Marugame Udon & Tempura Tunjungan Plaza 3 Surabaya

Sebuah kebahagiaan tersendiri ketika pada tanggal 5 Juli lalu saya berkesempatan untuk hadir pada acara Community Meet Up alias kumpul komunitas di Marugame Udon & Tempura Tunjungan Plaza 3 Surabaya.

Bahagia karena bisa bertemu dengan sekitar 50 orang teman dari berbagai komunitas online di Surabaya, dan tentu saja sangat bahagia karena dapat mencicipi lezatnya udon dan tempura di Marugame TP 3 sebelum restoran tersebut dibuka untuk umum pada esok harinya 🙂

Bersama teman-teman dari Surabaya Kuliner

Foto selfie teman-teman dari Surabaya Kuliner bersama MC (photo by Cak Avy)

Marugame Udon & Tempura sendiri adalah restoran bernuansa Jepang yang memiliki konsep open kitchen, freshly cooked dan self service. Open kitchen alias dapur terbuka artinya proses memasak di dapur bisa dilihat oleh pengunjunjung. Kita bisa melihat bagaimana prosedur dan kebersihan dijaga dengan ketat di sana. Freshly cooked artinya semua masakan segera disajikan sesaat setelah dibuat. Jika telah melewati batas waktu tertentu dan makanan tersebut belum terbeli maka akan dibuang. Sedangkan self service artinya pembeli mengambil sendiri makanan yang dimau sehingga bisa mengambil sepuasnya sesuai selera.

Lihat betapa meriahnya! Ini belum semua lho, yang lain masih pada sholat maghrib gantian (photo by Cak Avy)

Lihat betapa meriahnya! Ini belum semua lho, yang lain masih pada sholat maghrib gantian (photo by Cak Avy)

Dengan tiga konsep tersebut Marugame telah sukses menggebrak Jakarta dengan 7 restorannya. Sedangkan yang di Tunjungan Plaza 3 ini adalah restoran Marugame ke-8 di Indonesia sekaligus yang pertama di Surabaya.

Kabar baiknya, restoran yang masih satu grup dengan Pizza Hut ini berencana membuka beberapa restoran lagi di Surabaya. Saya berharap semoga Marugame Udon & Tempura lekas buka di Galaxy Mall supaya kalau mendadak pengen udon bisa langsung meluncur ke mall yang lebih dekat dari rumah :p

Apa sih Udon itu?

Terus terang saya mencicipi udon untuk pertama kali ya ketika diundang oleh Marugame ini. Sekilas udon terlihat seperti mie. Namun diameternya lebih besar dibanding mie yang sering saya lihat. Warnanya putih dengan tekstur yang lembut dan licin, langsung enak ketika masuk ke dalam mulut. Kita bisa mengunyahnya dengan ringan tanpa membuat capek rahang.

Udon di Marugame disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Untuk membuat udon panas, udon akan dilewatkan ke dalam air mendidih selama beberpa detik kemudian dituang ke dalam mangkok yang sebelumnya juga telah dibilas dengan air panas. Setelah itu akan ditambahkan bahan tambahan lain sesuai jenis udon yang kita pesan. Untuk udon dingin proses pembuatannya hampir sama dengan udon panas, hanya saja air yang digunakan untuk ‘merebus’ udon adalah air dingin.

8 Jenis Udon di Marugame Udon & Tempura

8 Jenis Udon di Marugame Udon & Tempura

Kita bisa memilih 8 jenis udon di Marugame Udon & Tempura. Saya baru mencoba Niku Udon sih, rasanya lezat dan nikmat banget. Beberapa teman yang waktu itu hadir mencoba udon yang lain, dan semuanya mengakui hal yang sama: udon di Marugame sangat lezat! 🙂

Oia, bagi yang suka pedas, di Marugame Udon & Tempura disediakan irisan cabai segar untuk ditaburkan di atas udon. Rasanya jadi lebih berwarna!

Kalau Tempura?

Sebelumnya saya mengenal  tempura sebagai jajanan yang terbuat dari adonan tepung dengan daging ayam atau sapi yang ditusuk dengan lidi lalu digoreng.

Awalnya saya mengira tempura di Marugame juga seperti itu. Ternyata salah saudara-saudara. Yang di Marugame ini tempura betulan seperti di negara asalnya Jepang sana. Menurut Wikipedia, tempura adalah sejenis camilan yang terbuat dari sayuran dan atau seafood dengan tepung berbumbu special kemudian digoreng kering.

Yang kanan Udon, yang kiri aneka Tempura

Yang kanan Niku Udon, yang kiri aneka Tempura

Yang ditonjolkan dari tempura adalah bahannya, yaitu sayur dan atau seafood misalnya udang, bukan tepungnya seperti tempura lokal yang saya kenal selama ini.

Marugame Udon & Tempura memiliki 10 jenis tempura. Yang saya cicipi baru Broccoli Tempura yang terbuat dari brokoli. Rasanya jangan ditanya, nikmat dan renyah banget. Dari penampilannya saja sudah bikin ngiler dan ternyata setelah dimakan begitu nikmat!

Juga ada Nasi-nya 🙂

Nah, selain udon dan tempura tadi, di Marugame Udon & Tempura juga menyediakan menu nasi lho. Orang Indonesia kalau belum makan nasi kan biasanya merasa belum makan, hehe..

Menu nasi di Marugame Udon & Tempura

Menu nasi di Marugame Udon & Tempura

Nah di Marugame ada 4 jenis nasi yang bisa dipesan bersama udon atau tempura. Buat yang belum pernah merasakan nasi khas Jepang, wajib mencobanya di Marugame!

Minumnya, Ocha!

Makan di restoran Jepang tidak lengkap rasanya jika tidak minum teh Jepang alias ocha. Nah, ocha di Marugame ini rasanya istimewa. Beda banget sama ocha botolan yang sering tayang di TV itu hehe.. Tidak heran sih, ocha di Marugame didatangkan langsung dari Jepang. Dan yang asik, kita bisa mengisi kembali ocha kita tanpa biaya tambahan!

Sebelum pulang, foto selfie dulu sama Pak Bos Marugame Udon & Tempura

Sebelum pulang, foto selfie dulu sama Pak Bos Marugame Udon & Tempura (photo by Cak Avy)

Nah jadi penasaran kan dengan Marugame Udon & Tempura? Tidak ada salahnya nanti sore buka puasa di Marugame Udon & Tempura. Lokasinya di Tunjungan Plaza 3 lantai 5 stand nomor 37 hingga 44 ya. Persis di dekat eskalator. Selamat menikmati lezatnya udon dan tempura di Marugame dan jangan lupa share ke twitter kamu lalu mention ke @MarugameUdonID kasih tagar #MarugameTP3 supaya followermu pada ngiler membayangkan lezatnya :p

25 Comments

  1. dionella 15/07/2014
    • budiono 21/07/2014
  2. ndop 15/07/2014
    • budiono 21/07/2014
  3. tria 15/07/2014
    • budiono 21/07/2014
  4. Brillie 20/07/2014
    • budiono 21/07/2014
  5. zilda 20/07/2014
    • budiono 21/07/2014
  6. apin 20/07/2014
    • budiono 21/07/2014
  7. febriy 21/07/2014
    • budiono 21/07/2014
  8. khuclukz 21/07/2014
  9. fadjar hutomo 03/12/2014
  10. Tips Bersepeda 24/12/2014
  11. Berkonten 17/10/2015
  12. Sociolla 06/11/2015
  13. wiwin 10/11/2016
  14. Asmaul Husna 11/08/2017

Leave a Reply