Jutaan Buku Diobral di Big Bad Wolf Surabaya 2016

Kemarin Rabu 19 Oktober 2016 saya berkesempatan hadir di pre-sales acara obral buku besar-besaran di Jatim Expo International, Surabaya. Nama acaranya Big Bad Wolf Surabaya Book Sale 2016 yang akan dibuka untuk umum mulai hari ini Kamis 20 Oktober hingga 30 Oktober nanti.

big bad wolf

Jadi pre-sales kemarin dikhususkan untuk mereka yang memegang undangan atau tiket VIP. Tiket ini bisa didapatkan secara gratis bagi nasabah Bank Mandiri yang telah mendaftar melalui website big bad wolf book sale.

Karena kejebak macet di jalan, dan susah nyari parkir di JX International, saya terlambat 1 jam lebih sehingga kelewatan acara opening oleh Pakde Karwo Gubernur Jawa Timur. Sedikit menyesal, tapi tidak masalah. Karena saya masih bisa mencari gambar untuk bahan video YouTube.

Sudah lihat video di atas ini? Hm.. seperti itulah keramaian Big Bad Wolf Surabaya 2016 kemarin. Dan hari ini kemungkinan akan lebih ramai lagi karena sudah dibuka untuk umum. Di Jakarta, acara sejenis telah digelar beberapa bulan lalu dan mendapat respon luas biasa dari para pecinta buku.

Tips ke Big Bad Wolf Surabaya

Nah ini saya berikan sedikit tips buat kamu yang akan datang ke Big Bad Wolf Surabaya 2016 supaya lebih optimal.

  • Jangan bawa mobil / motor sendiri deh. Lebih baik naik kendaraan umum, atau naik taksi, atau naik Uber, atau nyewa mobil yang drivernya. Ingat ya, di JX parkiran mobilnya hanya di basement dan itu hanya muat seratusan mobil. Padahal pengunjungnya ada banyaaaakkkk… Kalau kamu bawa mobil sendiri, akan kerepotan nyari parkir. Mau parkir di pinggir jalan sih bisa, tapi bikin macet cuy, dan merugikan orang lain!
  • Alternatifnya, kalau masih ngotot pengen bawa mobil sendiri, datanglah pada malam hari di atas jam 9. Kemungkinan sudah tidak seramai kalau siang. Kalau toh tetap penuh parkirnya di basement JX, bisa parkir di pinggir jalan tanpa kuatir mengganggu lalu lintas karena sudah agak sepi kan kalau di atas jam 9 malam, dan sudah tidak panas terik juga, sehingga mobilnya gak kepanasan.
  • Usahakan tidak datang sendiri. Terutama jika sudah diniati mau beli buku banyak. Setelah bertransaksi di kasir, buku-buku itu akan kamu bawa ke depan JX kan untuk dibawa pulang? Nah, kalau sendirian maka akan kesusahan. Jika ada temannya, yang 1 nunggu bukunya, yang lain ambil kendaraannya. Meskipun bisa minta tolong petugas Big Bad Wolf juga sih buat nunggu bukunya, tapi tetap enakan bawa teman deh
  • Sediakan uang yang banyak! Ada jutaan buku yang didiskon 60 hingga 80 persen. Begitu menyelam diantara tumpukan-tumpukan buku itu, dijamin kamu akan kalap, ingin membeli ini dan itu. Maka antisipasilah dengan membawa duit yang banyak! Ini buku ya, bukan buat hura hura, jangan pelit!
  • Usahakan tidak mengajak anak kecil deh. Meskipun JX itu besarnya mintak ampun, tapi ada ribuan orang tumpek blek di situ dan semuanya memilah-memilih buku. Mengajak anak kecil di bawah 5 tahun menurut saya cukup membahayakan karena ketika kamu fokus memilih buku, bisa saja anak kecil itu berlarian ke mana-mana, dan bisa hilang! Tapi jika kamu terpaksa mengajak anak kecil, di sana juga disediakan acara untuk anak kecil kok. Tapi usahakan mengajak orang yang bisa menemaninya bermain, supaya kamu bisa berburu buku dengan hati yang tenang.
  • Bawa koper! Nah ini yang saya lihat kemarin, ada banyak orang datang dengan membawa koper untuk membawa pulang bukunya! Bisa ditiru ini, sehingga kamu tidak akan membawa buku dengan kantong plastik kresek, atau kardus karena sudah menyiapkan wadah sendiri. Membawa dengan kresek dan kardus masih harus mengangkat, sedangkan membawa koper cukup menyeretnya sehingga lebih hemat tenaga.

Nah itu saja tips dari saya buat kamu yang ingin mengunjungi Big Bad Wolf Surabaya 2016. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply