5 Trik Merawat Hardware Komputer untuk Membuatnya Kuat dan Tahan Lama

hardware komputer

Menyediakan perangkat komputer di rumah tentu menjadi penting jika anak-anak sudah masuk masa SMP ataupun kuliah. Sekaligus sangat membantu bagi orangtua untuk menyelesaikan pekerjaan supaya besoknya bisa beres dan siap di presentasikan atau diserahkan kepada atasan. Kini komputer seolah menjadi perangkat personal yang sangat penting untuk disediakan sebab fungsinya beragam. Selain untuk bekerja dan belajar juga bisa difungsikan sebagai media hiburan. Penggunaan yang intens membuat Kita perlu merawat software dan hardware komputer.

Cara Merawat Hardware pada Komputer

Hardware atau perangkat keras komputer merupakan komponen yang bisa Kita lihat dan sekaligus Kita pegang. Komponen keras ini terdiri atas beberapa bagian, mulai dari CPU, layar komputer, mouse, keyboard, dan lain sebagainya. Menjaga supaya komputer bisa berfungsi dengan normal sesuai dengan kebutuhan Kita pun wajib merawat semua komponen keras ini. Perawatannya lumayan beragam namun terbilang tidak sulit untuk dilakukan, berikut beberapa perawatan yang perlu dilakukan tersebut:

 

  1. Penempatan di ruangan yang bagus sirkulasinya, Komputer sebaiknya dijauhkan dari ruangan yang terlalu panas maupun terlalu lembab, bila memungkinkan ruangan ber-AC adalah yang paling ideal. Namun tidak semua orang bisa menyediakan pendingin ruangan sehingga cara sederhananya diletakan di tempat yang sejuk. Pastikan komputer berada di ruangan atau sudut ruangan yang sirkulasi udaranya bagus. Tidak terlalu lembab sekaligus jauh dari perangkat elektronik dengan suhu tinggi
  2. Rutin membersihkan debu yang menempel, Setelah mendapatkan sudut yang tepat untuk meletakan komputer kemudian Kita juga perlu menjaga kebersihannya. Pastikan membersihkan debu yang menempel di setiap bagian hardware komputer supaya mencegah kerusakan permanen. Khusus untuk bagian dalam seperti fan maupun heatsink processor dianjurkan menggunakan kuas atau lebih bagus lagi jika memakai vacuum cleaner. Menggunakan vacuum cleaner memberikan hasil lebih maksimal sehingga mencegah komponen tertentu mengalami korosi dan lain sebagainya.
  3. Lebih bagus dilengkapi dengan UPS, UPS atau stabilizer merupakan peralatan yang sangat bermanfaat dan sebaiknya disediakan untuk merawat komponen keras komputer. Fungsi UPS sendiri adalah untuk menstabilkan arus listrik sehingga tidak ada bagian komputer yang terbakar atau koslet. Adanya UPS membuat ketahanan komputer lebih bagus sebab arus listrik perumahan memang kurang stabil dan kadang mati secara tiba-tiba. Arus listrik yang naik turun atau terputus secara tiba-tiba bisa merusak komponen di CPU dan ada resiko komputer mati total. 
  4. Menjaga kebersihan layar LCD, Layar LCD yang bersih dari debu, kotoran, maupun goresan akan menjaga kenyamanan Kita saat berada di depannya. Selain itu perawatan yang tepat pada layar LCD komputer juga membantu menjaga komputer lebih tahan lama. Sebab kerusakan pada LCD menuntut Kita mengganti yang baru karena sedikit sekali LCD rusak bisa diperbaiki. Pembersihan harus hati-hati dan menggunakan kuas serta lap yang sudah dibasahi dengan cairan khusus pembersih LCD supaya bersih maksimal tanpa goresan.
  5. Matikan komputer dengan benar, Menyalakan komputer memang cukup mudah seperti menyalakan televisi atau perangkat elektronik lainnya. Yakni dengan menekan tombol power maka layar LCD akan menunjukan aktivitas loading komputer tersebut dan menunggu beberapa detik untuk siap digunakan. Namun, cara mematikannya sangat berbeda dengan cara menyalakannya yang harus mencari tombol shut down di layar LCD. Sebaiknya dilakukan dengan benar dan menghindari mematikan komputer lewat tombol power supaya hardware komputer tetap berfungsi dan lebih awet.

Leave a Reply