Cara Mendapatkan Duit dari Instagram ala Aditya Agung

Hari Minggu (29/05/2016) lalu saya bersama 40an blogger Surabaya mendapatkan undangan dari Sun Life Financial Indonesia ke sebuah acara berjudul “How to Get Profit from Your Hobbies”. Acaranya dimulai pukul 13.00 hingga pukul 17.00 di The Capri yang ada di Pakuwon Trade Center, Surabaya Barat.

Karena tempatnya sangat jauh dari rumah saya di Surabaya Timur, maka pukul 11.00 saya sudah meluncur bersama Dhadhang. Betulan, di jalan kami terjebak macet di beberapa tempat. Bahkan ketika sudah sampai depan PTC-pun kami menghabiskan waktu 30 menit lebih hingga sampai ke tempat parkir.

Tepat pukul 13.00 kurang 10 menit kami tiba di lokasi acara. Langsung saja kami mendaftar di meja registrasi. Waktu itu yang datang baru beberapa orang. Saya langsung kontak Mas Anggoro, panitia acara, mengabarkan bahwa saya sudah sampai lokasi. Sambil menunggu acara dimulai, kami pergi dulu ke mushola untuk sholat dhuhur.

Selesai sholat ternyata teman-teman blogger sudah pada hadir. Kami langsung dipersilakan makan siang dengan menu-menu lezat yang telah dipersiapkan The Capri. Sambil makan siang, saya terus menghubingi beberapa calon peserta yang sudah mendaftar namun belum hadir.

kaeser sun life financial indonesia

Pentingnya Perencanaan Keuangan dan Asuransi

Sebelum masuk ke materi inti tentang bagaimana mencari uang melalui hobi, kami mendengarkan penjelasan dari Pak Kaeser, pimpinan Sun Life Financial Indonesia tentang pentingnya merencanakan keuangan.

Mengapa keuangan perlu direncanakan, tidak dibiarkan berjalan begitu saja? Ya karena pada dasarnya semua orang itu memiliki sumber dan besaran pendapatan yang terbatas, sementara kebutuhan hidup itu terus bertambah. Maka untuk mencapai apa yang kita butuhkan, juga apa yang kita inginkan, maka harus merencanakan keuangan dengan matang.

Selain Pak Kaeser, pada kesempatan itu Ibu Joice Tauris Santi, salah satu penulis buku “Selami Asuransi demi Proteksi Diri” memaparkan pentingnya mempersiapkan perencanaan keuangan sejak dini. Dalam penjelasannya, Ibu Joice mendemonstrasikan fitur yang ada di website Sun Life Financial Indonesia berupa Bright Calculator.

bright calculator sun life financial

Dengan Bright Calculator kita bisa memperkirakan biaya yang harus kita persiapkan untuk berbagai keperluan, misalnya dana untuk keadaan darurat, dana pensiun, dana pendidikan anak, hingga dana untuk proteksi diri. Selain itu juga tersedia fitur untuk melakukan check up kondisi keuangan kita apakah sehat atau tidak.

Pada kesempatan tersebut saya sempat mencoba Bright Calculator untuk memperkirakan biaya pendidikan anak-anak saya. Kaget juga ternyata jika dihitung sekarang kebutuhan biaya pendidikan PAUD hingga S1 sekitar 200 juta, maka pada saat si anak waktunya kuliah nanti kebutuhannya bisa menjadi 800 juta lebih! Maka sebagai orang tua yang ingin anaknya mendapat pendidikan terbaik, saya harus mempersiapkan biaya tersebut sejak sekarang!

Prinsip dalam mempersiapkan biaya adalah menabung atau berinvestasi dalam jumlah yang tetap dalam jangka waktu yang panjang. Bukan sesekali saja menabung atau berinvestasi meskipun dalam jumlah yang besar. Kedisiplinan merupakan salah satu faktor kunci dalam merencanakan keuangan!

Materi Utama: Mendapatkan Duit Melalui Hobi

Inilah materi yang ditunggu-tunggu oleh para peserta. Bukan karena materi tentang asuransi dan perencanaan keuangan tidak penting, namun peserta taunya memang acara ini adalah acara seminar tentang bagaimana mendapatkan keuntungan melalui instagram, seperti info dari panitia.

Nah pada kesempatan itu Aditya Agung membagikan kisah perjalanan hidupnya dalam menekuni hobi sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Prinsip yang dianut Aditya adalah bagaimana hobi yang dijalani bisa menghidupi hobi itu sendiri. Kebetulan Aditya hobi fotografi, maka bagaimana dengan fotografi tersebut dia bisa membeli kamera dan keperluan fotografi yang lain tanpa harus merogok uang saku.

Kebetulan saya merekam apa yang disampaikan oleh Aditya Agung itu supaya para pembaca blog ini bisa melihat dan merasakan sendiri apa yang disampaikan oleh Aditya Agung. Simak saja videonya berikut ini.

Nah bagaimana, setelah menyaksikan video tadi, apakah kamu juga makin tertarik dengan fotografi dan instagram? Sebenarnya tidak harus fotografi dan instagram kok. Semua hobi bisa dimonetize yang penting konsisten, dikerjakan terus menerus dengan suka cita, maka niscaya suatu saat nanti akan ketemu jalannya untuk menghasilkan duit melalui hobi tersebut.

Nah jangan lupa setelah mendapatkan duit dari hobimu, selalu alokasikan anggaran untuk saving maupun investasi, demi masa depan yang lebih baik!

#SunLifeFuturePlan #LebihBaik

Leave a Reply