Hari Karung Nasional

hari karung nasional

“Selamat Hari Karung Nasional bagi yang merayakan. Mohon maaf lahir batin.”

Insya Allah suatu saat bisa ikut merayakan Hari Karung Nasional bersama mereka yang selama ini sudah ikut merayakan sebulan sekali.

Hari Karung Nasional adalah sebutan bagi hari dimana para pemain AdSense, baik yang melalui blog maupun YouTube, mencairkan penghasilan AdSense mereka melalui KANTOR POS.

Untuk menggambarkan saking banyaknya uang yang dicairkan, sampai-sampai diibaratkan harus membawa karung. Entah kapan munculnya istilah ini, saya juga baru tahu belum lama ini. Waktu itu ada yang memajang uangnya di atas meja hingga penuh dan disertai kalimat “Selamat Hari Karung Nasional”

Oia, gambar di atas ini hanya sebagai ilustrasi. Itu karung milik Raditya Dika. Tadinya saya kira isinya uang hasil pencairan pendapatan YouTube-nya, tapi kata kawan saya Jidat, dan setelah saya cek ulang twitternya, ternyata isinya paketan barang kiriman para fans. Maklum, hari-hari ini, minggu ke-3 tiap bulan, adalah Hari Karung Nasional, sehingga saya kira Raditya Dika termasuk yang merayakan.

Oke, sekarang bagaimana caranya supaya dapat ikut merayakan Hari Karung Nasional? Ya tentu saja penghasilannya harus sekarung, atau berkarung-karung. Dan berdasrkan pengamatan, mereka yang sampai harus bawa karung ini umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut, khususnya yang main YouTube ya:

  • Konten video original bikinan sendiri, bukan hasil remix / mimix / re-upload
  • Konten sangat menarik untuk dilihat dan sehingga penonton gatal untuk menyebarkan (share) secara sukarela sehingga menjadi viral (berantai)
  • Karena banyak yang share, akhirnya mendatangkan makin banyak penonton
  • Penonton-penonton yang suka┬ámaka berlangganan (subscribe)
  • Setiap upload video baru sudah ada penonton potensialnya yaitu para pelanggan
  • Konsisten menayangkan konten baru yang berkualitas

Kalau yang main AdSense via blog, umumnya sih blog berbahasa Inggris dengan niche yang sangat ramai dan evergreen / long lasting, juga punya pageview luar biasa banyak.

Salut untuk mereka yang selama ini sudah rutin ikut merayakan (menikmati) Hari Karung Nasional. Mereka kebanyakan masih anak muda yang sungguh kreatif. Perlu untuk belajar kepada yang muda supaya tidak ketinggalan.

Nah itu tadi teorinya berdasarkan pengamatan. Sekarang tinggal eksekusinya. Semoga suatu saat bisa turut merakayan Hari Karung Nasional. Aamiin…

One Response

  1. brillie 26/04/2016

Leave a Reply