“SD Card Unexpectedly Removed” Android Marshmallow (Solved)

Beberapa waku lalu setelah upgrade Sony Xperia C5 Ultra saya ke sistem operasi android terbaru, yaitu marshmallow, sering mengalami pesan error “SD Card Unexpectedly Removed” yang sangat mengganggu.

Begitu pesan error tersebut muncul, maka SD Card tidak bisa terbaca. Dan kejadian seperti itu bisa saja terjadi ketika saya merekam video atau mengambil foto. Sangat menyebalkan.

Dokumentasi saya ke Madura selama 4 hari yang saya ambil menggunakan HP, semuanya tidak terbaca karena sering mengalami error “SD Card Unexpectedly Removed” tadi.

Bukan Karena SD card-nya Error!

Yang pernah mengalami kejadian seperti itu pasti sempat mengira bahwa SD card-nya error sehingga gagal terbaca oleh android. Sayapun juga sempat berfikir begitu. Maka saya beli SD card baru dengan kapasitas lebih kecil, 64GB saja, sebelumnya 128GB. Mungkin saja error karena kapasitasnya terlalu besar.

Ternyata setelah saya ganti dengan SD card baru yang kapasitasnya lebih kecil, masih saja pesan error “SD Card Unexpectedly Removed” tadi sering muncul.

Berbagai solusi yang saya cari di Google tidak berhasil mengatasi masalah error tersebut. Beberapa menyarankan untuk me-root OS nya, tapi saya tidak suka cara seperti itu. Cara yang lebih konyol menyarankan ketika pesan error muncul, maka restartlah HP-nya. Lha kalau sering muncul, capek dong restart-restart terus?!

Maka sementara waktu saya menggunakan handycam untuk merekam video meskipun hasilnya jauh lebih buruk ketimbang rekaman pakai HP jika pada kondisi pencahayaan kurang terang.

Merekam ke memory internal yang sangat kecil itu juga percuma saja karena cepat penuh dan akan menamai file-nya mulai dari awal lagi, sangat merepotkan jika nanti dipindah-pindah ke album karena dapat menimpa file yang lama!

Inilah Solusinya!

Solusi ini saya temukan sendiri secara tidak sengaja. Hanya coba-coba saja dan ternyata berhasil!

Caranya adalah: mem-FORMAT SD CARD menggunakan HP langsung. Masuk ke menu SETTING >  STORAGE > SD CARD >  FORMAT. 

Tentu saja sebelum melakukan format SD card sebaiknya semua data yang tersimpan sudah dipindahkan ke komputer terlebih dahulu.

Setelah saya format SD cardnya melalui cara tadi, pesan error “SD Card Unexpectedly Removed” tadi sekarang sudah tidak pernah muncul lagi. Maka saya dapat merekam video durasi panjang dengan hati yang tenang!

Selamat mencoba, dan tinggalkan komentar di bawah ini jika berhasil.

4 Comments

  1. donita 10/01/2017
  2. promo 13/01/2017
  3. anggun 27/06/2017

Leave a Reply