Jimly School of Law and Government Dibuka di Surabaya

Jimly School of Law and Government Surabaya diresmikan pembukaanya di Gedung Srijaya hari ini Jumat 19 Mei 2019 oleh Syaifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur didampingi oleh Chandra Srijaya, Prof Jimly Asshiddiqie, Dr. Hesti Armiwulan dan beberapa undangan kehormatan dari pemerintahan, kampus, TNI dan Polri. Ratusan undangan dari berbagai institusi turut menyaksikan peresmian tersebut.

jimly school of law and government surabaya

Dalam sambutan pembuka, Prof Jimly mengaku bahwa dirinya tidak berbakat jika harus menjadi advokat, namun punya minat yang besar di bidang pendidikan. Sebelumnya Prof Jimly menjadi pembina di Sekolah Al Azhar di seluruh Indonesia. Kini beliau mewakafkan namanya untuk kemajuan pendidikan hukum di Indonesia.

Dunia hukum di Indonesia, menurut Prof Jimly, sedang menghadapi tantangan yang berat karena tidak jarang menjadi alat politik dan jadi alat para pemilik modal. Maka dunia hukum membutuhkan SDM yang berintegritas.

jimly school law government

Di sisi lain, lulusan-lusan baru dari fakultas hukum umumnya baru pandai bicara tentang hukum, namun belum siap jika harus terjun langsung ke lapangan menghadapi problem hukum betulan.

Dengan hadirnya Jimly School of Law and Government Surabaya ini, selain meningkatkan kapasitas SDM hukum di lembaga pemerintahan dan legislatif, diharapkan juga akan menjadi jembatan antara dunia kampus dengan dunia hukum yang sebenarnya.

Jimly School of Law and Government Fokus di Pendidikan Vocational

Hadirnya Jimly School of Law and Government ini juga sejalan dengan program Kemristekdikti untuk meningkatkan pendidikan vocational. Nantinya Jimly School of Law and Government akan menyelenggaraan program-program pelatihan bersertifikat sesuai dengan kebutuhan nyata di lingkungan pemerintahan dan legislatif.

Lebih jauh lagi, Jimly School of Law and Givernment memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran hukum di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sebenarnya Jilmy School of Law and Government ingin menghadirkan program S3, namun secara ketentuan hal tersebut tidak memungkinkan karena untuk dapat menyelenggarakan S3 harus mulai dari S1 dan S2 dulu. Terlalu panjang prosesnya.

Maka Jimly School of Law and Government akan fokus pada pendidikan vocational dan akan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan dampak seluas-luasnya bagi meningkatnya kesadaran hukum di Indonesia.

Syaifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan sangat gembira dengan hadirnya Jimly School of Law and Government di Surabaya. Penyusunan perda baik di tingkat provinsi maupun kabupaten seringkali butuh proses yang panjang, dan salah satu sebabnya kemampuan legal drafting yang masih kurang.

Maka nanti sangat perlu bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengirimkan pegawainya belajar ke Jimly School of Law and Government. Gus Ipul juga menyampaikan terimakasih kepada Chandra Srijaya karena telah mebantu berdirinya Jimly School of Law and Government di Surabaya.

Dilanjut dengan Diskusi

Pembukaan Jimly School of Law and Government Surabaya hari ini dilaksanakan di Gedung Srijaya lantai 6 mulai pukul 09.30. Seremoni peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Gus Ipul sebanyak 3 pukulan dan Prof Jimly sebanyak 2 pukulan. Acara dilanjutkan dengan diskusi “Membangun Pemerintahan Daerah yang Mandiri dan Profesional melalui Peningkatan Kualitas SDM” menghadirkan nara sumber dari Kemendagri, Kemenkumham dan Prof Jimly sendiri.

budiono sukses

Setelah semua nara sumber menyampaikan gagasannya, Dr. Hesti Armiwulan Direktur Jimly School of Law and Government Surabaya yang bertindak selaku moderator, memberikan kesempatan kepada hadirin untuk bertanya kepada nara sumber. Ternyata banyak pertanyaan mengarah ke Prof Jimly selaku mantan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Dalam diskusi tadi Prof Jimly memberikan catatan penting yaitu bagaimana cara memandang konstitusi secara benar. Yaitu bacalah konstitusi dengan hati. Bacalah konteksnya, bukan hanya teksnya. Jika hanya mempelajari tulisannya saja, gramatikalnya saja, maka seringkali orang akan gagal dalam memahami sebuah hukum. Dalam hal ini, MK memiliki peran sangat strategis.

Alamat Jimly School of Law and Government Surabaya

Bagi pihak yang ingin bekerjasama dengan Jimly School of Law and Government dapat langsung datang ke kantornya di Gedung Srijaya lantai 4 Jalan Mayjend Sungkono 212-214 Surabaya, atau menghubungi telepon 031-5662155 email: jimlyschoolsby@gmail.com

One Response

  1. seHARIADI 30/05/2017

Leave a Reply