Menurunkan Berat Badan

Tidak terasa berat badan terus bertambah. Perut semakin membuncit. Badan terasa berat dan menjadi kurang gesit. Dengan tinggi 165cm, berat badan 85 kg sudah bisa dikatakan overweight. Menurut berbagai artikel, berat badan berlebihan bisa menimbulkan risiko berbagai penyakit berbahaya.

Maka saya bertekat untuk menurunkan berat badan ke posisi ideal. Maka berat badan saya harus diturunkan setidaknya 20 kg. Tentu saja ini bukan perkara mudah. Dulu saya sudah melakukan olahraga intensif berupa aerobik, angkat beban dan renang di gym dan ternyata hanya turun 2 kg selama beberapa bulan. Kegagalan tersebut disebabkan karena meski sudah rajin olahraga tapi malamnya tetap memakan makanan berlemak dan seringkali dalam porsi besar.

Nutrisi Herbal vs Olahraga

Seorang adik kelas jaman SMA yang sekarang menjadi distributor produk MLM penurun berat badan terus mengejar saya. Menawarkan cara menurunkan berat badan dengan cara mudah. Memang sudah banyak yang sukses. Tapi dari beberapa kawan yang sukses turun berat badan dengan cara ini ternyata badannya menjadi kendor dan wajahnya menjadi terlihat kusam, kurang segar.Saya tidak mau seperti itu.

Sementara ada kawan yang sukses menurunkan berat badan lewat olahraga badannya kencang dan wajahnya segar. Kawan saya ini menjadi member di sebuah gym yang menawarkan paket penurunan berat badan dengan personal trainer. Setelah saya tanya, ternyata selama 6 bulan program itu dia menghabiskan uang hampir 100 juta. Wow..

Maka setelah dipertimbangkan masak-masak, sepertinya olahraga sendiri secara disiplin diikuti pengaturan pola konsumsi makanan akan menjadi solusi paling baik buat saya!

Untuk makanan, sudah sebulan lebih saya berusaha mengurangi porsi makan nasi dan menambah konsumsi sayur dan buah. Untuk nasi, biasanya sekali makan bisa ambil 3 entong, maka sekarang cukup 1 entong. Hasilnya sudah mulai terasa, tidak gampang ngantuk! 🙂

Jogging dan Bersepeda

Untuk olahraga, yang menjadi pilihan saya adalah jogging, bersepeda dan renang. Ketiga olahraga itu bukan olahraga yang asing buat saya. Dulu sewaktu awal-awal kuliah di ITS, secara rutin saya selalu jogging setiap pagi di sekitar Graha ITS minimal 1 jam. Hasilnya, badan saya sempat six pack lho hwhw..

Bersepeda juga bukan hal yang asing. Dulu saya pernah bersepeda secara rutin setiap pagi. Hari biasa rutenya pendek. Hari libur rutenya panjang. Lumayan berkeringat dan badan terasa segar dan enteng. Kegiatan bersepeda ini terhenti ketika sepeda saya dicuri oleh maling dan belum beli lagi hingga saat ini.

Untuk renang, terus terang saya belum begitu mahir berenang terutama dalam hal mengatur pernafasan. Jadi setiap renang saya selalu mengandalkan jalur pendek. Menurut instruktur renang, cara renang saya sudah benar, hanya saja kadang masih keteteran ketika waktunya bernafas.

Nah, sekarang saya bertekad akan memulai olahraga lagi. Yang pertama akan saya mulai adalah jogging setiap pagi. Rutenya di sekitar perumahan ini saja, sekitar 4 kilometer untuk sekali putaran. Untuk mendukung kegiatan tersebut, saya perlu sepatu buat jogging karena yang dulu sudah rusak.

sepatu-nike-lazada

Tidak perlu waktu lama untuk menemukan sepatu yang saya inginkan seperti gambar di atas ini. Tidak perlu keluar rumah. Saya memesannya di Lazada Indonesia. Sebenarnya ada banyak pilihan produk sepatu dan fashion di Lazada, tapi saya memilih sepatu Nike tersebut karena pengalaman pakai sepatu Nike ini nyaman di kaki sekaligus kuat namun tetap ringan. Dan lagi, harganya masuk akal serta tidak perlu menambah ongkos kirim!

Order sudah dilakukan, tinggal menunggu datangnya sehari dua hari ke depan. Setelah itu, sesi latihan untuk berat badan ideal, kencang dan sehat akan segera dimulai! [adv]

7 Comments

  1. ndop 07/02/2014
    • budiono 08/02/2014
      • moch wahib dariyadi 08/02/2014
  2. Kang Jum 09/02/2014
  3. Alvie 12/08/2014
  4. Bibit Tanaman Buah 21/02/2016

Leave a Reply