Cara Menentukan Arah Qiblat dengan Mudah

Cara menentukan arah qiblat yang paling lazim dilakukan sejak dulu adalah menunggu waktu ketika matahari tepat berada di atas Ka’bah. Maka saat itu, banyangan semua benda menunjukkan arah qiblat yang benar.

Kapan matahari berada tepat di atas Ka’bah? Biasanya akan ada beritanya di koran-koran, atau di media online, atau di grup-grup WhatsApp. Viral menyebar dari satu grup ke grup lain.

Biasanya disertai ajakan untuk membetulkan arah qiblat di masjid ataupun mushola. Maka jangan heran ketika mendatangi masjid-masjid yang usianya cukup tua, biasanya akan ada koreksi garis shaf sholat. Maklum saja, waktu masjid itu dibangun, arah qiblat hanya diperkirakan. Belum tahu cara menentukan arah qiblat yang pasti pas.

Apa itu Qiblat?

Arah qiblat merupakan arah yang sangat penting bagi umat islam di seluruh dunia. Ketika mendirikan sholat, seorang muslim wajib menghadap ke arah qiblat ini.

cara menentukan arah qiblat

Titik yang menjadi qiblat adalah titik di mana Ka’bah / Kaabah berada. Ka’bah berada di tengah-tengah Masjidil Haram di Makkah Al Mukaromah, Kerajaan Saudi Arabia.

Jika dilihat dari titik lintang dan bujur, lokasi Ka’bah berada di titik Latitude  / Lintang  21.4224779 Longitude / Bujur 39.8251832.

Yang perlu dicatat, meskipun sholat menghadap qiblat, bukan berarti seorang muslim ketika sholat diartikan menyembah Ka’bah. Bukan! Yang disembah tetaplah Allah. Namun Allah telah menentukan 1 titik untuk menjadi qiblat, maka umat islam wajib mengikutinya.

Sebenarnya lagi, meskipun arah qiblat itu sudah ditentukan, namun bukan berarti yang tidak pas arah qiblatnya maka sholatnya tidak sah. Insya Allah tetap sah. Namun alangkah lebih sempurnanya jika kita menghadap qiblat dengan tepat.

Cara Menentukan Arah Qiblat dengan Qibla Finder by Google

Nah sekarang ada cara menentukan arah qiblat dengan sangat mudah, yaitu menggunakan Qibla Finder. Aplikasi ini bisa diakses melalui desktop maupun web browser di smartphone.

qibla finder desktop

Cara kerja Qibla Finder ini adalah menarik garis lurus di atas Google Maps dari titik lokasi Ka’bah menuju titik di mana kita berada. Nah, titik di mana kita berada bisa diset secara manual dengan menggeser drop pin / place marker, maupun dideteksi secara otomatis oleh GPS yang ada di smartphone.

qibla finder android

Nah karena permukaan bumi itu tidaklah datar, melainkan melengkung membentuk bola pepat, maka untuk menentukan arah yang tepat digunakanlah rumus haversine. Tapi rumus itu sudah dimasukkan ke dalam kode program yang dibuat oleh Google, kita tidak perlu pusing menghitungnya karena data yang tampil di Qibla Finder adalah data siap pakai dan Insya Allah valid.

Satu lagi, karena aplikasi Qibla Finder ini menggunakan informasi dari GPS, maka pastikan bahwa GPS yang ada di smarphone kamu telah dikalibrasi dengan valid. Jika tidak, nanti akan terjadi kesalahan dalam mengidentifikasi titik di mana kamu berada.

qibla finder apps android google play

Sebagai penutup, sebenarnya aplikasi qibla finder seperti ini sudah banyak di Google Play Store. Silakan dicari sendiri dengan memasukkan kata kunci “qibla finder” maka akan muncul segudang aplikasi yang memiliki fungsi serupa.

Selamat mencoba. Semoga tidak ada lagi kendala dalam menentukan arah kiblat yang pas. Dan yang penting, sholatlah dengan khusyu’ 🙂

2 Comments

  1. Nurul Rahmawati 12/06/2017
  2. Nusantara Adhiyaksa 16/06/2017

Leave a Reply