Spiritual Marketing: Keajaiban Natal dari WestJet

Sebuah maskapai penerbangan memanfaatkan momen natal untuk menjalankan strategi pemasaran kreatif mereka. Pada saat check in, penumpang diminta (oleh Santa Claus di layar monitor) menyebutkan benda apa yang paling diinginkannya saat itu.

Ketika tiba di bandara tujuan, apa yang telah disebutkan oleh penumpang tadi menjadi kenyataan. Ternyata ketika pesawat berada di atas ketinggian selama 2 jam, kru maskapai langsung meluncur ke pusat perbelanjaan untuk membeli aneka kado natal tersebut. Wow… Bisa dibayangkan betapa bahagianya mereka!

Selengkapnya bisa disaksikan di video di bawah ini

Tentu saja pihak maskapai melakukan itu semua bukan tanpa tujuan. Strategi memanfaatkan momen keagamaan seperti ini biasa disebut spiritual marketing. (CMIIW)

Video yang mereka unggah ke YouTube mendapatkan efek viral yang luar biasa. Termasuk saya yang dengan sukarela membagikan video ini melalui blog. Video tersebut sudah ditonton hampir 34 juta kali dalam waktu tidak lebih dari seminggu!

Setelah mengunggah video tersebut ke YouTube, WestJet menjanjikan akan memberikan hadiah berupa tiket gratis bagi keluarga yang membutuhkan jika video tersebut ditonton sebanyak 200.000 kali. Oleh karena itu WestJet meminta siapa saja ikut membangikan video tersebut melalui twitter. Ketika target tercapai, WestJet membuktikan janjinya itu.

Apa yang dilakukan WestJet tersebut masuk ke dalam Three brilliant marketing campaigns that embody the spirit of Christmas.

Saya tidak ikut merayakan natal, tapi sangat tersentuh dengan kejutan tersebut. Saya yakin bagi mereka yang merayakan natal momen ini mampu ‘mengaktifkan’ kecintaan terhadap WestJet. Sebuah kegiatan brand activation yang sukses. Saya yakin tahun depan akan ada banyak orang yang antri beli tiket WestJet, berharap mendapat keajaiaban natal 🙂

Nah, buat para entrepreneur, strategi WestJet tersebut bisa diadopsi. Tentu saja perlu penyesuaian di sana sini supaya cocok dengan kemampuan financial dan target yang hendak dicapai oleh perusahaan 🙂

2 Comments

  1. ndop 29/12/2013
    • budiono 30/12/2013

Leave a Reply