Nyeri Tumit Sembuh Setelah Rutin Jogging

Saya menderita nyeri di bawah tumit sudah beberapa tahun lalu. Tepatnya di tumit kaki kanan. Sedangkan yang kiri biasa saja tidak nyeri. Dipakai berjalan rasanya tidak nyaman. Nyeri banget. Bahkan ketika bangun tidur, sebelum berdiri, rasanya sungguh nyeri. Ketika mau berdiri dari duduk di kursi juga sangat nyeri. Rasa nyeri itu kadang hilang, tapi kembali lagi.

Saya tidak ingat bagaimana awal mulanya dan kapan persisnya mulai terjadi. Yang jelas waktu itu saya ingin segera bebas dari nyeri di bawah tumit itu karena sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.

plantas fasciitis

Sebelumnya saya sempat mengira itu nyeri akibat asam urat. Namun menurut penelusuran artikel di internet, baik melalui Google maupun jurnal ilmiah, kemudian membandingkan dengan gejala yang saya rasakan, patut diduga kuat bahwa nyeri tumit saya ini termasuk plantar fasciitis. Untuk menyembuhkannya diperlukan terapi dan perawatan jangka panjang, bahkan ada yang hingga operasi.

Tiba-tiba sembuh setelah rutin jogging

Nah ini yang ajaib. Tiba-tiba saja saya sembuh, tidak lagi menderita nyeri tumit. Saya menduga kesembuhan ini berkaitan dengan latihan fisik yang saya jalani seminggu sekali, yaitu jogging alias lari-lari kecil.

Masih ingat ketika awal ikut klub KENDOS beberapa bulan lalu. Pertama kali jogging saya masih merasakan nyeri di tumit saya. Saya biarkan saja rasa nyeri itu muncul. Malah saya nikmati. Supaya tidak terlalu nyeri, saya jogging sambil setengah jinjit (bertumpu pada telapak kaki bagian depan).

Rute jogging yang saya tempuh tidaklah panjang. Hanya 5 kilometer. Itupun joggingnya hanya separo rute. Yang separo sisanya saya tempuh dengan jalan cepat sambil ngobrol sama teman-teman.

Mungkin sudah 20 an kali saya ikut jogging setiap Rabu malam bersama kawan-kawan KENDOS. Tadi malam baru sadar, saya sudah tidak merasakan nyeri tumit lagi. Bahkan ketika saya coba pukul tumit saya, sama sekali sudah tidak terasa sakit.

Saya menduga proses penyembuhan plantas fasciitis ini terjadi secara alami. Ketika saya jogging, maka terjadi kontraksi dan relaksasi secara intensif pada otot pengikat tumit saya. Kemudian bagian dari sel otot-otot itu yang sebelumnya sudah rusak (sehingga memicu nyeri) terpacu untuk meregenerasi atau memperbaiki atau menyembuhkan dirinya sendiri. Itu dugaan saya.

Alhamdulillah bagaimanapun prosesnya, sekarang plantar fasciitis saya sudah sembuh. Lebih nyaman rasanya berjalan tanpa nyeri tumit lagi.

8 Comments

  1. novi 02/04/2015
  2. ndop 03/04/2015
    • budiono 26/04/2015
  3. brillie 16/04/2015
    • budiono 26/04/2015
  4. Wahyu 09/03/2016
  5. TrunoSase 19/02/2019
    • budiono 14/06/2019

Leave a Reply