Bagi Anda Penggemar Marshmallow, Ini Dia Manfaatnya!

marshmallow-enak

Siapa yang tak suka mengkonsumsi cemilan atau makanan ringan? Jenis makanan yang dapat disantap di waktu luang sambil menikmati berbagai kegiatan santai maupun formal. Cemilan merupakan salah satu makanan enak yang memang selalu jadi rebutan. Apalagi jika makanan tersebut bisa memberikan pengaruh baik terhadap mood seseorang. Seperti coklat misalnya. Siapa yang tak suka coklat di dunia ini? Hampir semua orang menyukai rasanya yang manis. Begitu juga dengan makanan satu ini. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, membuat semua orang menyukainya. Namanya Marshmallow.

Makanan ringan yang lembut ini memiliki banyak warna, aroma dan juga bentuk. Makanan manis ini sangat kenyal. Sehingga ketika dimakan dan dikunyah akan menimbulkan efek lumer atau meleleh di dalam mulut. Makanan ini terbuat dari campuran putih telur, gula, gom arab, perasa dan juga gelatin. Penggunaan gula bisa diganti dengan sirup jagung. Mengkonsumsi makanan ini dapat membuat seseorang merasa senang karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis legit.

Dari segi pengolahannya, marshmallow dibuat dengan cara dipanggang atau dibakar. Proses pemanggangan ini, akan membuat makanan ini memiliki tekstur karamel dan bagian dalamnya berbentuk sedikit mencair. Proses pengolahan akan menentukan kekenyalan dan warna. Pada resep tradisional, pembuatan makanan manis ini menggunakan Althaea (genus) yang merupakan sari dari akar tanaman semak.

Dulu, makanan ringan kenyal ini digunakan untuk mengobati kehilangan darah dan juga memar. Selain itu digunakan untuk gigitan serangga, mengobati gigi yang sakit, kulit yang iritasi dan gangguan pencernaan. Ada beberapa tipe kekenyalan pada makanan enak ini, yaitu:

  • Manisan kenyal endapan (deposited)
  • Manisan kenyal timbu ( extruded)
  • Manisan kenyal butiran (grained)
  • Mansian kenyal potongan (cut)
  • Manisan kenyal kue busa (meringues)

Kandungan yang terdapat didalam makanan lembut kenyal ini antara lain asam folat, vitamin, mineral, protein, lemak, karbohidrat, kalori, kadar abu, serat, sodium, gula dan tentunya air. Dengan kandungan tersebut, banyak sekali manfaat yang terkandung dalam makanan ringan ini, seperti:

  1. Manfaat untuk kecantikan
    Mengkonsumsi ini dapat membuat kulit menjadi lembab, bersih dan lebih bercahaya. Hal ini karena sel-sel kulit mati akan terangkat dan meregenerasi sel-sel baru. Makanan ini juga dapat membantu menambah tinggi badan karena terdapat kolagen yang baik untuk tulang. Selain itu makanan ini juga baik untuk rambut. Selain membantu pertumbuhan pada tulang, kolagen juga dapat menguatkan akar rambut dan membuat rambut lebih berkilau. Kuku pun jadi tak mudah patah.
  2. Manfaat untuk kesehatan
    Makanan ini dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan, menyembuhkan iritasi dan mengurangi peradangan pada gusi dan kulit. Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, Anda dapat mengkonsumsi makanan ringan ini. Meski mengandung glukosa, namun kalori didalamnya sangat rendah. Dalam 1 buah makanan manis ini, terkandung 6 kcal kalori dan berbeda jauh dengan makanan manis lainnya seperti permen misalnya.

Selama ini yang kita ketahui, makanan ringan lembut dan kenyal, marshmallow ini hanya sebagai makanan untuk konsumsi saja. Namun dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh makanan menggemaskan ini, kini Anda tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya. Namun tetap perlu dibatasi jumlah konsumsinya, karena makanan yang mirip manisan ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan gigi. Rajin-rajinlah menggosok gigi untuk menghindari gigi berlubang dan keropos karena sering terkena makanan manis.

2 Comments

  1. Abd Rosyid 06/12/2016
  2. ihsan 16/12/2016

Leave a Reply