Surabaya Health Season 2017 Dibuka Ibu Walikota

Surabaya Health Season 2017 dibuka pada hari ini, Minggu 30 April 2017 di halaman Balai Kota Surabaya. Acara ini merupakan rangkaian acara peringatan HUT Kota Surabaya yang sudah digelar secara rutin sejak 7 tahun lalu.

Dalam pembukaan SHS 2017 ini hadir perwakilandari seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit, serta beberapa laboratorium klinik di Surabaya. Warga Surabaya juga banyak yang hadir, turut serta mengikuti rangkaian acara pembukaan. Salah satunya senam bersama Walikota Surabaya.

Usai mengikuti senam, warga Surabaya memanfaatkan waktu untuk memeriksakan kesehatan di puluhan stand dari Puskesmas, RS dan Klinik yang tersedia. Pemeriksaan diberikan secara gratis!

cek kadar gula darah di parahita lab

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, saya tadi juga melakukan cek kadar gula darah di stand Lab Parahita. Hasil test gula darah saya menunjukkan angka 93 mg/dL. Sedangkan untuk test kadar kolesterol dilakukan di stand sebuah Puskesmas dan didapatkan hasil 121 mg/dL. Baik kadar gula maupun kadar kolesterol saya Alhamdulillaah masih terbilang normal.

Hasilnya tidak jauh beda dibanding hasil pemeriksaan sebelum mengikuti #FoodPhilosophy Trip bersama hemaviton Cardio awal April lalu.

Oia, saya tadi hadir karena mengantarkan istri saya drg. Dio Nella sebagai perwakilan Puskesmas Keputih.  Daripada kembali ke rumah trus nanti kembali lagi untuk menjemput, saya jalan-jalan saja ke Taman Surya, menikmati aneka makanan yang dijajakan di stand-stand UKM yang sengaja dibuka untuk memeriahkan acara pembukaan Surabaya Health Season 2017 pagi tadi.

ikan asap kenjeran

Salah satu stand yang sangat ramai pengunjung adalah stand UKM dari Sentra Ikan Bulak. Mereka menjual aneka camilan berbahan baku ikan. Seperti keripik kulit ikan, keripik teripang, aneka kerupuk ikan dan berbagai macam ikan asin. Saya lihat ikan asap-nya bersih-bersih dan terlihat masih fresh. Maka saya beli ikan tengiri asap 5 potong, ikan pe asap 1 potong dan kepala ikan manyung asap 0,5kg.

Totalnya 40 ribu rupiah saja. Murah!

Rangkaian acara pembukaan Surabaya Health Season 2017 dimulai dengan senam bersama. Ratusan peserta memadati halaman Balai Kota Surabaya dan meluber hingga Taman Surya. Senam berlangsung sekitar 30 menit. Sekitar pukul 07.00 Ibu Tri Rismaharini Walikota Surabaya hadir didampingi Ketua Panitia dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

surabaya health season 2017

Dalam sambutannya, Ibu Tri Rismaharini menekankan pentingnya para dokter patuh pada standar dan prosedur pelayanan kesehatan. Jangan sampai terjadi sesuatu karena petugas medis lalai dalam mengikuti prosedur. Petugas medis bisa dituntut di muka hukum ketika melakukan kelalaian yang membahayakan keselamatan pasien.

Selain itu, Bu Risma juga memuji kemampuan para dokter di Surabaya ini yang tidak kalah dibanding dokter luar negeri. Hanya saja dokter Surabaya kurang percaya diri untuk mengekspos prestasinya ke dunia luar. Walikota perempuan pertama di Surabaya itu berpesan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya untuk bekerjasama dengan tim humas pemkot dalam mempromosikan kompetensi dari dokter-dokter dan layanan kesehatan yang ada di Surabaya.

Siapa tahu suatu saat nanti Surabaya menjadi tujuan wisata kesehatan bagi pasien-pasien dari luar negeri. Menurut Bu Wali, semua itu sangat mungkin terwujud. Tidak ada yang tidak bisa selama kita punya kemauan yang keras!

Jangan seperti sekarang, orang Surabaya menghabiskan ratusan juta untuk berobat ke luar negeri. Padahal di Surabaya sendiri dokter-dokternya memiliki kemampuan yang setara, bahkan lebih. Lihat saja sekarang ini banyak orang kaya dari Surabaya mencari pengobatan hingga ke Singapura, Hongkong, bahkan sekedar ke Malaysia.

Sebelum Bu Risma memberikan sambutan, Ketua IDI Surabaya yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Surabaya Health Season 2017, dr.Poedjo Hartono, Sp.OG(K) juga mengingatkan ke rekan sejawatnya sesama dokter dan tenaga medis yang lain untuk memberikan pelayanan tulus sepenuh hati kepada para pasien. Jadikan Surabaya Health Season 2017 ini sebagai momentum untuk terus berbenah. Jangan hanya hangat sebentar lalu mengendur kembali.

senam kesehatan

Surabaya Health Season 2017 ini mengusung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Peningkatan Layanan Kesehatan. Ketika masyarakat sudah sadar untuk menjalankan gaya hidup sehat dan layanan kesehatan terus ditingkatkan, harapannya kualitas hidup warga Surabaya juga meningkat.

Acara ditutup dengan peluncuran Senam Kesehatan. Gerakannya cukup sederhana sehingga semua peserta bisa menirukan dengan mudah. Senam yang diluncurkan ada 3, yaitu senam cuci tangan, senam cerdik dan senam penguin / peregangan. Walikota Surabaya, Ketua IDI Surabaya dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya bersama seluruh hadirin mengikuti gerakan senam dengan riang gembira.

Setelah memperagakan 3 jenis senam tadi ternyata para peserta masih antusias dan minta tambah. Maka instruktur menambahkan satu senam lagi yaitu senam gemu famire maumere. Semua senang, semua sehat, semua senyum!

2 Comments

  1. Nurul Rahmawati 02/05/2017
  2. SEMARANG 03/05/2017

Leave a Reply