Surabaya WordPress Meetup #2

hongkiat lim surabaya wordpress meetup

Kemarin (30/03/2017) malam saya hadir ke acara Surabaya WordPress Meetup #2. Saya sengaja datang terlambat karena biasanya acara seperti ini akan dimulai paling cepat 30-60 menit dari jam yang tercantum di invitation. Namun ternyata perkiraan saya salah! Saya berangkat dari rumah pukul 19.30 dari rumah menuju lokasi di GERDHU yang berada di Perumahan Wisma Mukti. Jaraknya hanya 5 kilometer. Sampai di lokasi menjelang pukul 20.00 dan ternyata acara sudah hampir selesai!

Meskipun datang terlambat, saya sempat mengajukan pertanyaan kepada Hongkiat Lim yang malam itu menjadi bintang tamu. Hongkiat adalah pendiri sekaligus pemilik portal informasi HONGKIAT.COM yang bermarkas di Singapore. Pengguna internet aktif pasti sudah tidak asing lagi dengan Hongkiat karena ketika mencari informasi di Google, alamat tersebut sering muncul.

Strategi SEO Hongkiat

Yang saya tanyakan adalah apa strategi khusus yang dilakukan Hongkiat berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization) sehingga websitenya sering muncul di halaman #1 Google Search. Ternyata Hongkiat tidak memiliki strategi khusus. Yang ia lakukan hanyalah menulis artikel yang sekiranya bermanfaat bagi orang banyak. Ketika artikel tersebut bermanfaat, maka akan banyak dicari orang, dan itulah yang menyebabkan artikel dari website Hongkiat sering muncul di Google.

Surabaya WordPress Meetup #2

Untuk pemilihan judul, Hongkiat memilih judul yang cenderung generik. Misalkan membahas aplikasi tambahan untuk Windows, maka dia tidak akan menyebutkan versi Windows berapa. Judul spesifik baru dibuat ketika suatu saat dirasa perlu untuk menulis ulang sebuah artikel karena sebelumnya mendapat view yang cukup bagus dan perlu dibuat artikel lanjutan yang lebih deep atau lebih teknis.

Mengenai plugin, Hongkiat mengaku menggunakan plugin standar yaitu All in One SEO Pack yang sangat familiar di kalangan pengguna WordPress di belahan dunia manapun. Penggunaan SEO tersebut dimaksudkan untuk mempermudah penataan kata kunci dan deskripsi sehingga tidak perlu menyettingnya secara manual setiap kali membuat artikel.

Saya juga bertanya tentang upaya yang dilakukan Hongkiat untuk mempercepat loading websitenya. Untuk mendukung kinerja websitenya supaya lebih cepat diakses, Hongkiat mengaku menggunakan CDN (Content Delivery Network). Dia sempat menyebut sebuah merk namun saya lupa-lupa ingat. Namun setelah melihat source code websitenya, ketahuan bahwa CDN yang digunakan adalah layanan dari MaxCDN.

Tentang Tim

Oia saat sesi tanya jawab, ada peserta lain yang mengajukan pertanyaan tentang berapa orang yang mengelola hongkiat.com. Ternyata Hongkiat memiliki tim khusus yang beranggotakan puluhan orang. Ada yang khusus menangani hal teknis supaya website tetap live dalam kondisi prima, dan yang paling banyak adalah mereka yang bertugas menulis artikel terus menerus sesuai arahan Hongkiat dan hasil riset konten.

Tentang Income

Ada juga peserta yang bertanya tentang berapa pendapatan hongkiat.com dari iklan.

Untuk pertanyaan ini Hongkiat tidak mau menjawab dengan angka, namun ia memastikan bahwa pendapatannya tentu saja cukup untuk menggerakkan tim yang dimilikinya untuk mengelola hongkiat.com

Pertanyaan seperti ini seharusnya memang tidak ditanyakan karena kurang etis untuk menanyakan pendapatan seseorang. Lagian, kemungkinan besar tidak akan dijawab dengan angka.

Tentang Konten Video

Setelah acara ditutup, saya ngobrol lebih lanjut dengan Hongkiat. Untung bahasa inggris si Hongkiat cukup bagus dan mudah dimengerti, tidak seperti bahasa inggris orang Singapore kebanyakan yang merupakan campuran antara bahasa melayu dan inggris yang dikenal dengan Singlish (Singaporean English).

Dalam obrolan itu si Hongkiat lebih banyak bertanya kepada saya tentang konten video. Waktu itu saya pakai kaos berlogo YouTube sehingga dia langsung menebak bahwa saya seorang YouTuber. Hongkiat bertanya apa channel saya dan tentang apa. Saya jelaskan bahwa channel saya alamatnya di YouTube.com/BudionoSukses dan isinya lebih banyak tentang kuliner. Hongkiat juga menanyakan tentang potensi pendapatan dari konten video, apakah bagus atau biasa saja. Saya jawab bahwa kebanyakan content creator Indonesia lebih suka memulai make money online dari YouTube karena lebih cepat menghasilkan dibanding menulis artikel. Supaya penghasilan lebih besar, maka target viewer YouTube sebaiknya bukan penonton lokal Indonesia karena CPM-nya cenderung lebih kecil dibanding negara lain. Artinya untuk jumlah view yang sama, ketika ditonton pemirsa dari luar negeri memungkinkan pendapatan dari iklan lebih besar.

Kecilnya CPM tersebut sangat dipengaruhi oleh advertiser Indonesia yang cenderung memiliki budget digital advertising lebih kecil dibanding alokasi anggaran iklan di media lain.

Tentang Instant Article

Obrolan lain saya dengan Hongkiat adalah tentang instant article di Facebook. Menurut Hongkiat, instant article sebenarnya cukup merugikan pembuat konten website karena orang cukup membacanya melalui layar Facebook tanpa pergi ke website aslinya. Hal tersebut menurut Hongkiat dapat mengurangi potensi pageviews, dan tentu saja akan berdampak pada pendapatan dari advertising. Ada benarnya! Namun hal tersebut tidak begitu berpengaruh bagi pembuat artikel yang model bisnisnya tidak begitu tergantung pada periklanan.

Diskusi kami akhiri dengan foto selfie. Semoga suatu kali kalau ketemu lagi bisa mengingat dengan mudah hanya dengan menunjukkan fotonya.

Terimakasih kepada penggerak Surabaya WordPress Meetup sehingga acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Tanpa adanya penggerak, kegiatan semacam ini mungkin hanya berhenti di wacana. Salut kepada kawan saya Frenavit Putra beserta tim!

Terimakasih juga untuk Hongkiat Lim, sharing dan diskusi tadi malam sangat bermanfaat meskipun saya datang terlambat! Hehehe..


Foto rame-rame by Mike Sugiharto

3 Comments

  1. Dwi Wahyudi 15/04/2017
    • budiono 16/04/2017

Leave a Reply