DIY Project: Membuat Panggangan Ikan

Malam tahun baru kemarin saya bersama warga perumahan Bumi Marina Emas Blok A mengadakan acara kecil-kecilan yang diikuti sekitar 20 orang. Bakar ikan, makan shabu-shabu, dim sum, kebab dan menikmati aneka camilan seperti tahu asin dan menyeruput kopi rempah arab.

Persiapan sudah dilakukan sehari sebelumnya. Ikan sudah dibelikan oleh Pak Priyo di sentra pelelangan ikan di dekat Juanda. Dim sum dan sebagainya akan disiapkan oleh Bu Priyo. Tahu asin disiapkan oleh Bu Firman. Kopi arab disiapkan oleh Bu Hamid.

Paginya, saya, Pak Zen, Pak Ari, Pak Priyo dan Pak Johnson membuat panggangan ikan dengan material seadanya. Kerangka panggangan menggunakan pipa besi kotak sisa pagar rumah Pak Priyo. Alas panggangan menggunakan seng bekas talang dari rumah Pak Zen.

Saya bagian merancang panggangannya dengan prinsip optimasi bahan. Bahan yang ada kalau bisa digunakan semua tanpa kurang tanpa sisa. Yang jadi patokan adalah tinggi panggangan haruslah sejajar atau di atas pinggang orang dewasa.

Pembuatan dilakukan di rumah Pak Priyo karena alat-alatnya lengkap. Maklum, Pak Priyo adalah seorang arsitek yang sekaligus memiliki workshop di rumahnya. Alat yang digunakan misalnya gerinda dengan pemotong besi, mesin drill, las listrik dan alat manual berupa palu.

Proses pembuatan terdiri dari 2 tahap. Pertama membuat kerangka. Pipa besi kotak dipotong-potong sesuai rancangan yang saya buat. Pak Ari bagian memotong. Dilanjutkan dengan pengelasan oleh Pak Priyo.

Tahap berikutnya adalah pembuatan dan pemasangan alas / bak bakaran yang akan digunakan untuk menaruh arang. Maka bentuknya harus cekung sedalam 15 cm dengan pertimbangan supaya arangnya tidak menyentuh ikan yang akan dipanggang. Pak Ari memotong-motong seng bekas talang, kemudian Pak Zen menekuk-nekuk sesuai ukuran.

Alas panggangan kemudian dipasang di kerangka menggunakan bantuan palu dan kemudian disekrup menggunakan mesin drill dan sekrup yang biasa dipakai untuk memasang galvalum. Maka jadilah alat panggangan ikan yang akan digunakan malamnya untuk berpesta bersama warga!

Selengkapnya bagaimana kami membuat panggangan ikan tersebut dapat disaksikan di video berikut ini

Leave a Reply