Oppo F1s Review Indonesia

Sepertinya Oppo tidak henti-hentinya mengeluarkan produk baru dengan sentuhan inovasi yang keren. Jika sebelumnya Oppo mengeluarkan Oppo F1, Oppo F1 Plus, maka bulan kemarin Oppo mengeluarkan varian Oppo F1 terbaru yaitu Oppo F1s dengan julukan selfie expert.

Oppo F1s ini memiliki bentang layar 5,5 inch yang ternyata cukup luas. Hanya selisih sedikit dibanding HP saya sebelumnya yang ukurannya 6 inch. Ternyata HP 5,5 inch tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil kok, pas di tangan!

Unboxing Oppo F1s

Oppo F1s dikemas dalam box 2 lapis yang sangat ekslusif. Ketika membuka box tersebut, saya mendapatkan isi sebagai berikut:

  1. handset alias HP-nya yang dimasukkan plastik pelindung dan taruh di tatakan dari plastik doff warna putih. Unit saya ini berwarna gold. Tersedia pilihan warna satunya yaitu pinky rose yang mungkin dikhususkan buat kaum hawa yang memang suka warna pink. Oppo F1s ini menggunakan processor MediaTek octacore 64 bit, RAM 3GB dan memori internal 32GB. HP ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang bisa merekam hingga 5 jari untuk membuka apps tertentu.
  2. silicon case bawaan yang dimasukkan box karton, sehingga tidak usah beli lagi. Jika beli sendiri, silicon case biasanya dijual di toko aksesoris seharga mulai 50 ribu.
  3. Charger dengan colokan listrik sudah sesuai dengan colokan pada umumnya di Indonesia, yaitu terdiri dari 2 kaki, sehingga tidak perlu beli adapter lagi.
  4. Kabel micro-USB yang bisa digunakan untuk nge-charge baterai maupun memindahkan data ke komputer. Kabelnya cukup panjang, sekitar 1 meter.
  5. Buku manual dan buku garansi
  6. Sim card ejector. Semacam alat penusuk lubang sim card supaya keluar dari tempatnya. Oia, Oppo F1s ini bisa dipasangi 2 nano sim card dan memori eksternal 1 microSD hingga 128GB sekaligus. Kalau sim card ejector ini hilang, bisa diganti dengan paperclip yang ukuran diameternya sama.

Review Oppo F1s

Saya langsung terpesona dengan penampilan body Oppo F1s yang ramping dan terbuat dari metal. Bezelnya tidak terlalu lebar sehingga menambah keindahan bentuk si Oppo F1s. Di bagian belakangnya terdapat kamera dengan lampu flash untuk mengambil foto pada pencahayaan yang redup.

Sedangkan kamera depan tidak dilengkapi lampu flash, tapi menggunakan screen flash. Yaitu flash lembut yang berasal dari layar Oppo F1s. Screen flash ini lebih lembut dan natural sehingga cocok digunakan untuk berfoto selfie di cahaya redup.

kamera belakang oppo f1s

Oia, kamera depan untuk selfie pada Oppo F1s ini memiliki resolusi 16 megapixel, lebih tinggi dibanding kamera belakangnya yang ‘hanya’ 13 megapixel. Sangat sesuai dengan namanya, selfie expert, maka kamera selfie yang lebih tinggi resolusinya akan meneguhkan status tersebut.

Untuk mendukung fungsi selfie, Oppo F1s dilengkapi dengan fitur beautify yang bisa diatur mulai level 1 hingga 7. Fitur beautify pada Oppo F1s ini berbeda dengan fungsi serupa pada Oppo F1 Plus. Jika pada Oppo F1 Plus fungsi beautifynya berpatokan pada prinsip make-up atau poles muka, sedangkan pada Oppo F1s ini berpatokan pada prinsip skin care atau perawatan kulit. Hasilnya tentu saja lebih natural.

oppo f1s selfie expert indonesia

Oia, kamera Oppo F1s juga dilengkapi dengan aplikasi untuk pengambilan foto panorama dan bisa merekam foto timelapse yang dikonvert secara otomatis ke file video. Saya suka fitur timelapse bawaan tersebut, yang biasanya di HP lain harus install aplikasi dari Playstore.

Apakah cocok untuk Vlogging?

Trend vlogging sedang mewabah di Indonesia, maka setiap ada produk baru akan selalu muncul pertanyaan: apakah cocok untuk vlogging?

Buat yang belum tahu, vlog singkatan dari video-log, atau video-blog, yaitu video yang menampilkan sekitar dengan menyertakan wajah si penutur di dalam video itu sendiri. Casey Neistat adalah contoh seorang vlogger terkenal dari Amerika yang mempunyai subscriber lebih dari 4 juta di YouTube-nya.

ngevlog dengan HP

Untuk dapat digunakan ngevlog, maka sebuah kamera harus memiliki kemampuan autofocus yang cepat, khususnya autofocus pada wajah sang penutur. Akan tidak lucu jika ketika sedang menceritakan sesuatu, kameranya tidak bisa fokus ke wajah orangnya kan? Selain itu kamera vlog juga harus memiliki sudut yang lebar sehingga cukup dipegang tangan maka sudah bisa merekam wajah sekaligus lingkungan sekitar.

Nah, Oppo F1s ini memiliki keduanya. Dia memiliki sudut pengambilan gambar yang cukup lebar dan punya kemampuan mengenali wajah yang sangat cepat. Saya sudah mencobanya untuk ngevlog dan hasilnya memuaskan!

Oia, salah satu fitur yang cukup menguntungkan buat vlogger adalah adanya semacam noice cancelling pada microphone Oppo F1s sehingga suara berisik dari lingkungan dapat diredam, dan suara dari mulut penutur bisa lebih jernih jadinya.

Kesimpulan

HP Oppo F1s ini sangat keren. Dengan harga resmi yang tercantum di website Oppo Indonesia tidak sampai 4 juta, maka fitur-fitur yang dibawanya sungguh melebihi harganya.

Sebuah HP dengan kemampuan selfie yang juara, didukung processor MediaTek yang terkenal tidak mudah panas, RAM yang besar dan memori internal yang lega, dan memori eksternal yang bisa dikembangkan hingga 128GB. Kemampuan multitaskingnya juara!

Maka kesimpulan saya HP Oppo F1s ini sangat layak untuk dimiliki oleh mereka yang suka banget selfie, bikin vlog dan menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan, serta memiliki budget tidak lebih dari 4 juta. Di beberapa pusat gadget di Surabaya seperti WTC dan Plaza Marina, HP ini bisa didapatkan dengan harga lebih murah dibanding yang tercantum di website resmi Oppo Indonesia.

Video Unboxing dan Test Kamera Oppo F1s

Nah supaya lebih jelas, kamu bisa melihat video unboxing dan test kamera Oppo F1s di bawah ini. Selamat menikmati dan jangan lupa tinggalkan komentar ya 🙂

Terimakasih telah membaca blog ini dan menonton videonya. Salam sukses!

2 Comments

  1. Cindy 03/10/2016
  2. HargaAdvan 12/11/2016

Leave a Reply