Cara Mengganti Baterai Token BCA

Pengguna aktif internet banking pasti familiar dengan token KeyBCA. Dengan token itu sebuah transaksi bisa dieksekusi. KeyBCA ada 2 bentuk. Yang model lama berbentuk kotak, sedangkan yang lebih baru berbentuk semi-oval. Warnanya sama-sama biru, khas BCA.

Mengganti Baterai Token BCA Kotak

token bca kotakBagi pengguna token kotak, ketika baterai token habis maka bisa diganti sendiri dengan baterai yang bisa dibeli di toko atau tukang servis jam tangan.

(Gambar token kotak, dari blognya Brillie)

Baterainya sama dengan baterai jam. Berbentuk koin tipis. Sama degan baterai yang ada di motherboard komputer, oleh karenanya biasa juga disebut baterai CMOS atau baterai BIOS.

Untuk menggantinya, cukup degan membuka skrup yang ada di setiap sudut belakang token. Untuk membuka penutupnya, perlu sedikit mencongkel dengan obeng pipih. Setelah terbuka, lepas baterai yang lama dan ganti baterai yang baru.

Harap diingat, proses pelepasan baterai lama dan pemasangan baterai baru harus dilakukan secepat mungkin, supaya memori di dalamnya tidak hilang. Jika memorinya hilang maka token tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti yang baru dengan datang ke kantor cabang BCA terdekat.

Mengganti Baterai Token BCA Semi-Oval

Konon token berbentuk semi-oval ini memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, dan oleh karenanya ketika baterainya habis maka tidak boleh diganti sendiri. Sebelum baterai habis biasanya akan ada indikator BATTERY LOW, dan jika dibiarkan maka akan berganti DISABLED.

KeyBCA-DISABLED

Ketika kondisi sudah DISABLED, maka kondisi token yang demikian sudah dianggap rusak oleh BCA. Harus diganti dengan token yang baru dengan datang langsung ke kantor cabang BCA di mana saja. Tidak harus ke kantor dimana rekening dibuka.

Pengalaman saya mengganti KeyBCA yang DISABLED kapan hari seperti ini:

  1. Saya telepon dulu ke HaloBCA 1500888 untuk melaporkan bahwa token saya DISABLED dan minta token tersebut dinonaktifkan.
  2. Datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan rumah saya, yaitu di BCA Ruko Galaxy Bumi Permai, membawa Buku Tabungan, ATM dan token yang mau diganti.
  3. Prosesnya cepat. Dikenakan biaya 10 ribu yang dipotong dari rekening. CS BCA berpesan bahwa mestinya token bisa langsung digunakan. Tetapi jika tidak bisa digunakan, maka tinggal ditambahkan melalui menu pengaturan.
  4. Sampai rumah langsung saya coba, dan ternyata belum konek antara token dengan internet banking. Dan saya lakukan langkah seperti gambar di bawah ini

aktivasi-keyBCA

Langkah untuk mengaktifkan KeyBCA supaya konek / terhubung dengan internet banking BCA:

  1. Login ke internet banking, klik menu ADMINISTRASI > Aktivasi KeyBCA
  2. Isikan nomor Kartu ATM
  3. Isikan nomor seri KeyBCA (dilihat di balik KeyBCA, di atas barcode)
  4. Isikan respon APPLI1 dari KeyBCA
  5. Klik KIRIM.

Selamat mencoba!

 

 

 

7 Comments

  1. arhutek 17/10/2015
  2. ndop 18/10/2015
  3. spekgame 23/10/2015
  4. Ponselseru 19/09/2016
  5. hargaadvan 19/09/2016
  6. Mot 16/06/2017
  7. H.T. Sulaksono 16/07/2018

Leave a Reply