Surabaya Patata, Oleh-oleh Surabaya Terbaru

Surabaya Patata. Mendengar namanya saya langsung menduga bahwa patata ini sama artinya dengan potato yang artinya kentang. Ternyata benar. Dalam pembukaan Surabaya Patata hari ini (Sabtu 13 Mei 2017), Ria Ricis salah satu owner Surabaya Patata menjelaskan kepada awak media dan blogger bahwa patata diambil dari bahasa Spanyol yang artinya kentang.

Surabaya Patata memang terbuat dari kentang. Menurut selebgram dengan follower lebih dari 6 juta itu, pemilihan kentang sebagai bahan baku memang disengaja supaya Surabaya Patata memiliki keunikan dibanding oleh-oleh Surabaya yang lain.

surabaya patata

Foto: Ria Ricis disaksikan pembeli, bersiap melakukan potong pita (dok pribadi)

Pembukaan Surabaya Patata hari ini dilaksanakan pada pukul 09.30 di outlet Surabaya Patata Jl. Dharmahusada 187. Prosesi pembukaan dimulai dengan doa untuk kesuksesan Surabaya Patata dan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ria Ricis sendiri.

Surabaya Patata Langsung Diserbu Pembeli

Rupanya rencana pembukaan Surabaya Patat oleh Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi sudah menyebar ke mana-mana sejak beberapa hari sebelumnya. Dan rupanya warga Surabaya menyambut dengan antusias pembukaan Surabaya Patata sebagai oleh-oleh Surabaya terbaru ini.

surabaya patata

Foto: mbak cantik yang akan melayani pembeli Surabaya Patata (dok pribadi)

Terbukti ketika hari pembukaan, ratusan calon pembeli sudah memadati lokasi sejak pukul 8 pagi. Padahal di berbagai spanduk dan poster di medsos disebutkan bahwa open gate akan dimulai pukul 10.00. Ini menunjukkan bahwa kehadiran Surabaya Patata disambut baik oleh masyarakat.

 

surabaya patata oleh oleh surabaya

Foto: Seorang blogger bernama Syarifani juga minta selfie sama Ria Ricis (dok pribadi)

Begitu gate dibuka tepat pukul 10.00, para pembeli dipersilakan masuk satu per satu ke dalam toko dan akan dilayani langsung oleh Ria Ricis. Tidak menyia-nyiakan kesempatan, para pembeli juga minta foto bersama artis yang belum lama ini meluncurkan film berjudul “Selebgram” itu. Ria Ricis tampak melayani pembeli dengan penuh suka cita.

oleh oleh surabaya patata

Foto: mbak-mbak dari Pelambang yang rela hadir jauh-jauh demi ketemu Ria Ricis (dok pribadi)

Yang mengejutkan, rupanya calon pembeli tersebut tidak hanya datang dari Surabaya. Ada sekelompok mbak-mbak cantik yang mengaku datang jauh-jauh dari Palembang hanya karena ingin menjadi pembeli pertama Surabaya Patata dan bertemu Ria Ricis artis idolanya! Wow!

Begitu mendapatkan kesempatan bertemu langsung dengan Ria Ricis, mbak-mbak ini tampak sangat gembira bercampur grogi. Setelah membeli Surabaya Patata beberapa box, ia langsung minta berfoto bersama Ria Ricis. Seru juga menyaksikan momen pertemuan antara fans dengan artis idolanya.

surabaya patata

Foto: saya sedang selfie sama Ria Ricis (Yuka via Facebook)

Sayapun tak mau ketinggalan. Supaya kekinian, saya juga berselfie ria dengan Ria Ricis yang selalu punya gaya yang unik itu. Kalau lihat Youtube atau Instagramnya, jadi heran sendiri, kok bisa si Ria Ricis tidak pernah kehabisan gaya!

surabaya patata

Foto: Budiono Sukses blogger Surabaya sedang selfie sama Ria Ricis owner Surabaya Patata (dok Pribadi)

Setelah berselfie ria, saya sempat ngobrol 4 mata dengan Ria Ricis, menanyakan mengapa ia memilih berbisnis kuliner. Ia menjawab dengan ramah, bahwa sebenarnya ini bukan bisnisnya yang pertama. Sebelumnya ia sudah punya bisnis fashion. Kemudian melihat kawan artis yang lain pada sukses bikin usaha kuliner, maka Ria Ricis bersama sang kakak, Oki Setiana Dewi, bersepakat untuk mendirikan Surabaya Patata.

Pemilihan nama Surabaya Patata sendiri, masih menurut Ria Ricis, selain karena bahan bakunya terbuat dari kentang, penyebutan PATATA juga terdengar lucu. Dia suka dengan nama itu, maka dipakailah nama Surabaya Patata sebagai brand bisnisnya.

Saya tanya lagi apakah ada rencana membuka gerai serupa di kota lain, Ria Ricis menjawab bahwa karena namanya Surabaya Patata, maka ia ingin Surabaya Patata ini hanya ada di Surabaya. Kalau toh buka gerai lagi ya harus tetap di Surabaya. Harapannya Surabaya Patat benar-benar menjadi oleh-oleh Surabaya.

Aamiin, semoga sukses ya Ria Ricis!

Oleh-Oleh Surabaya Terbaru

Ketika berkunjung ke sebuah kota, hal yang biasanya kita lakukan adalah berburu oleh-oleh kota tersebut untuk diberikan kepada orang-orang dekat di kantor maupun keluarga di rumah. Kadang yang akan kita beri oleh-oleh berpesan supaya membawa oleh-oleh yang unik, yang baru, jangan yang itu-itu saja. Sudah bosan!

Foto: tumpukan Surabaya Patata yang siap dibawa sebagai oleh-oleh Surabaya (dok pribadi)

Menjawab kebutuhan akan oleh-oleh terbaru tersebut, Surabaya Patata hadir dengan konsep yang berbeda baik dari segi bahan baku, penampilan luar, tekstur maupun varian rasa. Tidak tanggung-tanggung, Surabaya Patata langsung meluncurkan 5 varian rasa yang semuanya enak. Saya sudah membuktikan sendiri!

Maka buat kalian yang sedang berkunjung ke Surabaya, pastikan bahwa Surabaya Patata menjadi oleh-oleh wajib yang akan kamu persembahkan ke orang tersayang di rumah, maupun kawan-kawan di kantor atau juga kampus.

Varian Rasa Surabaya Patata

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Surabaya Patata memiliki 5 varian rasa yang semuanya saya jamin enak banget. Saya sudah mencicipi semua varian rasa tersebut, jadi bisa memberikan testimoni yang sejujurnya. Hehehe…

Varian rasa Surabaya Patata yang 5 itu adalah: Black Patata, Green Tea Patata, Cheese Patata, Nutella Patata dan Banana Peanut Patata. Sudah mulai terbayang kelezatannya?

surabaya patata slice

Foto: 5 varian rasa Surabaya Patata (dok pribadi)

Oia sebelum membahas varian rasanya, saya mau cerita dulu bahwa Surabaya Patata ini wujudnya berupa cake yang lembut berbentuk bulat. Diameternya sekitar 18 centimeter dengan ketebalan sekitar 10 centimeter. Bahan utama Surabaya Patata adalah tepung kentang sehingga rasa kentangnya cukup terasa.

Di lapisan tengah Surabaya Patata ini ada isian berupa adonan dengan konsistensi lebih lembek dan memiliki rasa sangat lezat. Isian tengah ini berbeda-beda untuk setiap varian rasa.

Sudah dapat bayangan ya, bentuk dasarnya seperti apa? Sekarang mari kita bahas satu per satu varian rasa Surabaya Patata tersebut.

#1 Black Patata

Seperti namanya, black patata ini berwarna hitam pada bagian luarnya. Warna hitam tersebut berasal dari oreo yang telah dihaluskan dan kemudia ditaburkan secara merata di sekujur tubuh patata. Saya suka rasa black patata ini.

black patata

Foto: Black Patata (@surabayapatata via Instagram)

#2 Green Tea Patata

Green Tea Patata ini rasanya green tea. Ya, seperti namanya. Cakenya sendiri berwarna hijau pada lapisan paling atas dan memiliki isian berwarna coklat dan krem. Saya juga suka patata rasa green tea ini.

green tea patata

Foto: Green Tea Patata (dok pribadi)

#3 Cheese Patata

Sudah tergambar kan dari namanya? Ya, ini adalah patata dengan topping dan isian keju yang terasa banget. Diantara semua varian rasa Surabaya Patata, ini adalah varian rasa favorit saya selain nutella.

cheese patata

Foto: Cheese Patata (@surabayapatata via Instagram)

#4 Nutella Patata

Siapa tidak suka coklat? Tidak ada! Hampir semua orang suka coklat. Apalagi coklatnya nutella yang sangat lezat dengan citarasa yang unik, berbeda dengan coklat yang lain. Ini juga favorit saya selain cheese patata.

nutella patata

Foto: Nutella Patata (@surabayapatata via Instagram)

#5 Banana Peanut Patata

Banana peanut ini rasanya kombinasi antara rasa pisang di bagian dalam, dan rasa kacang di bagian luar. Kacangnya sudah dihaluskan namun tidak terlalu halus, kemudian ditaburkan di sekujur tubuh si patata yang menggoda itu. Saya juga suka rasa banana peanut ini.

banana peanut patata

Foto: Banana Peanut Patata (@surabayapatata via Instagram)

Berapa Harga Surabaya Patata?

Nah ini pertanyaan yang wajib diketahui jawabannya oleh pemburu oleh-oleh Surabaya. Jangan kuatir karena meskipun rasa Surabaya Patata ini endues banget, namun harganya bisa dibilang terjangkau oleh semua kalangan.

Harga Surabaya Patata untuk semua varian rasa ternyata tidak sampai 70 ribu rupiah lho! Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di daftar ini:

Surabaya Patata
Jl. Dharmahusada 187 Surabaya

  • Black Patata Rp. 68.000; per box.
  • Cheese Patata Rp. 68.000; per box
  • Green Tea Patata Rp. 67.000; per box
  • Nutella Patata Rp. 65.000; per box
  • Banana Peanut Patata Rp. 65.000; per box

Selamat mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentarmu tentang Surabaya Patata di bawah ini ya!

9 Comments

  1. Ivonie 15/05/2017
  2. Nurulrahma 15/05/2017
  3. bunda sugi 15/05/2017
  4. Pramesti 15/05/2017
  5. ninda 16/05/2017
  6. Mbak Avy 16/05/2017
  7. Eddy Fahmi 17/05/2017
  8. ardyan 22/05/2017
  9. Eka 22/05/2017

Leave a Reply