Kopdar dengan Menkominfo Rudiantara di Surabaya

Ketika sedang jalan-jalan di Siola untuk menyaksikan pameran kreativitas Arek Suroboyo dalam Surabaya Geek Fest 2017, saya mendapatkan telepon dari Pak Suhardi dari Kementerian Kominfo, mengabarkan bahwa Rabu depan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) akan ke Surabaya, dan ingin makan siang sambil ngobrol santai bersama beberapa blogger.

Setelah telepon ditutup, saya langsung menghubungi beberapa orang blogger dari Surabaya dan sekitarnya yang sekiranya dapat diajak ngobrol tentang hal terkait komunikasi dan informatika, serta memiliki waktu luang pada tanggal dan jam yang ditentukan.

Pertemuan Berlangsung Gayeng

Rabu 24 April 2017 kemarin saya meluncur ke hotel JW Marriott di Jl. Embong Malang bersama Dhadhang dan Gilang. Kami langsung menuju ke lantai 3, tempat berlangsungnya kopdar. Tidak lama berselang, blogger yang lain juga datang.

Di lokasi, kami sudah ditunggu oleh Ibu Katmi dari Kementerian Kominfo beserta tim.

kopdar dengan menkominfo di surabaya

Foto: Chief Rudiantara bersama para Blogger Surabaya (dok pribadi)

Para blogger yang ikut dalam kopdar dengan Menkominfo kemarin ada yang dari Surabaya (Saya sendiri, Cak Dhadhang, Cak Yuka, Ning Sylvia, Ning Nurul Rahma, Cak Avy dan Ning Lisa Maulida), Sidoarjo (Ning Avy dan Cak Dito Kartiko), Madura (Ahmad Sayadi, Ilham Bagus, Vivi Lutviana, Fadli dan Lukman Aldiansyah), Pasuruan (Entas Suliana) dan Malang (Hery S dan Gilang).

Sambil menunggu Pak Menteri yang masih ada acara di lantai 1 bersama Pak Johan Budi (Staff khusus Presiden Jokowi bidang Komunikasi) untuk memberikan pengarahan kepada Kepala Dinas Kominfo se Jawa Timur, para blogger ngobrol santai sambil menikmati snack dan makan siang yang telah disiapkan pihak hotel.

Pukul 14.00 Bapak Menteri Rudiantara masuk ruangan kopdar dan langsung menghampiri satu per satu dan bersalaman dengan para blogger yang sedang asik ngobrol. Sebenarnya pihak panitia telah menyiapkan meja di depan, namun Pak Menteri memilih nimbrung di meja kami.

Obrolan berlangsung dengan santai dan gayeng. Chief Rudiantara memancing dengan pertanyaan tentang apa isu yang lagi hangat di kalangan blogger. Saya katakan bahwa kami sedang resah dan gelisah tentang maraknya HOAX yang kian ganas menyebar melalui berbagai media.

Selain membahas tentang hoax, kami juga berdiskusi tentang maraknya konten negatif di internet. Kami sepakat bahwa untuk menghadapi konten negatif tidak cukup dengan aksi blokir memblokir oleh Menkominfo, namun harus disertai dengan peningkatan kuantitas dan kualitas konten positif. Dan blogger mestinya berperan besar dalam penciptaan konten positif tersebut.

kopdar blogger menkominfo

Tanpa terasa diskusi santai berjalan lebih dari 30 menit dan Chief harus pamit karena mengejar penerbangan pukul 15.00, yang artinya itu kurang dari 30 menit lagi. Tidak lupa kami melakukan foto bersama, dan setelahnya para blogger mengajak Chief untuk ber-swa foto (selfie).

Oia, di akhir diskusi, Chief Rudiantara menantang Blogger Surabaya untuk membuat kegiatan dalam waktu dekat. Oke Chief, akan kami siapkan dulu ya kegiatannya, nanti kami kabari. Insya Allah..

6 Comments

  1. Mbak Avy 03/06/2017
  2. Nurul Rahmawati 03/06/2017
  3. namakuyuka 03/06/2017
  4. khuclukz 04/06/2017
  5. Munasyaroh 09/06/2017
  6. ALAM 12/06/2017

Leave a Reply