Festival Rujak Uleg 2017 Surabaya Meriah Pol Rek!

Festival Rujak Uleg 2017 digelar hari ini, Minggu 14 Mei, di sepanjang jalan Kya Kya Kembang Jepun. Ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan hari jadi Kota Surabaya ke-724.

festival rujak uleg 2017

Foto: Pembukaan Festival Rujak Uleg 2017 (Kompol Saharna via Grup WA “Komunitas Pecinta Radio Surabaya”)

Festival Rujak Uleg 2017 hari ini dihadiri Ibu Tri Rismaharini Walikota Surabaya dan undangan kehormatan dari Konsulat Jenderal negara sahabat. Dalam sambutannya, Ibu Walikota mengingatkan bahwa rujak uleg merupakan tradisi dan warisan budaya yang perlu dilestarikan. Oleh karena itu Pemkot Surabaya selalu memasukkan Festival Rujak Uleg dalam agenda tahunannya.

festival rujak uleg 2017

Foto: Ibu Tri Rismaharini memberikan sambutan (@Pitalocadiyah via Instagram)

Setelah memberikan sambutan singkat, Bu Risma didampingi undangan kehormatan menuju sebuah cobek raksasa kemudian nguleg bumbu rujak bersama-sama dengan peserta yang lain untuk menandai dibukanya Festival Rujak Uleg 2017.

festival rujak uleg 2017

Foto: Cobek raksasa dengan 15 uleg-uleg (@isroafadillah via Instagram)

festival rujak uleg 2017 bu risma

Foto: Ibu Tri Rismaharini Walikota Surabaya nguleg rujak bersama-sama (Yuka via “Surabaya Kuliner”)

Peserta tampak sangat antusias meskipun cuaca di lokasi cukup panas. Dalam festival rujak uleg ini peserta akan dinilai dari beberapa hal. Selain rasa rujak yang dihasilkan, kostum dan penampilan stand juga akan dinilai. Tak heran peserta nampak menggunakan kostum yang unik-unik dan menghias stand dengan berbagai tema.

festival rujak uleg 2017

Foto: Ibu Heather Variava Konjen Amerika Serikat juga ikut nguleg rujak (Yuka via “Surabaya Kuliner”)

Peserta Festival Rujak Uleg ini selalu bertambah dari tahun ke tahun. Menurut Widodo Suryantoro Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, tahun lalu jumlah peserta sekitar 1300 orang, sedangkan hari ini peserta yang sudah mendaftar ke panitia sudah lebih dari 1500 orang.

Para peserta akan nguleg rujak dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3 sampai 5 orang. Selain mewakili kampung masing-masing, juga ada kelompok yang mewakili komunitas, perusahaan dan instansi pemerintahan.

Festival Rujak Uleg 2017 Sukses Tarik Wisatawan

Acara ini juga berhasil menjadi daya tarik pariwisata Surabaya. Ribuan penonton tampak sudah mulai memadati acara sejak pagi hari. Tidak hanya warga Surabaya, dari plat nomor kendaraan yang terparkir, rupanya banyak juga pentonton yang sengaja datang dari luar kota untuk melihat festival rujak satu-satunya di dunia ini.

festival rujak uleg 2017

Foto: Kostum unik peserta Festival Rujak Uleg 2017 (Genpi Jatim via Twitter)

Beberapa wisatawan mancanegara juga tampak berseliweran di lokasi. Bahkan ada yang ikut membaur bersama peserta, nguleg rujak bersama-sama. Tentu saja bagi para wisatawan ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan diharapkan mereka akan berkunjung lagi ke Surabaya tahun depan membawa serta teman-teman dan keluarga dari negara asalnya sana.

Untuk meningkatkan daya tarik Festival Rujak Uleg, tahun ini panitia juga menyiapkan acara tambahan berupa fashion show. Nantinya peserta dengan kostum unik akan berlenggak-lenggok di atas panggung.

festival rujak uleg 2017

Foto: Peserta Festival Rujak Uleg 2017 membeludak! (@MPMHondaJatim via Instagram)

Festival Rujak Uleg 2017 ini juga mendapatkan perhatian dari pegiat online di Surabaya. Mereka secara sukarela mengunggah berbagai foto dari lokasi ke akun media sosial mereka dan memberikan tanda pagar (hashtag) #FestivalRujakUleg dan #FestivalRujakUleg2017 dengan jumlah postingan yang jauh lebih banyak dibanding tahun lalu, baik melalui instagram maupun twitter.

Makin banyaknya postingan di media sosial bisa menjadi indikator bahwa festival ini makin diminati peserta dan wisatawan. Selain itu, postingan di media sosial ternyata juga cukup efektif untuk mengabarkan ke dunia dan menarik lebih banyak pengunjung.

Saya sempat mengamati hashtag tersebut sejak pagi, dan dari komentar yang ada, beberapa netizen baru tahu bahwa hari ini ada Festival Rujak Uleg dan mereka menyatakan akan segera meluncur ke lokasi. Ada juga yang menyesal karena baru tahu, sedangkan ia sedang berada di luar kota sehingga tidak bisa melihat langsung.

Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi panitia untuk penyelenggaraan tahun depan bahwa promosi acara terkait peringatan hari jadi Kota Surabaya bisa lebih digencarkan lagi jauh hari sebelum acara. Gandeng saja komunitas netizen yang ada di Surabaya, misalnya komunitas blogger atau komunitas instagram. Tentu mereka akan senang jika dilibatkan!

4 Comments

  1. Nyonyakece 14/05/2017
  2. Nurulrahma 14/05/2017
  3. Annafi 16/05/2017
  4. Mbak Avy 16/05/2017

Leave a Reply