Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Mudik Lebaran

Alhamdulillah Ramadhan 1438 Hijriyah telah berjalan lebih dari setengah bulan. Artinya tidak lama lagi kita akan memasuki musim mudik lebaran. Bagi yang masih memiliki orang tua dan kerabat di desa, mudik lebaran bisa menjadi ajang silaturahmi yang pantang untuk dilewatkan.

Nah supaya mudik lebaran berjalan dengan lancar dan sukses, sebaiknya direncanakan dan dipersiapkan sejak awal. Hari-hari ini adalah hari yang pas untuk mulai melakukan persiapan jelang mudik lebaran.

Saya telah membuat daftar 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik lebaran, supaya nanti mudiknya berjalan dengan menyenangkan dan menimbulkan kesan yang positif bagi orang tua dan saudara-saudara di desa.

#1. Persiapkan Kendaraan

Untuk mudik dari kota ke desa, kita tentu membutuhkan kendaraan yang aman dan nyaman. Bagi yang mudiknya sendiri, mungkin cukup dengan naik sepeda motor atau kendaraan umum. Tapi bagi yang sudah berkeluarga dan akan mudik bersama istri dan anak-anak, membawa kendaraan pribadi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah apapun kendaraan yang akan digunakan untuk mudik nanti, sebaiknya sudah dipersiapkan sejak awal.

mudik lebaran

Bagi yang akan mudik naik motor, pastikan motornya sudah menjalani perawatan berkala. Pastikan juga roda-rodanya layak untuk dipakai perjalanan jauh. Kalau sudah tipis, segera ganti yang baru. Jangan nunggu mendekati lebaran, bisa-bisa nanti malah sudah pada tutup tokonya. Pastikan juga lampu utama dan lampu sein semuanya masih normal. Aki juga harus dicek, kalau sudah mau soak, segera diganti.

Bagi yang akan mudik menggunakan kereta api dan pesawat, pastikan hari ini sudah memegang tiketnya. Maklum saja, musim mudik begini biasanya tiket angkutan umum sudah ludes sejak sebelum Ramadhan. Kalau mau naik bus, persiapan dilakukan dengan memastikan nanti akan menuju terminal busnya naik apa dan jam berapa.

Kalau mau bawa mobil pribadi, hampir sama dengan bawa motor, pastikan bahwa mobil sudah mendapatkan perawatan berkala untuk memastikan kondisi mobil siap dipakai untuk perjalanan jauh.

#2. Persiapkan Barang Bawaan

Barang bawaan tentunya disesuaikan dengan berapa ‘pasukan’ yang akan turut serta dalam mudik kali ini dan berapa lama rencananya akan tinggal di desa. Apakah akan mudik membawa anak kecil atau bayi? Jika iya, pastikan kebutuhannya selama perjalanan sudah dibikin daftarnya, juga kebutuhan selama di tempat tujuan mudik.

zalora baju lebaran

Barang bawaah ini termasuk jika nanti ingin berlebaran menggunakan baju baru. Jika belum berburu baju lebaran, hari ini adalah hari yang pas untuk berbelanja baru lebaran. Jangan menunggu mepet, karena biasanya makin mepet maka makin ramai pula pusat-pusat perbelanjaan yang biasanya menjual baju lebaran.

Tapi jaman sekarang sebenarnya berburu baju lebaran tidak harus mendatangi pusat perbelanjaan. Kalau siangnya sibuk bekerja di kantor, dan waktunya hanya malam hari saja, saran saya sih sebaiknya beli baju lebaran secara online saja. Dan hari-hari ini adalah waktu yang tepat untuk berburu baju lebaran secara online, supaya nanti sebelum lebaran bajunya sudah sampai di alamat tujuan.

Buat yang mau beli baju lebaran secara online, pastikan berbelanja di situs yang terpercaya. Maklum saja, sudah banyak cerita orang beli baju online tapi barangnya gak sesuai, atau malah gak dikirim. Ya itu kalau belinya di tempat yang gak jelas.

Salah satu langganan saya kalau mau berbelanja kebutuhan fashion, termasuk baju lebaran, adalah di ZALORA. Koleksi bajunya bagus-bagus, dan menurut pengalaman, apa yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang kita pesan. Dan yang penting lagi, pengirimannya tepat waktu.

Nah, baju lebaran sudah beres ya. Jangan lupa juga bawa oleh-oleh untuk orang tua dan saudara-saudara di desa. Oleh-oleh tidak harus banyak dan mahal. Yang penting menunjukkan ketulusan kita dalam memberikan perhatian kepada orang-orang yang kita sayangi.

Dari semua barang bawaan yang akan dibawa tadi, pastikan juga semuanya akan mudah dibawa. Baik nanti mudiknya naik motor, naik kendaraan umum, atau bawa mobil sendiri.

#3. Persiapkan Rute Perjalanan

Nah ini khususnya yang mau mudik menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor maupun mobil. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, tentu sudah hafal mana-mana saja yang biasanya macet. Maka perlu mengetahui rute perjalanan alternatif seandainya menghadapi kemacetan yang parah lagi.

peta mudik lebaran

Untuk membantu mempersiapkan rute alternatif, biasanya saya menggunakan bantuan Google Maps. Hampir semua jalan yang bisa dilewati mobil di Indonesia ini, sekarang sudah bisa dilihat di Google Maps, termasuk jalan di desa-desa.

Nah kalau nanti akan mengandalkan Google Maps secara langsung, maka perlu juga persiapan tambahan berupa paket data yang cukup banyak. Atau kalau mau hemat paket data, bisa download offline maps terlebih dahulu pada kota-kota yang akan dilewati nantinya.

Beberapa orang mungkin tidak terbiasa melihat ke layar smartphone sambil mengemudi. Maka alternatifnya mencetak peta dari Google Maps menggunakan printer ke kertas yang mudah dibawa. Begitu bingung, langsung buka peta!

#4. Persiapkan Fisik dan Mental

Nah selain mempersiapkan kendaraan, barang bawaan dan rute yang akan dilalui, mempersiapkan fisik dan mental ini juga tidak kalah penting.

Persiapan fisik ini khususnya bagi yang akan mudik mengemudikan motor atau mobil sendiri. Butuh kondisi fisik yang prima. Jaga kondisi tubuh supaya tetap dalam kondisi fit ketika akan mudik.

olahraga rutin

Untuk menjaga kondisi fisik supaya tetap fit, menjaga asupan nutrisi selama berpuasa sangatlah penting. Makanlah makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Juga lakukan olahraga secara teratur.

Untuk persiapan mental ini, misalnya nanti di kampung akan menghadapi berbagai pertanyaan yang menohok, seperti: kapan kawin, kapan punya anak, kapan nambah anak lagi, kapan mudik bawa mobil sendiri, kapan ganti mobil, dan sebagainya.

Tidak bisa dihindari, ketika bertemu orang banyak, mungkin saja pertanyaan menyedihkan seperti itu akan muncul. Jangan emosi. Tetap stay cool aja dan jawablah dengan santai sambil minta didoakan untuk bisa mewujudkan apa yang dipertakan tersebut. Kalau dihadapi dengan emosi, nanti malah kita sendiri yang rugi.

#5. Persiapkan Kondisi Darurat

Nah perjalann jauh tidak selamanya akan lancar. Selama perjalanan mudik, mungkin kita akan menghadapi kondisi darurat.

Kondisi darurat itu misalnya tiba-tiba ban bocor di jalan padahal sebelumnya sudah dipastikan kondisi ban masih bagus. Maka buat yang bawa mobil, perlu juga memastikan bahwa ban serep sudah dipompa dan kondisinya masih bagus. Bawa juga kunci-kunci, dongkrak dan segi tiga tanda bahaya untuk dipergunakan jika sewaktu-waktu harus ngeban.

kondisi darurat mobil ganti ban

Kondisi darurat yang lain misalnya mengalami, atau menjumpai sebuah kecelakaan. Maka selalu sedia kotak obat-obatan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) dan pastikan isinya masih lengkap dan belum kedaluwarsa. Sebaiknya tidak membeli paket P3K, tapi belilah satu per satu: betadine, kapas steril, kasa steril, plester, rivanol dan sebagainya.

Nah yang juga perlu dibawa untuk menghadapi kondisi darurat adalah obat-obatan yang biasa kita konsumsi secara rutin, atau sesekali dibutuhkan. Misalnya sering masuk angin, maka jangan lupa bawa obat masuk angin. Punya sakit maag, maka selalu bawa obat maag. Sakit asma, maka pastikan membawa semprotan untuk memperlancar pernafasan. Atau jika perlu bawa alat untuk nebulizer jika sebelumnya punya riwayat sesak nafas yang muncul tiba-tiba dan membutuhkan pertolongan segera.

 

Nah itu tadi 5 hal yang perlu dipersiapkan sejak awal sebelum mudik lebaran. Mungkin ada hal lain yang juga membutuhkan persiapan sejak awal, silakan dibikin sendiri daftarnya dan dipersiapkan sejak dini, supaya mudiknya nanti aman, nyaman, lancar dan menyenangkan.

Selamat berpuasa dan selamat menyambut mudik lebaran ya!

2 Comments

  1. Nurulrahma 09/06/2017
  2. Munasyaroh 12/06/2017

Leave a Reply