budiono 17/06/2017
  7. Yulia Octaviana W 16/06/2017
    • budiono 17/06/2017
    • budiono 17/06/2017
  8. Nurul Komariyah 18/06/2017
  9. Evi Sri Rezeki 22/06/2017

Leave a Reply