Mengasah Social Entrepreneurship bersama Ashoka

Ini adalah kelanjutan training PMLCC yang diselenggarakan oleh British Council (BC) Indonesia bulan Maret lalu. Kalau dulu kami sudah banyak belajar tentang Project Management dan Climate Change, maka training kali ini lebih banyak mengupas Social Entrepreneurship.

Jika dulu BC bekerjasama dengan Yayasan Pembangunan Berkelanjutan (YPB) maka kali ini BC menggandeng Ashoka. LSM internasional tersebut memang sangat konsen pada isu social entrepreneur dan memiliki banyak sekali fellow yang telah berhasil membuat perubahan sosial di tingkat lokal, nasional maupun global. Sebut saja Muhammad Yunus dengan Garmeen Bank-nya.

PMLCC seri 2 ini diselenggarakan di Wisma Hijau mulai dari tanggal 23 hingga 25 Juni 2010. Untuk menuju ke lokasi, dari bandara Soekarno-Hatta saya harus naik Bus Damri jurusan Kampung Rambutan, lalu sambung lagi dengan angkot nomor 37 turun di Masjid Mekarsari, lalu naik angkot lagi, nomor 11, turun di Wisma Hijau. Total waktu tempuh dari bandara sekitar 3 jam!

Kenapa gak naik taksi saja? Karena waktunya cukup longgar sehingga sekalian dimanfaatkan untuk menikmati transportasi massal di sekitar Jakarta. Ternyata sama saja seperti di Surabaya, yang namanya angkot suka berhenti mendadak! Di Surabaya sendiri saya terakhir naik angkot mungkin sekitar 9 tahun lalu :mrgreen:

Pas perjalanan dari Surabaya ke Jakarta, di dalam pesawat Garuda Indonesia saya lihat ada banyak orang ITS. Mungkin mereka kemarin mau menghadiri ITS Business Summit. Bertemu juga dengan Pak Patdono, dosen saya di Teknik Industri ITS. Beliau adalah salah satu direksi Semen Gresik dan mau berangkat ke kantornya di Kuningan.

Rupanya dosen-dosen saya juga suka naik Garuda. Bulan lalu ketika terbang dari Jakarta ke Surabaya saya bertemu dengan Profesor Soeparno. Lalu tadi pagi Pak Sritomo juga membuat status di facebook bahwa beliau sedang berada di Garuda Lounge, mau ngalup ke Surabaya.

Mulai dari kemarin sampai besok sore saya bersama 9 peserta lain mengikuti proses bersama Ashoka. Model trainingnya adalah mengalir dan sangat custom. Training ini dirancang untuk mempersiapkan kami sebelum mengikuti program internship bersama Fellow Ashoka. Mentor saya adalah Fellow Prigi Arisandi, Direktur Ecoton, teman saya sendiri di Dewan Kota Surabaya 😉

Dalam program ini kami diberi tugas untuk mengidentifikasi permasalahan sosial yang terjadi di sekitar kami. Lalu permasalahan tersebut akan diselesaikan dengan pendekatan sustainable social entrepreneurship. Ini adalah ilmu dan pengetahuan baru buat saya. Stages dan metodenya sangat berbeda dari satu kasus ke kasus yang lain. Oleh karena itu saya belum bisa bercerita banyak sebelum menjalani prosesnya.

Terimakasih untuk semua pihak yang telah dan akan terlibat dengan program saya. Salam pembaruan dan perubahan! 😉

4 Comments

  1. addiehf 25/06/2010
  2. itempoeti 25/06/2010
  3. mbah sangkil 30/06/2010
  4. Ruli Perdana 03/07/2010

Leave a Reply