Invalid CSRF Token WHMCS – Solved!

Disclaimer: Postingan kali ini membahas kasus yang terjadi pada WHMCS, sebuahĀ ‘software’ manajemen web hosting. Bagi yang tidak familiar, sebaiknya skip saja, kecuali ingin membacanya sebagai pengetahuan šŸ˜‰


Tiba-tiba WHMCS saya mengalami error “Invalid CSRF Token”. Padahal saya tidak melakukan perubahan apapun pada server maupun pada konfigurasi WHMCS. Paginya saya sudah login, dan normal-normal saja.

Tiba-tiba siangnya saya tidak bisa menjalankan modul-modul WHMCS seperti mengupdate invoice, menerima order, merubah paket, dan sebagainya. Bahkan ringkasanĀ pendapatan yang biasanya muncul di home admin area juga tidak muncul dan keluar pesan error “invalid CSRF token” tadi.

Beberapa solusi yang saya dapatkan di forum-forum ternyata tidak mempan. Yang paling umum, mereka menyarankan untuk menambahkan baris kode “session_name(“WHMCS”);” pada file konfigurasi. Setelah saya tambahkan, ternyata error tetap muncul.

Setelah melalui penelusuran yang cukup lama, sekitar 1 jam, baru ketahuan ternyata space hosting untuk instalasi WHMCS saya sudah penuh! Ya tentu saja si WHMCS tidak bisa menuliskan kode session ke dalam file.

Begitu saya perbesar spacenya, error lagsung hilang!

Maka jika kamu mengalami error sejenis, “Invalid CSRF token” pada WHMCS kamu, cek dulu space-nya apakah masih longgar atau sudah penuh. Kalau sudah penuh, ya kemungkinan itulah penyebabnya. Segera upgrade, maka error tidak akan keluar lagi.

JIka ternyata spacenya masih longgar, wah berarti butuh penelusuran lebih lanjut. Selamat mencoba!

Leave a Reply