Suara Surabaya 27 Tahun

Siapa yang tidak kenal Suara Surabaya? Dengan menyebut singkatan namanya saja, SS, orang pasti sudah faham. Siapapun yang pernah tinggal di Kota Pahlawan ini, saya yakin, pasti sudah tahu SS. Terutama yang sering berada di jalan, SS merupakan panduan wajib supaya kita terbebas dari kemacetan. Lebih dari itu, SS merupakan sebuah ikon bagi Kota Surabaya.

Saya sendiri sudah mendengarkan SS sejak tahun 2000, waktu menjadi mahasiswa baru di ITS. Sejak saat itu saya merasa kecanduan SS.

Hari ini SS memasuki usia yang ke 27 tahun. Sebuah perjalanan panjang mengawal kehidupan warga Surabaya supaya tetap berada di rel yang benar. Banyak sekali kiprah SS dalam membuat perubahan sosial di masyarakat. Perubahan ke arah positif tentu saja.

Termasuk menjadi katalisator lahirnya Komunitas Blogger Surabaya. Melalui sebuah talkshow di SS akhirnya para penggagas TPC berhasil mengumpulkan ratusan blogger Surabaya untuk berkomunitas. Terimakasih SS..

Beberapa kali saya dan komunitas diundang ke SS untuk talkshow. Tema-nya berbagai macam, mulai masalah IT (fenomena online video sharing dan blog sebagai media promosi), budaya (klaim reyog oleh malaysia) hingga politik (partisipasi publik dalam pemilukada) 😀

suara surabaya 27 tahun

Jika beberapa tahun lalu SS baru bisa dinikmati melalui radio terestrial, maka kini kita bisa menyimak SS dengan media apa saja. Radio online, video streaming, radio satelit, bahkan dengan Nokia Internet Radio dan Blackberry. Hal ini tentu saja bisa mengobati kerinduan warga Surabaya yang sedang berada di luar kota maupun luar negeri, tetap bisa memantau Surabaya dari mana saja secara langsung!

SS akan terus berkembang sesuai jamannya. “..kita pasti berharap dunia penyiaran akan cepat berubah dan segera dapat menempati kedudukannya sebagaimana seharusnya di tengah masyarakat yang dinamis.” tulis Soetojo Soekomihardjo, pendiri SS yang singkatan namanya juga SS, dalam buku “Suara Surabaya Bukan Radio”.

Salah satu bentuk inovasi sederhana tetapi peka jaman adalah dibukanya saluran komunikasi baru E100. Kita bisa berinteraksi tidak hanya dengan awak SS yang berada di studio Wonokitri Besar 40c, tetapi juga berdiskusi dengan sesama pendengar melalui facebook!

Selamat ulang tahun yang ke 27 untuk Suara Surabaya. Semoga terus menjadi penjaga tata kehidupan sosial berbudaya santun dan saling menghargai, tidak saja di Surabaya, tetapi juga di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia!

8 Comments

  1. sawali tuhusetya 11/06/2010
  2. Mamah Aline 11/06/2010
  3. Cah Shalihah 12/06/2010
  4. Komunitas Salesman 13/06/2010
  5. rotyyu 14/06/2010
  6. ario saja 17/06/2010
  7. ndop 17/06/2010
  8. Estiko 20/06/2010

Leave a Reply