Cara Memesan Domain dan Hosting

Karena banyak yang tanya via FBM tentang bagaimana cara memesan domain dan hosting, maka saya jawab di artikel ini ya supaya bisa dibaca yang lain juga, dan jika ada yang tanya lagi tidak menjawab berulang-ulang hehe..

Apa itu HOSTING dan DOMAIN?

Untuk memudahkan penjelasan, saya buat analogi seperti ini: kita akan membuat sebuah rumah. Untuk itu, kita harus punya sebuah kavling tanah, beserta jalan aksesnya.

Nah, dari analogi di atas, jika ditarik ke dalam bahasa internet, jadinya seperti ini

  • Rumah = websitenya (terdiri dari gambar, tulisan, formulir, dan sebagainya)
  • Kavling Tanah = web hosting-nya (seperti flashdisk untuk menyimpan file, ada kapasitasnya)
  • Jalan Akses = domain name-nya (bisa juga disebut alamat web, misalnya alamat blog ini adalah budiono.net, inilah domain name itu)

Kalau kita mau rumah yang besar, bagus, tentu kita butuh kavling tanah yang besar pula, dan juga butuh jalan akses yang bagus juga.

Nah, hosting dan domain ini sifatnya berlangganan per TAHUN. Bisa dipesan untuk beberapa tahun sekaligus.

Cara Memesan HOSTING dan DOMAIN

Oke langsung saja, untuk memesan domain dan hosting silakan ikuti langkah-langkah berikut ini

LANGKAH 1 PILIH PAKET HOSTING. Buka www.istanahosting.com <- klik di sini juga bisa langsung membuka. Di sana akan langsung keluar paket-paket hosting. Misalnya kita akan memesan paket hosting 1GB dengan biaya berlangganan 540rb per TAHUN. Maka klik pada gambar paket tersebut (seperti yang dikotak merah pada gambar di bawah ini)

paket hosting di istanahosting

LANGKAH 2 PILIH DOMAIN. Setelah nge-klik gambar paket hosting tadi, maka akan muncul halaman berikutnya dimana kamu akan diminta memasukkan DOMAIN NAME yang akan kamu daftarkan.

pesan domain name

Masukkan domain name yang akan kamu daftarkan, pilih pula ekstensinya (.com .net .org atau yang lain, kalau .com masih ada pesan yang .com ya soalnya ini yang paling generik, mudah diingat, untuk website perusahaan bisa pilih .co.id tapi ada syarat tambahan berupa scan KTP dan SIUP / NPWP Perusahaan)

DOMAIN NAME AVAILABLE

Gambar di atas ini, pada halaman selanjutnya, akan muncul hasil pengecekan apakah domain yang hendak kamu daftarkan masih tersedia atau tidak. Domain name ini prinsipnya first come first served, siapa datang duluan maka dia yang dilayani (mendapatkan domainnya). Juga ada pilihan, domain-nya akan didaftarkan selama berapa tahun sekaligus.

LANGKAH 3 KONFIGURASI PRODUK. Di halaman ini kamu dapat memesan layanan tambahan. Misalnya mau dibantu install Joomla atau WordPress. Tinggal dicentang aja. Juga ada pengaturan berapa tahun HOSTING-nya akan didaftarkan. Jika sudah, klik “Add to Cart” aja untuk masuk tahap selanjutnya

konfigurasi produk

LANGKAH 4 KONFIGURASI DOMAIN. Di konfigurasi domain ini kamu dapat mengatur apakah kamu akan menyembunyikan identitasmu atau tidak. Namanya privacy protection. Jadi setiap domain itu bisa dicek siapa pemiliknya melalui data yang namanya WHOIS. Kalau buat jualan online, sebaiknya dikosongkan saja supaya orang dapat mengecek siapa pemilik domain kita.

konfigurasi domain

LANGKAH 5 RINGKASAN BELANJAAN. Nah di halaman selanjutnya ini akan muncul ringkasan, apa saja yang sudah kamu pesan tadi. Jika setuju, tinggal klik “Checkout” saja

ringkasan belanjaan

LANGKAH 6 ISI DATA DIRI. Nah, proses pemesanan hampir selesai, kini saatnya melengkapi data diri. Untuk email, sedapat mungkin kamu masukkan email GMAIL ya, ini karena kalau pakai Yahoo, sering masuk ke folder SPAM email-emailnya kalau belum dimasukkan ke daftar kontak. Boleh juga pakai email dari perusahaan tempat kamu kerja, yang penting email ini harus EMAIL UTAMA yang sering dibuka, karena nanti semua pemberitahuan (misalnya tahun depan sudah waktunya diperpanjang) akan masuk ke email ini

melengkapi data diri

Setelah data diri diisi dengan lengkap (gambar di atas hanya contoh saja, bukan data sebenarnya), lalu bacalah Term of Service yang ada. Jika setuju, silakan kasih tanda centang (seperti gambar di bawah) lalu kakukan langkah terakhir untuk menyelesaikan pemesanan, klik tombol COMPLETE ORDER

finish order domain n hosting

LANGKAH 7 LAKUKAN PEMBAYARAN. Setelah selesai melalui tahap-tahap di atas, setelah nge-klik “Complete Order” maka kamu akan dibawa pada halaman selanjutnya yang berisi informasi tagihan. Tagihan ini sudah secara otomatis terkirim ke emailmu. Nomor rekening ada di sana. Silakan melakukan pembayaran melalui BANK TRANSFER.

tagihan hosting

Jangan lupa melakukan konfirmasi pembayaran vi SMS ke nomor yang tercantum di tagihan. Oia, kamu juga bisa mencetak atau download tagihanmu dalam versi PDF.

download tagihan

Oke itu tadi panduan step-by-step cara memesan domain dan hosting di ISTANAHOSTING.COM semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan.
SELESAI!

3 Comments

  1. game android 28/07/2015
  2. ndop 04/08/2015
  3. Bambang 18/03/2016

Leave a Reply