Penghijauan Pelabuhan Surabaya

Hari Minggu (20/06) kemarin merupakan hari yang penting buat Administrator Pelabuhan (Adpel) Tanjung Perak Surabaya. Mereka melaksanakan penghijauan di sekitar pelabuhan dengan menanam 10 ribu pohon mangrove. Acara tersebut juga dilakukan di beberapa tempat yang lain dan dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi melalui teleconference.

Sebagai mitra pelaksanaan penghijauan tersebut, Komunitas Nol Sampah (KNS) menggandeng Kelompok Tani Mangrove Wonorejo (KTMW) yang sudah sangat berpengalaman dalam penanaman dan perawatan pohon mangrove. Sebelum acara, Pak Sonny ketua KTMW mempresentasikan jenis-jenis mangrove dan produk olahan berbahan buah mangrove. Diantaranya adalah sirup bogem, beras alternatif, cuka mangrove, tepung bahan kue, dan sebagainya.

Mangrove Pelabuhan

Pada kesempatan tersebut saya didaulat oleh Wawan Some koodinator KNS memberikan presentasi tentang kampanye yang sedang kami laksanakan, yaitu “Stop Using Plastic Bags”. Peserta yang terdiri dari para pimpinan lembaga di lingkungan Adpel menyimak penjelasan saya dengan seksama. Selesai presentasi kami membagikan tas kain kepada setiap peserta.

Selesai teleconference di halaman Adpel, semua peserta menuju Pelabuhan Terminal Petikemas Surabaya (TPS) yang menjadi lokasi penanaman mangrove. Para pimpinan melakukan penanaman langsung beberapa pohon, kemudian sisanya akan diselesaikan oleh anggota KTMW. Beberapa wartawan meliput kegiatan tersebut.

mangrove surabaya

Setelah menanam beberapa pohon, Pak Johanes Malo dari TPS mengajak kami berkeliling ke pelabuhan, melihat dari dekat proses bongkat muat kontainer dari dan ke kapal. Satu kapal bisa mengangkut setidaknya 2500 kontainer. Waktu untuk memindahkan kontainer tersebut dari truk ke atas kapal hanya 4 menit, menggunakan crane superbesar.

Kami juga ditunjukkan pembangkit listrik tenaga surya yang sedang diuji-coba di TPS. Kata Pak Malo jika uji coba tersebut sukses maka kemungkinan akan diadopsi lebih luas lagi di lingkungan TPS.
Tanjung Perak Port

Harapan kami semoga pelaksanaan penghijauan seperti ini diikuti oleh lembaga maupun individu yang lain. Surabaya masih butuh lebih banyak pohon lagi. Yang ada jangan sampai ditebang, yang belum ada mari kita tanami.

Salam Hijau Surabaya!


Foto by: Mbah Sangkil

Update 07 Januari 2011: tulisan ini diikutkan Beat Blog Writing Contest “Green Your Mind!”

9 Comments

  1. addiehf 22/06/2010
  2. budiono 22/06/2010
  3. mbah sangkil 22/06/2010
  4. marsudiyanto 22/06/2010
  5. budiono 22/06/2010
  6. suryadi 23/06/2010
  7. dhodie 24/06/2010
  8. grandchief 28/06/2010
  9. nada 29/06/2010

Leave a Reply