Jalan-jalan ke Telaga Ngebel Ponorogo

Kesempatan langka untuk dapat berkunjung ke Ponorogo kami manfaatkan sebaik-baiknya. Persisnya ketika mudik lebaran kemarin. Kami berangkat dari Surabaya hari Minggu pagi, 3 Juli 2016 dan akan kembali ke Surabaya pada lebaran hari ke-2.

Sehari sebelum lebaran anak saya yang besar, Mas Isham, ngajak jalan-jalan pagi seperti kebiasaannya di Surabaya. Maka kami putuskan sekalian jalan-jalan agak jauh dari rumah, yaitu ke Telaga Ngebel.

Perjalanan kami tempuh sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kebetulan waktu itu jalanan agak sepi karena besoknya mau lebaran, orang yang jalan-jalan ke tempat wisata sangat sedikit.

Sampai di lokasi belum terlalu siang, sekitar pukul 10.00. Setelah mengelilingi separo Telaga Ngebel yang ada di lereng gunung Wilis, kami tiba di pendopo Telaga Ngebel. Itu adalah semacam pemberhentian bagi wisatawan. Ada tempat parkir mobil dan motor yang luas.

Sejumlah speed boat yang ada di Tegala Ngebel tampak hanya diparkir, tidak ada satupun penumpang. Ya maklum, besoknya kan lebaran, orang pada sibuk menata rumahnya masing-masing. Sayapun paginya masih sibuk membetulkan kursi milik nenek.

Selengkapnya bisa dilihat di video perjalanan kami ke Telaga Ngebel, start dari Desa Sukosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo, ke arah timur melintasi Desa Lembah, Desa Purwosari, dan ke timur terus hingga sampai Telaga Ngebel.

Kalau ke Ponorogo, belum lengkap jika belum makan sate ayam Ponorogo dan berwisata alam ke Telaga Ngebel. Selamat menikmati 🙂

Leave a Reply